Solana Sentuh Harga Tertinggi Baru Lagi! Ini Potensi Ekosistemnya

Solana (SOL) dikabarkan masih terus membentuk harga terbaru walau mayoritas pasar bergerak dalam konsolidasi.

Kondisi ini menyebabkan lebih banyak orang semakin tertarik terhadap koin tersebut dan secara tidak langsung mendorong harganya naik.

Walau saat ini apresiasinya belum didorong oleh hal lain selain FOMO atau Fear of Missing Out, perlu diketahui bahwa pendorong utama dasarnya adalah ekosistemnya.

Saat ini banyak investor yang mulai menyadari bahwa ekosistem Solana memiliki potensi yang signifikan, terutama untuk menyelesaikan permasalahan di dunia crypto.

Mengenal Potensi Ekosistem Solana

Saat ini Solana merupakan salah satu ekosistem terlengkap jika dibandingkan dengan blockchain-blockchain lainnya.

Dari sisi dasar teknologinya, saat ini Solana merupakan salah satu blockchain dengan kecepatan validasi transaksi tertinggi.

Kecepatan Solana saat ini tercatat berada pada sekitar 65.000 transaksi per detik  yang saat ini masih belum ada saingannya.

Walau ada beberapa blockchain kecil yang memiliki kecepatan serupa atau lebih tinggi, kelengkapan smart contractsnya masih belum ada yang menyaingi Solana.

Salah satu blockchain lain yang memiliki kecepatan serupa dan hampir menandingi hanyalah Polygon (MATIC).

Hal ini disebabkan kecepatan Blockchain Polygon yang berada di sekitar 60.000 hingga 65.000 transaksi per detik.

Namun untuk saat ini, ekosistem Polygon masih lebih kecil dibandingkan dengan Solana, yang membuat keunggulannya lebih terlihat.

Untuk perbandingan, saat ini kecepatan Ethereum berada pada sekitar 30 transaksi per detik yang jauh di bawah Solana.

Dari sisi ekosistemnya, saat ini Solana merupakan salah satu blockchain dengan ekosistem terlengkap dengan lebih dari berdirinya 400 proyek crypto.

Mulai dari Non Fungible Token (NFT), Decentralized Finance (DeFi), fitur komunikasi antar blockchain atau Cross Chain, bursa terdesentralisasi dan sentralisasi spot dan derivatif, hingga proyek lainnya, Solana saat ini menjadi pemimpin.

Selain itu, saat ini Solana juga sedang memiliki sentimen positif baru yang berhasil mendorong harganya naik lebih tinggi.

Saat ini terdapat banyak spekulasi bahwa Solana akan melakukan mekanisme burn untuk mengurangi jumlahnya yang beredar.

Hal ini disebabkan adanya publikasi teknologi baru bernama Ignition pada 31 Agustus 2021 yang digambarkan dengan korek api.

Kabar ini telah berhasil mendorong harga Solana naik cukup tinggi melanjutkan apresiasinya walau sudah naik cukup signifikan.

Analisis Teknikal Harga

Akibat kabar ini, Solana diprediksi akan memiliki sentimen positif baru lagi walau belum dapat dikonfirmasi apa sentimen tersebut.

Hal ini disebabkan Solana hanya membuat publikasi dengan tautan situs yang juga masih belum memiliki isi dengan jelas.

Namun melihat pembaruan teknologi di sekitar Solana yang juga terus meningkat, banyak pihak yang menganggap kabar ini sebagai kabar positif.

Dari sisi teknikal saat ini SOL masih bergerak di antara zona harga tertingginya yaitu pada sekitar $101.92 atau Rp1.469.584.

Grafik Harian SOLUSD

Untuk saat ini batas bawah yang masih terlihat terjaga berada pada sekitar $93.6 atau Rp1.349.618 hingga $82.8 atau Rp1.185.242.

Jika terus ditembus kemungkinan besar Solana akan terus bergerak turun hingga mencapai $68.2 atau Rp983.375 hingga $56.4 atau Rp813.232.

Namun jika berhasil naik lebih tinggi, kemungkinan besar tujuan selanjutnya berada pada $164.9 atau Rp2.377.693 yang berada pada daerah 161,8% Fibonacci Extension.

Kemungkinan besar pergerakan besar akan kembali terjadi pada esok hari saat ada kabar pengumuman jelas mengenai pembaruan Ignition.

*Disclaimer

Artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan resmi untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.