Bitcoin Koreksi Setelah Naik Tinggi, Karena Isu Pajak?

Bitcoin terlihat sedang mengalami koreksi yang cukup signifikan setelah juga naik dan mencetak 10 candlestick harian hijau berturut-turut.

Banyak analis yang memprediksi bahwa koreksi ini terjadi akibat adanya sentimen negatif dai pemerintah Amerika.

Sentimen negatif tersebut adalah isu implementasi pajak yang akan diterapkan pada pelaku pasar crypto.

Isu Pajak Membuat Sentimen Negatif

Saat ini nampaknya kabar mengenai implementasi pajak terhadap crypto di Amerika menjadi salah satu sentimen negatif.

Walau sebenarnya pajak terhadap crypto di suatu negara sudah menjadi hal yang tidak dapat dipungkiri, ada beberapa hal yang menjadi sentimen negatif.

Salah satu hal yang menjadi sentimen negatif adalah ketidakjelasan rencana peraturan pajak terhadap crypto.

Hal ini juga disebabkan hingga saat ini peraturan tersebut masih dalam tahap diskusi dan pengajuan kepada pemerintah secara menyeluruh.

Hari ini, baru saja terjadi publikasi mengenai rancangan terbaru mengenai proposal pengajuan regulasi pajak crypto.

Saat ini yang menjadi perbincangan adalah pemilihan kata-kata dalam peraturan tersebut yang berpotensi membingungkan dan tidak pasti.

Sebelumnya, proposal pengajuan regulasi tersebut terlihat akan mengatur seluruh hal terkait pajak di dunia crypto yang ada di Amerika.

Namun saat ini pemilihan kata-kata sudah mulai berubah yang walau masih belum jelas, terdapat dua poin penting yang diangkat.

Poin pertama adalah penggunaan bursa terdesentralisasi atau DeX yang berpotensi tidak dikenakan pajak.

Poin kedua adalah permasalahan untuk penambang Bitcoin dan crypto yang akan dikenakan pajak. Hal ini yang menjadi sorotan utama sentimen negatif.

Regulasi perpajakan penambang dapat menghilangkan insentif untuk mulai berkembangnya penambangan Bitcoin di Amerika.

Melihat adanya beberapa penambang Bitcoin yang pindah dari Cina ke Amerika, regulasi ini menjadi salah satu hal penting.

Banyak investor yang khawatir jika implementasi regulasi dilakukan maka perpindahan tidak jadi dilakukan.

Kondisi ini dapat berdampak negatif untuk hash rate Bitcoin yang berkorelasi positif dengan harga, yaitu saat hash rate turun, maka harga relatif turun.

Oleh karena itu, saat ini masih terdapat ketidakpastian yang tinggi yang terlihat membuat banyaknya sentimen negatif di pasar crypto terutama Bitcoin.

Bitcoin Mengalami Koreksi

Akibat kabar sentimen negatif dan ketidakpastian ini, Bitcoin mengalami koreksi yang cukup signifikan setelah naik tinggi.

Sebelumnya, sejak akhir Juli 2021 sekitar tanggal 20, Bitcoin mengalami apresiasi signifikan akibat adanya sentimen positif baru.

Sentimen positif tersebut datang dari acara The B Word dan juga rumor Amazon yang nampaknya berhasil mengangkat harga Bitcoin naik.

Apresiasi tersebut terlihat mencetak pergerakan yang cukup signifikan, dengan harganya yang naik hingga 10 candlestick harian berturut-turut.

Namun saat ini terdapat sentimen negatif baru yang menjadi fokus utama yaitu isu pajak dari pemerintah Amerika.

Hasilnya saat ini Bitcoin mengalami koreksi dan terlihat bergerak keluar dari zona apresiasi pada grafik hariannya.

Grafik Harian BTCUSD

Koreksi ini terlihat terjadi sejak akhir pekan lalu yang membuat banyaknya posisi long di pasar derivatif yang terkena likuidasi.

Untuk saat ini kemungkinan besar batas pengaman apresiasi berada pada $37500 yang menjadi batas atas zona demand Bitcoin.

Jika terus turun, kemungkinan besar harapan terakhir berada pada $31500 sebelum Bitcoin kembali bergerak turun ke batas bawah Januari 2021.

Namun jika berhasil, kemungkinan besar tujuan selanjutnya adalah kembali pada $43200 yang jika ditembus dapat membawa potensi apresiasi.

Hal ini disebabkan jika harga tersebut dilewati, Bitcoin resmi keluar dari zona segitiga menurun atau descending triangle.

Sehingga jika berhasil melewati batas atas tersebut, kemungkinan pasar crypto akan mulai pulih kembali dan Bitcoin dapat kembali ke daerah $50000.

*Disclaimer

Analisis dalam artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.