5 Crypto Potensial untuk Diperhatikan di Bulan Juni 2021

Bulan Juni nampaknya memberi harapan baru untuk pasar crypto setelah sebelumnya mengalami badai akibat tekanan jual yang cukup kuat.

Potensi harapan baru ini datang dari kondisi makroekonomi dimana kebijakan ekspansif dari mayoritas pemerintah nampaknya menjadi konfirmasi potensi apresiasi untuk crypto.

5 Crypto Potensial Bulan Juni

Selain itu, nampaknya setelah koreksi yang cukup signifikan, pasar crypto dapat mulai bergerak pulih walau nampaknya belum akan naik setinggi apresiasi beberapa bulan sebelumnya.

Namun dalam jangka panjang, potensi apresiasi masih sangat mungkin untuk terjadi, sehingga investor dapat mulai melihat beberapa crypto potensial.

Dalam artikel ini, akan diberikan analisis mengenai lima crypto potensial untuk Bulan Juni di luar Bitcoin dan Ethereum.

Analisis ini diberikan berdasarkan adanya pembaruan sistem atauu acara yang dapat menjadi sentimen positif untuk crypto tersebut pada bulan ini.

1. Binance Coin (BNB)

BNB menjadi salah satu crypto yang nampaknya masih memiliki ketertarikan yang kuat akibat komunitas yang mendukungnya.

Crypto ini berpotensi mengalami apresiasi yang cukup signifikan kembali setelah mayoritas pasar crypto, terutama Bitcoin, mulai pulih.

Dari sisi internalnya, sentimen positif yang berpotensi mendorong harganya untuk kembali naik pada Bulan Juni 2021 adalah bursa Non Fungible Token atau NFT.

Dikabarkan bahwa Binance akan meluncurkan bursa NFT pribadi dimana kemungkinan besar mayoritas transaksinya akan membutuhkan BNB.

Melihat ketertarikan terhadap NFT yang juga masih terus berkembang hingga saat ini dan ketertarikan terhadap ekosistem Binance yang tinggi, hal ini dapat menjadi sentimen positif.

Baca juga: Non-Fungible Token(NFT)

Oleh karena itu, kemungkinan besar sentimen positif tersebut akan dirasakan oleh BNB, crypto utama dari Binance.

Dari sisi teknikal, saat ini mayoritas crypto masih terlihat bergerak dalam pergerakan yang relatif sama yaitu berkonsolidasi atau sideways.

Grafik Harian BNBUSD

Untuk BNB sendiri nampaknya batas bawah masih berada kuat di sekitar $272 atau Rp3,9 Juta hingga $213 atau Rp3,04 Juta.

Hal ini disebabkan oleh batas tersebut juga mencerminkan daerah retest atau penguji coba kembali zona apresiasi sebelumnya pada grafik bulanan.

Sehingga jika berhasil naik kemungkinan apresiasi akan terjadi dengan cukup signifikan, dan dapat menuju $400 atau Rp5,7 Juta hingga $600 atau Rp8,56 Juta.

Target tersebut berada pada daerah Fibonacci 61,8% hingga 100% namun untuk mencapai target tersebut, batas atas pada $325 atau Rp4,64 Juta hingga $350 atau Rp5 Juta harus dilewati.

2. Cardano (ADA)

Berikutnya adalah Cardano yang nampaknya saat ini sedang mengalami pembaruan dan terus memberikan kabar terbaru terkait proyeknya.

Setelah stagnan beberapa pekan yang lalu akibat belum adanya pembaruan atau kabar terbaru mengenai teknologinya, saat ini semua berubah.

Akhir-akhir ini, Charles Hoskinson, pendiri dari Blockchain Cardano, sedang sering memberikan kabar terbaru mengenai teknologi dibalik Cardano.

Baca juga: Cardano Ungguli Ethereum 2.0 dan Luncurkan Alonzo Testnet, Ini Analisis Harganya

Hal tersebut nampaknya menjadi salah satu sentimen positif akibat ADA sendiri relatif stagnan saat mayoritas crypto bergerak turun.

Puncak sentimen positif tersebut nampaknya akan terjadi pada Bulan Juni dimana dikabarkanakan ada pembaruan melalui Alonzo Hard Fork.

Walau masih berada dalam tahap uji coba nampaknya kabar ini akan menjadi bukti bahwa Cardano masih terus berkembang.

Selain itu, dari sisi internal lainnya, nampaknya Cardano akan sering menggelar diskusi governance bersama komunitasnya.

Terakhir, nampaknya adopsi juga akan terus berkembang dengan SafePal yang dikabarkan akan mengadopsi Cardano di Juni 2021.

Dari sisi teknikal saat ini Cardano masih relatif bergerak stagnan, dan nampaknya menunggu pergerakan dari pasar crypto.

Grafik ADAUSD

Untuk batas bawah yang dapat dijadikan tempat melakukan pembelian saat ini terlihat berada pada sekitar $1.55 atau Rp22,12 Ribu dan $1,32 atau Rp18,84 Ribu.

Batas bawah paling kuat untuk saat ini nampaknya terlihat pada $0.96 atau Rp13,70 Ribu yang telah menjadi batas bawah konsolidasi beberapa pekan terakhir.

Batas atas yang harus dilewati untuk naik lebih tinggi terlihat berada pada sekitar $2 atau Rp28,55 Ribu, yang merupakan batas atas konsolidasi beberapa pekan terakhir.

Kemungkinan besar apresiasi dalam jangka panjang dapat membawa Cardano ke $3 atau Rp42,827 hingga $4 atau Rp57,10 Ribu.

3. Polygon (MATIC)

Selanjutnya adalah MATIC yang akhir-akhir ini terus menarik perhatian akibat kegunaannya yang dirasa akan berdampak signifikan pada blockchain.

Hingga saat ini telah banyak blockchain yang mengadopsi teknologi layer-2 atau lapisan kedua dari Polygon terhadap Blockchainnya.

Hal ini disebabkan dengan adanya lapisan kedua tersebut dapat memberikan bantuan kepada lapisan utama blockchain jika terjadi hambatan.

Di Bulan Juni 2021, Matic sendiri juga terlihat memiliki beberapa acara yang dapat menjadi sentimen positif untuk harganya.

Terdapat lima hal, pertama adalah adopsi oleh Auto untuk vault atau penyimpanannya, Integrasi dengan Xend Finance, Phoenix Dao, integrasi dalam acara NFT di Tokyo dan acara DeFi Summit.

Baca juga: MATIC Terbang Setelah Beberapa Adopsi Ini

Jadi, kemungkinan besar MATIC masih akan terus berjaya akibat ketertarikan terhadapnya dan juga kekuatannya dalam kondisi pasar saat ini.

Dalam sisi teknikal, saat ini MATIC masih terlihat bergerak naik walau mulai mencoba menguji kembali zona apresiasi sebelumnya.

Grafik Harian MATICUSD

Batas bawah saat ini terlihat berada pada sekitar $1,79 atau Rp25,55 Ribu hingga $1,47 atau Rp20,98 Ribu.

Jika terus turun, kemungkinan MATIC dapat kehilangan momentumnya dalam jangka pendek dan dapat bergerak menuju $1 atau Rp 14,25 Ribu.

Namun jika terus naik target berikutnya berada pada $2,2 atau Rp31,40 Ribu hingga $3,5 atau Rp49,96 Ribu yang berada di daerah 161,8% Fibonacci Extension.

4. Hedera Hashgraph (HBAR)

HBAR juga nampaknya dapat mengalami banyak sentimen positif pada Bulan Juni 2021, akibat adanya pembaruan terhadap jaringannya.

Selain itu, nampaknya ada sembilan hal yang akan terjadi yang merupakan integrasi dengan beberapa proyek dan juga pembaruan jaringan.

Kabar utamanya akan terjadi pada Bulan Juni yaitu pembaruan jaringan utama atau mainnet versi 0.14.0.

HBAR saat ini masih memiliki ketertarikan akibat tingginya transaksi dalam jaringannya. Selain itu dengan pembaruan ini, jaringannya dapat bersaing dengan blockchain generasi ketiga.

Oleh karena itu, melihat Juni nampaknya menjadi bulan yang sibuk untuk para pemiliki proyek HBAR, sentimen positif terhadapnya dapat meningkat dan mendorong harganya naik.

Baca juga: Blockchain 3.0, Lebih Canggih dari Versi Sebelumnya!

Dari sisi teknikal, saat ini HBAR saat ini masih terlihat dalam pergerakan koreksinya setelah menyentuh harga tertinggi beberapa pekan lalu.

Grafik Harian HBARUSD

Pergerakan ini sesuai dengan pergerakan retest atau menguji kembali zona apresiasi sebelumnya, setelah keluar pada awal 2021.

Jika kembali naik setelah retest kemungkinan besar harganya dapat kembali naik bahkan melebihi harga tertinggi sebelumnya.

Batas bawah saat ini berada pada $0,20 atau Rp2,8 Ribu hingga $0,15 atau Rp2,1 Ribu yang jika ditembus dapat menghilangkan momentum apresiasi jangka pendek.

Jika kembali naik, kemungkinan besar apresiasi akan terus berlanjut hingga $0,72 atau Rp10,27 Ribu yang berada di daerah 161,8% Fibonacci Extension.

Namun, apresiasi tersebut harus melewati batas atas pada $0,25 atau Rp3,5 Ribu hingga $0,35 atau Rp4,9 Ribu.

5. Dock (DOCK)

Terakhir adalah DOCK yang nampaknya sedang ramai dibincangkan di antara mayoritas komunitas crypto global.

Dock sendiri merupakan sebuah proyek yang bertujuan untuk memudahkan pengujian kredibilitas dalam proses validasi dan peminjaman secara terdesentralisasi menggunakan blockchain.

Blockchainn DOCK sendiri merupakan blockchain generasi ketiga dimana pergerakannya lebih efisien dan memiliki fitur interoperabilitas.

Baca juga: Proof of Stake (PoS)

Semua hal ini akan tercapai secara resmi pada Juni 2021, dimana akan ada pembaruan jaringan dengan sistem Proof of Stake yang diperbarui.

Selain itu, DOCK sendiri memiliki beberapa pembaruan lain yang dapat menjadi sentimen positif untuk harganya dalam beberapa pekan ke depan.

Dari sisi teknikal, nampaknya DOCK sendiri telah bergerak kembali normal ke zona apresiasinya sejak awal 2021.

Grafik Harian DOCKUSD

Setelah sempat terimbas oleh apresiasi pasar crypto, saat ini ia juga terimbas oleh koreksinya, namun kabar baiknya, DOCK masih berada dalam zona apresiasi.

Batas bawah saat ini masih terlihat kuat pada $0,054 atau Rp770 yang jika berhasil ditembus dapat menghilangkan momentum apresiasi.

Tapi jika mulai naik kembali, kemungkinan besar apresiasinya dapat membawanya hingga $0,25 atau Rp3,56 Ribu jika berhasil melewati batas atas pada $0,073 atau Rp1,04 Ribu.

Perlu diingat bahwa analisis ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi. Risiko ditanggung oleh individu masing-masing.

Perlu diingat juga bahwa terdapat banyak crypto lain yang memiliki potensi positif di Bulan Juni 2021, sehingga sebelum membeli analisis pribadi investor wajib dilakukan.

*Disclaimer

Coinvestasi tidak bertanggung jawab atas kerugian atau keuntungan yang didapatkan dari analisis dalam artikel ini.

Selalu lakukan analisis pribadi secara mendalam sebelum memulai investasi atau trading karena risiko ditanggung oleh individu masing-masing.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.