Data Menunjukkan Bull Run Belum Berakhir, Apakah Benar?

Banyak investor terutama investor pemula yang mulai meragukan arus naiknya harga Bitcoin atau Bull Run pada Tahun 2021 ini.

Keraguan tersebut muncul akibat kondisi pergerakan turun Bitcoin yang cukup signifikan sejak harga tertingginya di Bulan April 2021.

Namun walau banyak keraguan, terdapat banyak juga data yang membuktikan bahwa Bull Run ini belum selesai walau memang mengalami koreksi.

Dalam artikel ini akan diberikan beberapa data yang menunjukkan bahwa kondisi pergerakan saat ini dapat menjadi pertanda bahwa Bull Run belum selesai.

Data Realized Cap Hodl Waves

Salah satu data yang dapat menunjukkan bahwa kondisi Bull Run belum selesai adalah salah satu indikator yang dibentuk oleh Glassnode, salah satu perusahaan riset terbesar di dunia Crypto.

Indikator tersebut menunjukkan data yang berisi perhitungan umur Bitcoin di dompet atau Wallet dan jumlah Bitcoin yang dimiliki wallet tersebut setelah melakukan transaksi atau UTXO.

Data tersebut dapat menjadi salah satu indikator yang dapat memperlihatkan pertanda harga sudah mencapai titik tertingginya dan menandakan kondisi siklus Bull Run.

Dapat dilihat bahwa jika bercermin pada kondisi Bull Run 2013 dan 2017,  serta saat terjadi apresiasi di masa awal Bitcoin di 2011, kondisi saat ini masih terlihat normal.

Banyak investor yang menganggap bahwa Bull Run berarti tidak ada koreksi yang dalam. Jika melihat pada pergerakan dari data tersebut, pernyataan itu dapat dikatakan salah.

Dapat dilihat bahwa saat ini Bitcoin masih berada dalam siklus awal Bull Run.

Jika bercermin pada pergerakan sebelumnya, terdapat potensi apresiasi harga yang lebih tinggi.

Pergerakan Bitcoin juga dapat mencerminkan kondisi Altcoins atau crypto lainnya, karena jika Bitcoin naik, ada potensi crypto lain juga akan ikut naik.

Data Jumlah Bitcoin dalam Keuntungan

Indikator lain yang dapat menunjukkan bahwa kondisi Bull Run belum berakhir adalah data jumlah Bitcoin yang beredar yang sedang dalam posisi keuntungan sejak dibeli.

Saat ini sekitar lebih dari 66% Bitcoin sedang berada dalam posisi keuntungan sejak dibeli oleh mayoritas investor.

Indikator Supply in Profit Bitcoin

Daerah ini adalah daerah yang disentuh beberapa kali saat terjadi Bull Run 2013 dan juga menjadi batas bawah saat terjadi koreksi di Mei hingga Agustus 2016.

Pergerakan tersebut dapat menandakan bahwa Bitcoin masih berada dalam kondisi Bull Run jika bercermin pada pergerakan sebelumnya.

Terakhir kali kondisi ini terjadi adalah saat terjadi pergerakan konsolidasi sekitar Mei 2020 hingga Juli 2020.

Saat itu, mayoritas crypto berkonsolidasi sebelum harganya naik cukup signifikan.

Jika bercermin pada pergerakan tersebut, kemungkinan besar Bitcoin dapat bergerak naik lebih tinggi setelah berkonsolidasi saat ini.

Data Market Value Realized Value

Indikator Market Value and Realized Value (MVRV) adalah rasio yang mengukur valuasi pasar dan valuasi nyata dari suatu aset.

Artinya indikator ini memberikan pertanda kondisi nilai atau harga yang sedang relatif “murah” dari nilai aslinya.

Indikator MVRV Bitcoin

Saat koreksi ini, MVRV Bitcoin berada di angka 1,72 yang menyatakan bahwa saat ini Bitcoin masih relatif “murah” untuk nilai aslinya.

Angka saat ini juga menunjukkan kondisi yang sama pada Bull Run 2017 dan 2013 sebelum harganya naik cukup signifikan.

Pada Bull Run sebelumnya, saat daerah ini tercapai, Bitcoin dan mayoritas crypto berkonsolidasi selama tiga bulan sebelum naik tinggi.

Kondisi yang sama saat ini sedang terjadi yang dapat menjadi pertanda bahwa Bitcoin dan crypto masih bersiap-siap untuk naik lebih tinggi.

Data Posisi Keuntungan dan Kerugian

Indikator berikutnya adalah data Realized Profit and Loss atau posisi dalam keuntungan dan kerugian.

Indikator ini memberikan rasio antara semua crypto yang bergerak dalam keuntungan dan semua crypto yang bergerak dalam kerugian.

Rasio Realized Profit dan Loss Bitcoin

Saat ini rasio tersebut berada di sekitar angka 0,6 yang menandakan mayoritas crypto sekarang berada di posisi yang rugi.

Saat Bull Run sebelumnya, daerah ini menjadi pertanda persiapan untuk mayoritas crypto bergerak naik.

Pada Bull Run 2012 hingga 2013 dan 2016 hingga 2017 daerah ini tersentuh sebanyak dua kali yang juga terjadi di pertengahan tahun seperti saat ini.

Pada Bull Run 2020 hingga 2021 ini daerah tersebut telah tersentuh sebanyak satu kali di September 2020.

Setelah itu, saat ini di Juni 2021 daerah tersebut sudah tersentuh kembali.

Sehingga melihat mayoritas crypto berada di batas bawah harganya saat apresiasi 2021 terjadi, kemungkinan harga mayoritas crypto dapat bergerak naik.

Analisis Teknikal Bitcoin

Selain itu, pertanda Bitcoin dan crypto belum selesai bergerak dalam Bull Run adalah batas bawah atau support awal Januari 2021 yang kuat.

Grafik Harian BTCUSD

Dapat dilihat bahwa saat ini Bitcoin masih kuat menjaga batas bawahnya di sekitar $30.000 atau Rp 433.491.000 hingga $29.800 atau Rp430.601.060.

Batas bawah harga ini adalah batas bawah pergerakannya sejak Januari 2021.

Terdapat beberapa tanda lain bahwa apresiasi dapat dimulai kembali dalam jangka panjang.

Pertanda tersebut adalah Bullish Divergence besar antara RSI dan harga serta volume yang mulai mencoba naik yang terlihat dari MACD.

Namun untuk Bitcoin mulai pulih, batas atas atau resistance yang harus dilewati terlihat berada pada $40.000 atau Rp577.988.000.

Melihat sesuainya kondisi data onchain atau data murni dari blockchain dan kondisi pergerakan teknikal, dapat dikatakan kemungkinan besar Bull Run masih akan terus berlanjut.

*Disclaimer

Seluruh pandangan dalam artikel ini merupakan analisis pribadi penulis dan bukan ajakan atau saran untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.