5 Crypto Potensial Saat Pasar Labil Pekan Ini

Akhir-akhir ini pasar crypto sedang bergerak cukup volatil terutama dengan Bitcoin yang masih berkonsolidasi dan masih enggan menembus batas $40.000 atau Rp570,8 Juta.

Oleh karena itu, saat ini mayoritas crypto terlihat mengikuti pergerakannya yang membuat banyaknya konsolidasi yang terjadi.

5 Crypto Potensial Pekan Ini

Namun dalam fase konsolidasi ini terdapat lima crypto yang memiliki potensi untuk bergerak naik akibat kabar positif dari sisi internalnya.

1. Ethereum (ETH)

Crypto pertama adalah Ethereum yang dikabarkan akan melanjutkan tahap proses pembaruan jaringannya pada pekan ini.

Walaupun relatif bergerak terikat dengan Bitcoin, kabar ini berpotensi mendorong harga Ethereum untuk mulai bergerak naik.

Kabar ini adalah pengujian pembaruan pada jaringan uji coba Ropsten testnet pada 9 Juni 2021 untuk menerapkan implementasi yang akan dilakukan di London Hard Fork.

Kabar tersebut membuat semakin dekatnya Ethereum terhadap pembaruan jaringan yang dapat membuat blockchainnya lebih efisien.

Selain itu, nampaknya akan ada proyek baru yang akan integrasi dengan Ethereum bernama Minter yang akan terjadi pada 7 Juni 2021.

Oleh karena cukup banyaknya sentimen positif ini, kemungkinan besar pekan ini Ethereumm dapat mulai bergerak naik walau belum secara signifikan.

Dari sisi teknikal, saat ini Ethereum terlihat sedang membentuk pola ascending triangle yang dapat menandakan potensi apresiasi.

Grafik Harian ETHUSD

Namun konfirmasi baru didapatkan jika harga sudah bergerak keluar dari zona tersebut yang hingga saat ini masih belum terlihat.

Jika ingin mulai bergerak naik, Ethereum harus melewati batas atas pada $2.930 atau Rp41,8 Juta untuk dapat naik menuju $3.258 atau Rp46,49 Juta.

Batas pengaman apresiasi yang harus dijaga saat ini berada pada $2.625 atau Rp37,46 Juta hingga $2.385 atau Rp34,03 Juta untuk dapat naik pada pekan ini.  

2. Binance Coin (BNB)

Berikutnya adalah BNB yang berpotensi mengalami apresiasi pada pekan ini akibat adanya beberapa kabar positif di ranah Non Fungible Token (NFT).

Hal ini juga datang dari adanya pekan konferensi digital NFT pada 10 Juni 2021 bernama “Non Fungible Tokyo”.

Dikabarkan bahwa acara tersebut akan dihadiri oleh banyak proyek NFT terutama yang berdiri pada Binance Smart Chain (BSC).

Acara tersebut dapat mendorong sentimen positif terhadap Binance akibat akan mendorong kesadaran tentang NFT oleh proyek di Binance Smart Chain.

Selain itu, pada 8 Juni 2021, akan ada acara konferensi di Eropa bernama “Blockchain for Europe Summit” dimana Binance akan berpartisipasi.

Dalam acara tersebut kemungkinan besar Binance akan berbagi mengenai Binance Smart Chain yang juga dapat meningkatkan kesadaran terhadap BSC.

Dengan semakin banyaknya kesadaran terhadap NFT di Binance, kemungkinan besar BNB akan mendapatkan sentimen positif.

Dari sisi teknikal saat ini baru saja keluar dari batas atas sebelumnya dan terlihat masih melanjutkan pergerakan apresiasi sejak pekan lalu.

Grafik Harian BNBUSD

Jika ingin naik lebih tinggi, BNB harus menembus batas atas pada $431 atau Rp6,15 Juta untuk dapat naik hingga $484,5 atau Rp6,91 Juta pada pekan ini.

Batas pengaman apresiasi yang harus terjaga untuk tetap naik adalah pada $390 atau Rp5,56 Juta yang jika ditembus dapat menghilangkan momentum apresiasi.

3. Solana (SOL)

Crypto berikutnya adalah Solana yang terkenal kuat walau pasar sedang mengalami pergerakan yang volatil.

Sisi fundamental yang dapat mendorong Solana untuk naik pada pekan ini kemungkinan besar adalah perkembangan dari sisi proyeknya.

Hingga saat ini Solana merupakan salah satu ekosistem  yang kuat berkembang di hampir semua ranah, mulai dari NFT hingga Staking.

Saat ini Solana juga sedang dalam proses pendanaan sebesar $450 Juta atau Rp6,42 Triliun yang dikabarkan akan digunakan untuk “mengalahkan” Ethereum.

Potensi apresiasi ini juga kemungkinan terjadi dengan fenomena naiknya mayoritas crypto platform smart contracts seperti Solana, Polkadot, dan Cardano.

Untuk saat ini fokus utama masih tertuju pada pendanaan yang nampaknya datang dari banyak pihak, yang menunjukkan kepercayaan investor besar terhadap Solana.

Dari sisi teknikal, Solana kemungkinan besar dapat mulai bergerak naik setelah mengalami koreksi kecil akibat sudah berada di batas atas zona apresiasi.

Grafik Harian SOLUSD

Kemungkinan besar Solana akan koreksi menuju $40 atau Rp570,08 Ribu hingga $38 atau Rp Rp542,3 Ribu sebelum dapat bergerak naik.

Tujuan pekan ini kemungkinan besar berada pada $44,7 atau Rp638 Ribu hingga $50 atau Rp713,6 Ribu.

Batas bawah apresiasi terlihat berada pada $34 atau Rp485,2 Ribu yang jika ditembus dapat menghilangkan potensi apresiasi pekan ini.

4. Theta Network (THETA)

Selanjutnya adalah Theta Network yang terlihat sedang banyak mengalami ketertarikan akibat adanya pembaruan jaringan pada Bulan Juni ini.

Theta Network akan melakukan pembaruan yang membuat jaringannya berubah versi menjadi Theta Network 3.0.

Saat ini baru saja ada pengumuman yang dapat menjadi sentimen positif untuk harga THETA yaitu pengumuman peluncuran Guradian Node.

Pengumuman ini membuat kejelasan dan semakin dekatnya Theta Network untuk mencapai kelancaran peluncuruan versi 3.0.

Selain itu, saat ini Theta Network juga baru saja mengumumkan bahwa sudah terdapat fitur staking baru untuk mempermudah peluncuran versi 3.0.

Fitur baru ini dapat meningkatkan efisiensi dalam proses staking untuk Theta Network yang kemungkinan besar dapat membawa efisiensi pada versi 3.0.

Oleh karena itu, dari sisi sentimen fundamental, nampaknya Theta Network sedang mengalami banyak pembaruan yang meningkatkan kepercayaan investornya.

Dari sisi teknikal, saat ini THETA sedang berkonsolidasi dan jika berhasil naik melewati batas atas konsolidasi, kemungkinan besar dapat membentuk pola bullish rectangle.

Grafik Harian THETAUSD

Jika berhasil melewati batas atas pada $9,7 atau Rp138,4 Ribu kemungkinan besar THETA dapat naik hingga $10,8 atau Rp154,13 Ribu hingga $11,9 atau Rp169,83 Ribu.

Batas pengaman untuk apresiasi dapat terus berlanjut berada pada $8,7 atau Rp124,16 Ribu yang jika ditembus dapat menghilangkan potensi apresiasi pekan ini.

5. Harmony (ONE)

Terakhir adalah Harmony yang dikabarkan akan mengalami satu sentimen positif yang cukup signifikan pada pekan ini.

Sentimen positif tersebut adalah listing atau melantainya ONE pada bursa Bitmart Hari Ini, 7 Juni 2021.

Dengan melantainya ONE pada bursa tersentralisasi, maka akses untuk membelinya menjadi semakin mudah yang dapat mendorong apresiasi lebih tinggi.

Dari sisi internalnya, saat ini sentimen positif lain adalah pencapaian dari blockchainnya, dimana transaksi per hari di Blockchain Harmony telah mencapai 2 Juta transaksi.

Kabar tersebut kemungkinan besar dapat mendorong ketertarikan untuk kembali naik terhadap Harmony.

Dari sisi teknikal, saat ini ONE masih terlihat berkonsolidasi antara $0,093 atau Rp1.327 hingga $0,107 atau Rp1.527.

Grafik Harian ONEUSD

Jika berhasil menembus batas atas pada $0,107 atau Rp1.527, kemungkinan besar tujuan apresiasi pekan ini berada pada $0.121 atau Rp1.726 hingga $0.144 atau Rp2.055.

Namun apresiasi ini harus menjaga batas pengaman pada $0,093 atau Rp1.327 hingga $0.079 atau Rp1.127 yang jika ditembus dapat menghilangkan potensi apresiasi pekan ini.

*Disclaimer

Perlu diingat kembali bahwa seluruh analisis dalam artikel ini merupakan analisis pribadi. Artikel ini bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading.

Keuntungan atau kerugian yang didapatkan dari analisis ini bukan merupakan tanggung jawab dari Coinvestasi. Risiko ditanggung oleh pembaca masing-masing.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.