Coinvestasi https://coinvestasi.com Mon, 17 May 2021 09:21:20 +0000 en-US hourly 1 https://i0.wp.com/coinvestasi.com/wp-content/uploads/2018/06/cropped-coinvestasi.png?fit=32%2C32&ssl=1 Coinvestasi https://coinvestasi.com 32 32 175014075 SEED SHO KnitFinance Rilis di DAO Maker, Ini Cara untuk Berpartisipasi https://coinvestasi.com/press-releases/seed-sho-knitfinance-rilis-di-dao-maker-ini-cara-untuk-berpartisipasi/ Mon, 17 May 2021 09:21:19 +0000 https://coinvestasi.com/?p=61557 KnitFinance protokol wrapped pertama untuk membuiat wrapped di cross chain multi aset teratas di pokadot yang berhasil menarik perhatian investor terkemuka diketahui telah meluncurkan SHO atau strong holder offering melalui DAO Maker.

Dalam SHO ini ukuran penjualan sebesar $145.000, dengan alokasi untuk 290 pemenang masing-masing  yakni $500 .  Pendaftaran periode SHO ini dibuka pada 17 Mei 12:00 UT dengan batas pendaftaran hingga 18 Mei 12:00 UTC. Pengumuman pemenang akan dilangsungkan di 18 Mei hingga pukul 18.00 UTC.

Baca juga: KnitFinance Raih 1 Juta Dollar AS dan Didukung Investor Terkemuka

Berikut ini adalah cara berpartisipasi SHO melalui DAOMaker, ini bukan hanya berlaku untuk KnitFinace saja tapi bisa diaplikasikan diberbagai proyek lainnya.

Cara Ikut SHO di DAOMaker

Buka https://daomaker.com/ untuk masuk atau mendaftar ke akun

Hubungkan dompet yang ingin kamu ikuti. Kamu dapat memilih dari Metamask atau Wallet Connect.

Lakukan verifikasi atau KYC untuk mendaftar dalam mengikut penjualan apa pun.

Kamu  harus melengkapi KYC  sebelumnya agar dapat mendaftar untuk semua acara DAOMaker yang akan datang. Ini harus dilakukan sekali.

Tambahkan dana ke Deposit Pra-Pendanaan. Jumlah maksimum yang dapat ditambahkan adalah 2.500 USDC.

Periksa dengan jumlah yang perlu  dialokasikan untuk setiap penjualan proyek tertentu di halaman utama DaoMaker.

Baca juga: DaoMaker Kembali Hadirkan SHO Baru My Neighbor Alice!

Jika jumlah alokasinya adalah 500 USDC, kamu harus memiliki setidaknya 500 USDC yang telah didanai sebelumnya untuk berpartisipasi dalam penjualan token.

Setelah memeriksa dengan jumlah alokasi pribadi, buka Portofolio dan tambahkan dana ke Deposit Preunding. Setelah selesai, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Staking

Staking adalah bagian penting yang harus dilakukan sebelum mendaftar untuk penjualan.

Proses staking sekarang dilengkapi dengan DAO Power, yang memungkinkan pengguna  untuk memutuskan berapa banyak yang ingin di staking untuk setiap SHO tertentu dan itu akan menempatkan pengguna  ke tingkat tertentu dengan berbagai peluang untuk memenangkan alokasi.

Baca juga: Apa Itu Staking? Panduan Lengkap untuk Pemula

Pastikan untuk memiliki token DAO di dompet, jika kamu tidak memilikinya,  kamu bisa membelinya di sini.

Untuk staking DAO  dan mendapatkan Power DAO  untuk melanjutkan ke DAO Vaults seperti biasa dan mempertaruhkan DAO atau LP DAO.

Untuk berpartisipasi dalam setiap Penjualan, kamu harus mempertaruhkan setidaknya 500 DAO di vault. Itu akan memberi kamu  tepat 500 DAO Power.

This image has an empty alt attribute; its file name is 0*xDkULduRWG6uBCKs

Beberapa penjualan dengan jumlah alokasi pribadi yang lebih tinggi akan membutuhkan lebih banyak DAO untuk dipertaruhkan.

Saat mendaftar untuk penjualan, kamu akan selalu melihat berapa jumlah minimum DAO yang akan dipertaruhkan. Jika  tidak cukup, kamu bisa membatalkannya atau mempertaruhkan lebih banyak DAO.

Setelah melakukan staking, kamu akan melihat DAO power dibagian portofolio.

Untuk berpartisipasi dalam SHO, kamu  perlu mengalokasikan DAO Power yang tersedia. Semakin banyak DAO Power yang dialokasikan pada SHO tertentu, semakin tinggi peluang  untuk memenangkan alokasi (semakin banyak DAO Power berarti lebih tinggi Tranche lotere).

1 Staked DAO = 1 DAO Power. Token DAO LP yang disimpan dalam Vault dihitung sebagai 3x dalam DAO Power. Selengkaponya dapat ditemukan di sini.

Mulai Pendaftaran dan Alokasi DAO Power

Periksa dengan penjualan langsung yang saat ini tersedia di platform. Di sini contoh menggunakan Proyek X.

Klik riset dan berpartisipasi dan luangkan waktu untuk meneliti proyek sebelum berinvestasi di dalamnya.

Klik pada tombol berpartisipasi yang akan tersedia setelah pendaftaran dibuka.

Kamu akan masuk ke halaman pemeriksaan dan dapat melihat apakah kamu mematuhi semua langkah sebelum mengizinkan masuk untuk pendaftaran.

Pastikan kamu telah menyelesaikan semua langkah yakni

  • Kamu sudah masuk
  • Dompet terhubung ke platform
  • Sudah menyelesaikan KYC
  • Memiliki cukup dana awal USDC
  • Memiliki cukup DAO Staked
  • Kamu memiliki cukup DAO Power

Jika belum, kamu  akan diberi tahu dan setelah semua langkah selesai, kamu dapat berpartisipasi dalam SHO.

Setelah pemindaian dompet selesai, kamu  dapat melanjutkan untuk menandatangani Syarat & Ketentuan (SAFT).

Langkah terakhir adalah mengalokasikan DAO Power untuk penjualan. Setelah selesai, kamu akan melihat layar berikut yang mengonfirmasi partisipasi.

Sekarang setelah proses pendaftaran akan ditutup dan pemenang yang dipilih, kamu  akan melihat layar berikut jika kamu menang, maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

Setoran yang didanai sebelumnya dan jumlah setoran yang terkunci akan dipotong secara otomatis dan kamu kan mendapatkan token proyek di TGE. DAO Power yang kamu gunakan akan dikunci selama 15 hari hingga kamu  dapat menggunakannya kembali.

Jika kamu tidak menang, maka DAOMaker akan membuka kembali deposit yang telah didanai sebelumnya ke akun pra-dana. DAO Power  menjadi tidak terpakai, sehingga kamu dapat menggunakannya untuk penjualan lain.


Itu dia cara mengikuti penjualan token melalui DAO Maker. KnitFinance sendiri akan melakukan berbagai penjualan token yang dibagi dalam beberapa waktu, kamu bisa mendapatkan informasinya di sini.

]]>
61557
Bitcoin Tertekan FUD, Ini Perkiraan Penyebab dan Tujuan Koreksinya https://coinvestasi.com/berita/bitcoin-tertekan-fud-ini-perkiraan-penyebab-dan-tujuan-koreksinya/ Mon, 17 May 2021 07:26:50 +0000 https://coinvestasi.com/?p=61562 Bitcoin saat ini sedang mengalami koreksi yang cukup signifikan yang membuat persepsi “depresiasi” pada pasar crypto.

Walau kenyataannya masih banyak Altcoins yang relatif bergerak naik, saat ini pasar crypto relatif menghadapi kekhawatiran terhadap pergerakan turun yang lebih jauh.

Bitcoin Tertekan FUD Elon Musk

Namun, kenyataannya saat ini tekanan jual yang terjadi hanya sebuah FUD atau kekhawatiran yang beredar terutama akibat kabar dari Elon Musk, CEO Tesla.

Elon Musk baru saja membuat publikasi mengenai pemberhentian Tesla dalam penerimaan Bitcoin sebagai alat pembayaran produknya.

Hal tersebut dikabarkan oleh Elon Musk adalah akibat energi yang digunakannya yang merusak lingkungan dan bertolak belakang dengan tujuan Tesla.

Setelah kabar ini beredar, mayoritas pasar crypto terutama investor ritel mengalami kepanikan dan terlihat menjual.

Banyak pihak yang berkomentar negatif terhadap pernyataan kerusakan lingkungan yang diciptakan oleh Bitcoin, karena merasa tidak sepenuhnya benar.

Salah satu analis menyatakan bahwa 75% penambang Bitcoin menggunakan energi terbaharukan, yang menyalahkan pernyataan kerusakan lingkungan oleh Elon Musk.

Analis terkenal lainnya bernama Willy Woo, juga mempertanyakan pernyataan dari Elon Musk, yang dianggapnya hanya sebuah lelucon untuk memanipulasi pasar.

Willy Woo juga sebelumnya mempercayai bahwa Bitcoin akan terus mengalami apresiasi akibat beberapa hal terutama dari permintaan.

Woo juga percaya bahwa Bitcoin bergerak mayoritas dalam energi terbaharukan dan tidak adil untuk menghakimi bahkan meninggalkan Bitcoin karena alasan Musk.

Namun, saat ini pernyataan-pernyataan yang dikeluarkan oleh Elon Musk telah membuat kepanikan yang membuat koreksi terus terjadi.

Baca juga: Hash Bitcoin Mulai Menjauh dari Cina dan Pindah ke Negara Ini!

Tetapi walau ia terus membuat pernyataan negatif terhadap Bitcoin, ia meyakinkan bahwa ia tetap percaya terhadap crypto dan Tesla tidak menjual Bitcoin sama sekali.

Sayangnya aksi pemberhentian Bitcoin sebagai alat pembayaran oleh Tesla telah mendorong beberapa perusahaan lain untuk ikut serta.

Salah satunya adalah Square, dimana perusahaan keuangan tersebut akan memberhentikan sementara pembelian Bitcoinnya.

Tapi Square sendiri melalui CEO Jack Dorsey, menyatakan bahwa perusahaannya tidak akan meninggalkan Bitcoin namun sedang membentuk rencana lain.

Tertekan Persepsi Makroekonomi

Namun secara keseluruhan bukan hanya Elon Musk yang menjadi penyebab utama terhadap koreksi Bitcoin yang terjadi saat ini.

Salah satu faktor lain adalah faktor makroekonomi dimana saat ini terdapat narasi bahwa Pemerintah Amerika ingin menerapkan kebijakan kontraktif kembali.

Saat ini Kementerian Keuangan, melalui Janet Yellen, dikabarkan ingin meminta Bank Sentral Amerika untuk kembali meningkatkan suku bunga acuan.

Tujuan tersebut dilakukan akibat dirasa bahwa saat ini kondisi ketenagakerjaan sudah mulai membaik.

Sehingga pemerintah merasa kebijakan fiskal dan moneter sudah dapat menerapkan pandangan kontraktif.

Baca juga: Pasar Crypto Koreksi Setelah Jannet Yellen Menyatakan Hal Ini

Pernyataan tersebut bermaksud bahwa Amerika ingin kembali mengurangi jumlah uang beredar akibat merasa bahwa kondisi ketenagakerjaan sudah mulai membaik.

Dengan adanya kabar tersebut, mayoritas pasar aset berisiko seperti saham dan crypto mulai khawatir.

Hal ini disebabkan pandangan kontraktif membuat menabung lebih menarik daripada investasi dan konsumsi, menurut teori ekonomi.

Akibatnya, mayoritas aset berisiko seperti crypto tertekan sentimen tersebut. Namun, kabar baiknya Jerome Powell, ketua bank sentral telah menanggapi pernyataan Yellen.

Ia menyatakan bahwa bank sentral masih akan menerapkan pandangan ekspansif dan tidak menaikkan suku bunga acuan bulan ini.

Mulai trading Bitcoin di Pintu sekarang 💰

Hal tersebut membawa ketenangan walau belum terjadi penetapan secara pasti mengenai suku bunga acuan tersebut.

Sehingga faktor ini juga menjadi satu hal yang membuat pasar crypto masih relatif bergerak volatil, terutama Bitcoin yang dianggap sebagai komoditas dunia saat ini.

Siklus Akhir Bulan

Kemungkinan faktor ketiga adalah siklus pergerakan harga Bitcoin sejak Tahun 2021 dimana relatif harganya bergerak turun di akhir Bulan.

Sejak Tahun 2021 dimulai, Bitcoin sendiri relatif bergerak turun pada akhir bulan sekitar minggu ketiga dan keempat, terutama minggu keempat.

Hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal, terutama oleh kontrak derivatif dari Bitcoin yang memiliki waktu kedaluwarsa di akhir bulan.

Umumnya di akhir bulan terdapat penutupan kontrak futures bulanan oleh trader institusional dan juga kontrak options oleh trader institusional dan ritel.

Dengan penutupan tersebut umumnya terjadi penyelesaian atau settlement yang juga melibatkan penjualan Bitcoin.

Hal tersebut akan terjadi jika trader memilih untuk menutup posisi atau menggunakan jaminan.

Baca juga: Mengenal Jenis Kontrak Futures Berdasarkan Waktu Kedaluwarsanya

Hal tersebut juga menciptakan tekanan jual terhadap Bitcoin akibat juga kontrak derivatif umumnya menjadi cerminan terhadap aset nyatanya.

Jadi di akhir bulan trader relatif menjual aset aslinya dan menunggu sentimen ke pada bulan ke depannya, yang kemungkinan jadi alasan mengapa tekanan jual terlihat relatif signifikan.

Mengingat di 2021 juga mulai banyak institusional yang ikut serta, logika ini juga menjadi masuk akal yang membuat hal tersebut menjadi potensi penyebab koreksi.

Analisis Pergerakan Harga Bitcoin

Untuk pergerakan Bitcoin sendiri, saat ini harganya sudah terkoreksi sekitar 35% dari harga tertingginya.

Koreksi ini masih tergolong wajar di pasar crypto terutama untuk Bitcoin yang umumnya mengalami koreksi di sekitar 20% hingga mendekati 40%.

Untuk saat ini jika dilihat secara garis besar, Bitcoin masih relatif bergerak dalam zona apresiasi sejak akhir Tahun 2020, lebih tepatnya November 2020.

Koreksi ini terlihat sesuai dengan apresiasi yang sehat mengingat dalam enam bulan terakhir Bitcoin telah mengalami apresiasi tanpa berhenti.

Grafik Harian BTCUSD

Untuk saat ini batas bawah yang masih bertahan berada di $45.000 atau Rp642,8 Juta yang merupakan batas terendah sejak Maret 2021.

Jika koreksi terus terjadi , kemungkinan besar batas berikutnya berada pada $40.000 atau Rp571,3 Juta yang jika ditembus dapat berlanjut hingga $35.800 atau Rp511,3 Juta.

Untuk saat ini RSI dan MACD menunjukkan bahwa tekanan jual sudah mulai jenuh yang menandakan adanya potensi untuk mulai pulih kembali.

Trading Bitcoin Daftar di Tokocrypto
Tapi saat ini harga masih berada di bawah MA Cross yang menandakan belum adanya potensi untuk Bitcoin naik kembali.

Secara keseluruhan, melihat saat ini baru hanya sekitar 2% dari populasi dunia yang terlibat dalam dunia crypto, potensi untuk Bitcoin naik lebih tinggi setelah koreksi masih lebih tinggi.

Saat ini investor Bitcoin dan crypto masih tergolong awal, jika bercermin pada pergerakan internet dan start up, fenomena crypto dapat naik lebih tinggi lagi.

Disclaimer

Perdagangan Digital Asset (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi, ketahui dan kelola risiko Anda dalam melakukan perdagangan Digital Asset. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa pengguna untuk membeli atau menjual Digital Asset, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Semua keputusan perdagangan Digital Asset merupakan keputusan independen oleh pengguna.

]]>
61562
5 Crypto Potensial Pekan Ini Saat Pasar Tertekan https://coinvestasi.com/berita/5-crypto-potensial-pekan-ini-saat-pasar-tertekan/ Mon, 17 May 2021 04:56:05 +0000 https://coinvestasi.com/?p=61544 Saat ini pasar crypto terlihat sedang tertekan akibat banyaknya sentimen negatif yang beredar di sekitarnya.

Walau mayoritas sentimen hanya FUD atau penebaran kekhawatiran yang belum memiliki realita, sentimen berhasil menekan mayoritas crypto turun.

Salah satu crypto utama yang turun cukup signifikan adalah Bitcoin yang tertekan sekitar lebih dari 24% sejak pekan lalu hingga hari ini.

5 Crypto Potensial

Namun, walau pasar terlihat turun, nampaknya terdapat beberapa crypto yang memperlihatkan potensi pergerakan naik.

Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas mengenai lima crypto potensial yang berpotensi naik saat mayoritas crypto turun.

1. Ripple (XRP)

Pertama adalah XRP yang nampaknya sedang memiliki beberapa sentimen positif secara fundamental.

Saat ini Ripple sedang mendapatkan beberapa sentimen positif dimana salah satunya adalah adopsi kerja sama dengan beberapa organisasi pemimpin kesejahteraan lingkungan.

Beberapa organisasi tersebut adalah Renewable Energy Buyers Alliance (REBA), Energy Web Foundation, dan Watershed.

Tujuan kerja sama ini adalah untuk mencapai salah satu tujuan Sustainable Development Goals yang ingin diraih Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di 2030.

Tujuan yang dimaksud adalah menghilangkan emisi karbon dalam teknologi, yang dengan bantuan Ripple dapat juga meranah ke dunia teknologi keuangan.

Dengan banyaknya narasi negatif mengenai kerusakan lingkungan dari energi yang digunakan, Ripple dapat membantu mengurangi narasi tersebut.

Akibat kabar ini XRP memperkuat narasi crypto dengan Blockchain generasi ketiga akan memimpin dunia keuangan dan tetap menjaga lingkungan.

Hal tersebut membuat mayoritas crypto dengan blockchain generasi ketiga mengalami apresiasi.

Apresiasi terjadi bersamaan dengan crypto blockchain generasi pertama seperti Bitcoin, yang turun.

Baca juga: Laporan Keuangan Ripple Perlihatkan Data Positif untuk XRP

Selain itu, kondisi di pengadilan juga terlihat unggul kembali dengan banyak investor yang sudah sesuai syarat SEC dalam mengajukan petisi untuk menyudahi kasus.

Dari sisi teknikal, saat ini XRP masih terlihat bergerak dalam fase konsolidasi dengan batas bawah pada $1.27 dan batas atas pada $1.65.

Grafik Harian XRPUSD

Kemungkinan besar akibat saat ini berada di dekat batas bawah, melihat konsolidasi sebelumnya, harga akan mulai berusaha naik kembali.

Target apresiasi pada pekan ini berada pada $1.53 hingga $1.65 jika $1.4 berhasil dilewati dan XRP terus bergerak naik.

Namun jika batas bawah dilewati, kemungkinan besar tujuan koreksi akan berlanjut hingga $1.16, yang akan melanjutkan pergerakan depresiasi.

2. Solana (SOL)

Crypto blockchain generasi ketiga yang juga ramah lingkungan dan diprediksi akan tetap kuat adalah Solana.

Blockchain Solana saat ini juga memiliki ketertarikan yang lebih tinggi akibat solusinya dalam masalah inefisiensi yang membuatnya juga lebih energi.

Hal tersebut membuatnya lebih ramah lingkungan akibat memerlukan energi yang lebih kecil, sehingga membuat biaya transaksi juga lebih rendah.

Dari sisi fundamental, saat ini sentimen positif datang dari ekosistem NFT yang terus berkembang, bersama adanya acara Hackathon.

Hackathon sendiri adalah sebuah kompetisi yang diadakan oleh Solana untuk mengajak proyek-proyek baru untuk dibangun di Blockchain Solana.

Hal tersebut akan membuat adopsinya menjadi semakin luas dan membuat nilainya juga semakin tinggi sebagai Blockchain, yang dapat mendorong harganya naik.

Baca juga: Mengenal Ekosistem Blockchain Solana

Dari sisi teknikal, saat ini SOL masih bergerak dalam pergerakan zona apresiasi dan berada di batas bawah zona tersebut.

Grafik Harian SOLUSD

Pergerakan ini menandakan potensi apresiasi dari batas bawah menuju harga lebih tinggi dalam beberapa hari ke depan bersama sentimen positif sebelumnya.

Saat ini batas bawah yang kemungkinan akan dituju sebelum naik berada pada $42.12. Jika bergerak naik kemungkinan target apresiasi berada pada $44.7 hingga $49.7.

Namun jika ditembus untuk turun lebih lanjut, kemungkinan tujuan selanjutnya berada pada $38.8 yang dapat memulai pergerakan depresiasi.

3. Polkadot (DOT)

Salah satu crypto berikutnya adalah Polkadot yang kemungkinan besar akan memiliki potensi apresiasi akibat pergerakan teknikalnya.

Dari sisi fundamental, saat ini DOT sedang terdorong sentimen keramahan lingkungan akibat Parachainnya yang lebih efektif dari blockchain generasi pertama.

Hal tersebut membuat energi yang digunakan lebih sedikit dan efisiensi juga lebih tinggi, sehingga ketertarikannya terus meningkat.

Selain itu saat ini sentimen positif datang dari adanya lelang pada parachain untuk proyek baru mendapatkan lowongan operasional pada jaringan tersebut.

Fenomena tersebut mendorong Kusama (KSM dan Polkadot untuk naik cukup tinggi, dengan KSM yang mencapai harga tertinggi baru dan DOT yang naik sekitar 27%.

Baca juga: 6 Proyek Terbaik di Polkadot Ini Gabung ke Reksadana Index Polkadot (PINT)

Dari sisi teknikal, saat ini DOT terlihat terkoreksi dari pergerakan signifikan tersebut, namun diprediksi dapat kembali pulih pada pekan ini.

Grafik Harian DOTUSD

Kemungkinan besar akibat juga saat ini masih bergerak di batas bawah zona apresiasi, DOT dapat kembali naik ke sekitar $39.6 hingga $45.6.

Batas bawah saat ini berada pada $34.4 yang jika ditembus dapat menuju ke $28.7 dan menghilangkan potensi apresiasi.

4. Cardano (ADA)

Berikutnya adalah Cardano yang saat ini sedang mendapatkan perhatian lebih dari Mark Cuban, salah satu tokoh bisnis dan Miliuner Dolar Amerika.

Sebelumnya, Cardano mengalami apresiasi akibat telah berhasil mendapatkan keberlanjutan dalam prosesnya menciptakan ekosistem terdesentralisasi di Afrika.

Tujuan mulia dari Cardano yaitu untuk memberikan jasa keuangan terhadap pihak yang tidak diterima oleh bank nampaknya berhasil mengangkat harganya naik.

Seluruh rencana tersebut dijelaskan oleh pendirinya, Charles Hoskinson, dalam acara bernama “African Special”.

Baca juga: Cardano Dominasi Staking, Tiga Crypto Besar Tertinggal

Namun saat ini perhatian utama nampaknya tertuju pada pendirinya akibat percakapannya dengan Mark Cuban mengenai kegunaan Cardano.

Hoskinson baru saja membuat video yang menjelaskan keunggulan dan keutamaan Cardano kepada Cuban yang dipublikasi di Twitter.

Dengan video ini kemungkinan besar sentimen akan terus meningkat bersama adopsinya terutama dalam kegunaan smart contracts yang terus meningkat dan makin efisien.

Trading Bitcoin Daftar di Tokocrypto
Dari sisi teknikal, saat ini ADA sedang terkoreksi setelah mencapai harga tertinggi di sekitar $2.46 dan terlihat menguji kembali zona apresiasi sebelumnya.

Grafik Harian ADAUSD

Kemungkinan besar setelah kembali menguji zona apresiasi pada batas bawah saat ini di sekitar $2, ADA akan kembali naik menuju $2.19 hingga $2.47.

Namun jika batas bawah tersebut ditembus kemungkinan koreksi akan berlanjut menuju $1.78 hingga $1.53 dan membawanya ke zona apresiasi sebelumnya.

5. Hedera Hashgraph (HBAR)

Terakhir adalah HBAR yang diprediksi juga akan naik akibat adanya sentimen kesejahteraan lingkungan yang sedang beredar di pasar crypto.

Kesadaran terhadap efisiensi dan keramahan terhadap lingkungan oleh HBAR nampaknya terlihat mulai naik kembali, yang berpotensi kembali mendorong harganya naik.

HBAR menggunakan sebuah sistem Hashgraph, yang bukan merupakan sebuah blockchain, namun memiliki sistem yang lebih unggul dari blockchain dalam masalah efisiensi.

Baca juga: Blockchain 3.0, Lebih Canggih dari Versi Sebelumnya!

Hal tersebut berhasil menarik ketertarikan dalam beberapa bulan terakhir dan akibat permasalahan lingkungan yang diungkit Elon Musk, HBAR diprediksi kembali naik.

Saat ini mayoritas developer juga terus meningkatkan ketertarikannya terhadap HBAR akibat dianggap sebagai platform dengan sistem yang cukup baik untuk sebuah jaringan.

Oleh karena itu, saat ini kemungkinan besar ketertarikan akan terus meningkat, bersama dengan sisi teknikal yang mendukung apresiasi.

Grafik Harian HBARUSD

Saat ini HBAR baru saja bergerak keluar dari zona depresiasinya yang membuat adanya potensi apresiasi lebih tinggi setelah menguji kembali zona depresiasi.

Kemungkinan besar HBAR akan menuju ke sekitar $0.269 sebelum bergerak naik kembali ke sekitar $0.33 hingga $0.41 dalam beberapa hari ke depan.

Namun, jika terus mengalami koreksi, tujuan berikutnya berada pada $0.24 yang dapat membawanya kembali ke zona depresiasi.

Perlu diingat bahwa analisis dalam artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading.

Melihat kondisi pasar yang relatif sedang turun, manajemen risiko perlu dilakukan untuk memastikan rencana investasi atau trading tetap aman.

Disclaimer

Perdagangan Digital Asset (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi, ketahui dan kelola risiko Anda dalam melakukan perdagangan Digital Asset. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa pengguna untuk membeli atau menjual Digital Asset, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Semua keputusan perdagangan Digital Asset merupakan keputusan independen oleh pengguna.

]]>
61544
Temukan Harga Terbaik untuk Swap Token dengan WardenSwap https://coinvestasi.com/press-releases/temukan-harga-terbaik-untuk-swap-token-dengan-wardenswap/ Mon, 17 May 2021 04:49:41 +0000 https://coinvestasi.com/?p=61547 Di tengah kepopuleran Binance Smart Chain yang diminati penggemar crypto ada satu hal yang patut jadi perhatian yakni soal proses swap atau tukar aset untuk bisa menikmati berbagai layanan yang ada di BSC.

Dalam proses swap ini pengguna perlu mengetahui berapa dana yang diperlukan dan dipotong dari proses tukar aset. Karena itu mencari pihak ketika untuk swap yang aman dan murah patut menjadi pertimbangan.

Salah satu layanan pertukaran swap yang ada di industri adalah WardenSwap yang berusaha memberikan nilai tukar terbaik di BSC bagi jutaan konsumen yang tersebar di berbagai negara.  

WardenSwap memiliki kesamaan dengan Google yakni dirancang dan sengaja dibuat untuk menjadi mesin pencari terbaik untuk DeFi. Pengguna dapat menemukan harga terbaik di pasar dengan menggunakan WardenSwap.

Proses Swap pada umumnya terjadi sebagai berikut, kamu memiliki token USDT, dan ingin menukarnya dengan BTCB. Namun, nilai tukar antara token BUSD / BTCB jauh lebih baik.

Kamu akan mendapatkan BTCB yang lebih besar jika terlebih dahulu menukar USDT dengan BUSD dan kemudian menukar BUSD yang diperoleh ke token BTCB yang diinginkan.

Kamu tentu bisa melakukan hal ini secara mandiri, hanya saja butuh waktu lama untuk mencari mana yang terbaik dan tidak dilakukan secara otomatis.  Dengan menggunakan  WardenSwap proses ini akan jadi lebih mudah dan cepat dalam menemukan harga dan rute terbaik.

Motivasi WardenSwap antara lain adalah untuk mendukung kebutuhan pengguna untuk menemukan harga terbaik di Binance Smart Chain, memberikan layanan yang transparan dan terus bertumbuh hingga mendukung komunitas DeFi yang semakin besar.

Cara Kerja WardenSwap

Warden adalah platform pertukaran aset digital dengan menggunakan teknologi Blockchain yang mengandalkan Binance Smart Chain (BSC). Perbedaan besar dari swap lain di Binance Smart Chain adalah algoritma untuk menemukan harga terbaik untuk BSC secara otomatis.

Baca juga: Mengenal Binance Smart Chain yang Bikin Ethereum Terancam!

Warden bukan hanya pertukaran tetapi protokol yang dapat memberikan “API Tarif Terbaik” untuk mitra WardenSwap  yang ingin menggunakan teknologi warden sebagai bahan produk mereka dan mengembangkan ide mereka di atas Binance Smart Chain. Semua faktor untuk keuangan desentralisasi yang dapat digunakan secara luas telah dimasukkan ke dalam protokol.

WardenSwap juga mendukung swap dengan rute terpisah, yang akan membagi token yang ingin ditukar menjadi beberapa bagian dan ditukar ke berbagai cara di pool yang berbeda  di semua DEX gabungan secara bersamaan. Strategi ini tidak hanya mengurangi dampak harga tetapi juga memaksimalkan token yang inginkan.

Contohnya, kamu memiliki 1 juta BUSD dan ingin diswap ke BNB, jika menggunakan DEX biasa kamu dana yang dibutuhkan akan lebih besar. Dengan layanan WardenSwap yang menyajikan swap rute terpisah ini akan jadi lebih murah dan potensi koin BNB yang didapatkan jauh lebih maksimal. Semua ini bisa dilakukan cukup dengan kllik tombol Swap di  Wardenswap.finance

Kesimpulannya, WardenSwap bukan hanya DEX biasa. Ia  memiliki teknologi Alien untuk menemukan strategi perdagangan terbaik bagi pengguna. Dengan layanan satu atap nya, pengguna  dapat menghemat waktu dan mendapatkan keuntungan maksimal dalam beberapa klik.

]]>
61547
FTX Bermitra dengan Circle untuk Pendanaan Akun Fiat Komprehensif https://coinvestasi.com/press-releases/ftx-bermitra-dengan-circle-untuk-pendanaan-akun-fiat-komprehensif/ Sun, 16 May 2021 10:37:00 +0000 https://coinvestasi.com/?p=61539 FTX salah satu bursa derivatif terbesar di dunia umumkan kerja sama dengan Circle.

FTX memperkenalkan pendanaan berbasis kartu untuk akun pelanggan FTX dan Blockfolio, ACH yang ada, dan setoran wire transfer yang dibangun di atas Circle AP.

Dengan kemitraan ini maka  pelanggan Blockfolio dan FTX dapat menyetor mata uang fiat menggunakan kartu kredit atau debit ke akun online mereka dengan penyelesaian instan dalam USD Coin (USDC).

Baca juga: Semakin Ramai dan Terkenal, FTX Raih Volume Perdagangan $400 Miliar

Dengan peluncuran ini, FTX dan Blockfolio menawarkan salah satu pengalaman fiat-ke-kripto yang paling komprehensif di industri. Dengan pendanaan akun berbasis kartu yang kini tersedia untuk pelanggan di hampir 200 negara di seluruh dunia.

Trading Bitcoin Daftar di FTX
Selain itu, USDC dapat digunakan di FTX dan Blockfolio di jaringan Ethereum dan Solana. Blockfolio enawarkan pembayaran dan penyelesaian USDC on-chain berkecepatan tinggi dan murah.

“FTX terus membuat dunia terkesan dengan eksekusi dan inovasi yang sangat cepat, menjadikannya salah satu perusahaan paling tangguh dalam ekosistem kripto global,” kata Co-founder dan CEO Circle Jeremy Allaire.

Ia menambahkan, “ Dengan kolaborasi terbaru kami, kami terus meningkatkan pengalaman pelanggan untuk pembayaran dan perdagangan kripto, dan kami sangat senang untuk terus membangun bersama dengan Sam dan tim FTX.”

FTX didirikan pada 2017 sebagai pertukaran bagi para trader, oleh para trader. Sejak itu berkembang untuk menampung ratusan miliar dolar dalam volume perdagangan tahunan.

FTX Temukan Mitra yang Kuat

FTX juga memimpin dalam memperkenalkan produk keuangan baru ke industri perdagangan kripto, termasuk kontrak abadi dan berjangka, token saham, dan pasar prediksi berdasarkan peristiwa dunia nyata.

Baca juga: FTX Dobrak Batasan Pasar Saham dan Aset Kripto

“Circle telah menjadi pelopor dalam membuat fiat berfungsi pada blockchain selama hampir delapan tahun dan telah membangun kemampuan yang mendalam untuk memudahkan pembayaran dalam crypto,” kata Co-founder dan CEO FTX Sam Bankman-Fried.

Menurutnya Circle bergerak dengan kecepatan kripto, dan sebagai salah satu bursa kripto yang tumbuh paling cepat di dunia. FTX telah menemukan mitra yang sangat kuat untuk membangun perkembangan platform dan adopsi kripto di dunia.

Sebagai mata uang digital dolar yang tumbuh paling cepat, dicadangkan dan diatur sepenuhnya, USDC secara alami cocok untuk platform FTX. Blockfolio pun menawarkan penyelesaian hampir instan, kompatibilitas multichain, dan keamanan berbasis blockchain yang tidak dapat ditandingi oleh konfigurasi teknologi keuangan tradisional.

USDC diadopsi dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya, dengan pertumbuhan kapitalisasi pasar tahunan lebih dari 700% pada tahun 2021.

]]>
61539
Karena DeFi, Pangsa Crypto Mengisi Lebih dari 2% Suplai Uang Beredar Global https://coinvestasi.com/berita/pangsa-crypto-mengisi-lebih-dari-2-suplai-uang-beredar-global/ Sun, 16 May 2021 04:22:10 +0000 https://coinvestasi.com/?p=61535 Keuangan terdesentralisasi tahun ini (DeFi) telah terbukti menjadi sektor transformatif bagi ekosistem cryptocurrency. Ini juga membuat gelombang di antara pasar keuangan global. Sebab investor institusi terlihat tertarik dengan potensi untuk mendapatkan hasil tinggi pada stablecoin, altcoin, dan Bitcoin.

Sementara aksi harga dari Dogecoin (DOGE) telah mendominasi berita utama dalam beberapa minggu terakhir. Delphi Digital telah mencatat pertumbuhan ekosistem DeFi di jaringan Ethereum (ETH) yang terus mendapatkan kekuatan selama sebulan terakhir.

Performa Ethereum DeFi dari tahun ke tahun. Sumber: Delphi Digital

Menurut peneliti Delphi Digital yang dikutip dari Cointelegraph, untuk sementara ini sebagian besar pertumbuhan terjadi pada platform DeFi berbasis Ethereum.

Protokol di seluruh ekosistem teratas termasuk Ethereum, BSC, Solana (SOL), Avalanche (AVAX), Polygon (MATIC) dan Terra (LUNA) telah dimulai untuk mendapatkan daya tarik dan sekarang menyumbang 34% dari total nilai yang terkunci di DeFi.

Baca juga: Apa Itu DeFi ? (Pahami DeFi dalam Waktu 3 Menit!)

Ekosistem BSC adalah ekosistem DeFi dengan pertumbuhan tercepat kedua di belakang Ethereum. Sebagian berkat hubungannya dengan ekosistem Binance yang memiliki sumber daya yang sangat besar untuk membantu memulai protokol aslinya dengan baik.

Baca juga: Mengenal Binance Smart Chain yang Bikin Ethereum Terancam!

Venus (XVS), PancakeSwap (CAKE) dan PancakeBunny (BUNNY) adalah tiga protokol DeFi teratas di BSC dan total nilai yang terkunci di jaringan berjumlah $49,1 miliar. Secara kolektif, semua ekosistem lapisan-1 sekarang telah melampaui $130 miliar dalam nilai total valuasi yang terkunci (TVL).

Stablecoin Membentuk Fondasi di DeFi

Menurut Delphi Digital, stablecoin asli DeFi telah memainkan peran utama dalam pertumbuhan ekosistem. Mereka menyumbang hampir $10 miliar dari total kapitalisasi pasar.

Pasokan yang beredar Dai (DAI) baru-baru ini melampaui angka $4 miliar untuk menetapkan dirinya sebagai stablecoin DeFi terbesar. Sementara UST adalah penantang yang meningkat pesat dari ekosistem Terra.

Kapitalisasi pasar stablecoin di DeFi. Sumber: Delphi Digital

Dari perspektif pasar yang lebih luas, peningkatan suplai yang beredar dari proyek-proyek stablecoin teratas (USDT dan USDC) selanjutnya telah membantu meningkatkan nilai sektor crypto secara keseluruhan dengan menyediakan cara sederhana bagi dana baru untuk memasuki pasar.

Untuk menyoroti pentingnya pertumbuhan dalam ekosistem mata uang kripto, Delphi Digital menunjukkan jumlah uang beredar atau M2 global .

Karena keuntungan yang diperoleh di seluruh ekosistem cryptocurrency sejak pertengahan 2020. Kapitalisasi pasar kumulatif pasar crypto sekarang lebih dari 2% dari suplai uang M2 global dengan Bitcoin (BTC) saja yang menyumbang 1%. Secara kolektif, sisa pasar crypto menyumbang sekitar 1,2% dari suplai uang global.

]]>
61535
Apa itu Bittorent (BTT)? Panduan Lengkap untuk Pemula https://coinvestasi.com/belajar/apa-itu-bittorent-btt-panduan-lengkap-untuk-pemula/ Sat, 15 May 2021 10:27:00 +0000 https://coinvestasi.com/?p=61531 Token BTT ini sempat ramai dibicarakan di berbagai komunitas crypto, BTT juga masuk ke top gainers di Binance.  BTT pun masih terbilang murah karena harga satu tokennya masih di ratusan rupiah.

Selain itu market capnya masih terbilang  kecil hingga menengah karena ada di posisi 34 menurut Coinmarketcap. 

BTT  ini mengalami popularitas yang cukup meningkat ketika Justin Sun mempromosikannya. BTT pun kenyataannya memiliki kaitan dengan Justin Sun yang  sudah lebih dulu memiliki TRON.

Apa itu Bittorrent dan mengapa proyek ini ramai dibicarakan? Selengkapnya….

Mengenal Bittorrent (BTT)

Bittorrent ini adalah platform online tempat pengguna dapat mengunduh file besar dengan bandwidth internet rendah. Ia adalah platform yang open source, artinya siapa pun dapat mengubah atau mendistribusikan kembali kode file asli yang ada di platform karena mereka bisa mengakses secara bebas dan mendownload file yang ada. BitTorrent pertama kali diciptakan oleh programmer bernama Bram Cohen.

Proyek Bittorrent ini hampir mirip dengan Utorrent yang sama-sama menyediakan layanan untuk mengunduh file, melihat informasi kecepatan unduhan punya tracker atau pelacak dan tampilannya yang mirip.

Namun bedanya Bittorrent jauh lebih aman karena tidak ada iklan dari pihak ketiga di situs webnya. Sedangkan Utorrent memiliki iklan yang cukup mengganggu dan berisiko membahayakan privasi pengguna yang mengklik iklan tersebut.

Baca juga: BTT Naik 30% Lebih Membentuk Harga Tertinggi Baru, Ini Penyebabnya

Bittorrent sendiri hadir dengan tujuan untuk menyediakan jaringan yang mampu mendistribusikan file musik, program perangkat lunak dan produk digital lainnya secara luas.

Pengguna dapat mengunduh file dengan meminta salinan file dari server. Transfer ini diatur oleh seperangkat aturan seperti File Transfer Protocol atau HyperText Transfer Protocol. Teknologi ini akan meningkatkan kecepatan pengunduhan kecuali jika file tersebut memiliki permintaan dan lalu lintas yang tinggi di server.

Berbeda dari berbagi file standar, peer-to-peer sharing  ini akan menempatkan komputer dengan file yang diinginkan menggunakan program perangkat lunak, bukan browser web pengguna.

Dengan berbagi file dengan komputer lain, yang disebut “rekan”, kamu dapat mengunduh dari komputer mana pun dengan menjalankan perangkat lunak berbagi file dan menghubungkan ke internet.

Satu-satunya cara untuk menggunakan BitTorrent adalah dengan mengunduh perangkat lunak klien BitTorrent, yang gratis untuk siapa saja. Setelah itu kamu bisa  mengunduh perangkat lunak lainnya misalnya Googlenya Bittorrent yakni TorrentSpy dan isoHunt yang bertujuan  untuk menemukan file BitTorrent. Di sini kamu bisa menemukan musik, video, buku dan lainnya.

Setelah pengunduhan selesai, kamu dapat memilih untuk membiarkan komputer  terhubung ke sistem agar rekan-rekan lain meminta akses ke file yang  kamu berikan di situs tersebut.

BitTorrent sejauh ini merupakan protokol berbagi file terbesar di dunia, dengan beberapa perkiraan mengklaim lebih dari 20% lalu lintas internet terkait dengan BitTorrent. 

Melihat peluang itu, Justin Sun dari Tron pun mengakuisisi Bittorrent seharga 140 juta dollar Amerika, dan kemudian Tron pun meluncurkan token TRC-10 untuk Bittorrent dan lahirlah token Bittorrent yang bernama BTT. 

Beda Bittorent dan Download Biasa

Diproses download biasa, setiap komputer yang mendownload data dapat mendownloadnya dari server pusat halaman web jadinya gak terdesentralisasi karena cuma bisa dipusat dan makin banyak yang download biasanya malah makin lama.

Sedangkan kalau BitTorrent kan merupakan protokol peer-to-peer, yang berarti bahwa komputer dalam “swarm” BitTorrent  atau sekelompok komputer yang mengunduh dan mengunggah torrent yang sama dan mentransfer data antara satu sama lain tanpa memerlukan server pusat.

Tidak seperti beberapa metode pengunduhan peer-to-peer lainnya, BitTorrent adalah protokol yang memindahkan beberapa pekerjaan pelacakan file ke server pusat (disebut tracker).

Perbedaan lainnya adalah ia menggunakan prinsip yang disebut tit-for-tat. Artinya untuk menerima file, kamu harus memberikannya. Dengan BitTorrent, semakin banyak file yang kamu bagikan dengan orang lain, semakin cepat unduhan yang bisa kamu lakukan.

Terakhir, untuk memanfaatkan bandwidth Internet yang tersedia atau saluran untuk transmisi data dengan lebih baik, BitTorrent mengunduh berbagai bagian file yang kamu inginkan secara bersamaan dari beberapa komputer.

Cara Kerja Bittorrent

Untuk memulai mendownload dari sebuah torrent dibutuhkan aplikasi downloader khusus yang mendukung protokol Bittorrent yang disebut dengan Bittorrent client, contohnya Utorrent atau Bittorrent.

Setelah menginstal aplikasi tersebut, maka secara otomatis ekstensi .torrent akan terdaftar di sistem, sehingga bila anda ingin memulai download cukup dengan mengklik dua kali file torrent tersebut.

Jika sudah diunduh, maka secara otomatis komputer akan  bergabung dengan kawanan BitTorrent dengan memuat file .torrent ke BitTorrent Client. Kemudian BitTorrent Client akan  menghubungi “pelacak atau tracker” yang ditentukan dalam file berekstensi torrent. 

Tracker  ini adalah server khusus yang selanjutnya akan membantu perangkat lunak klien menukar bagian file yang kamu inginkan dengan komputer lain dalam kumpulan.

Setelah terhubung, BitTorrent klien mengunduh potongan-potongan kecil file yang disebut Pieces di torrent, nah kemudian Tracker akan mengarahkan pengguna kepada komputer yang memiliki seluruh pieces dari file tersebut, komputer tersebut disebut sebagai seeder.

Tracker kemudian menginstruksikan seeder agar membagi file yang telah ia download tersebut ke komputer pengguna yang disebut sebagai leecher.  

Ketika  kamu terus menjalankan perangkat lunak klien BitTorrent setelah unduhan selesai, orang lain dapat menerima file .torrent dari komputer kamu; tingkat unduhan kamu di masa mendatang pun akan meningkat karena peringkat kamu lebih tinggi dalam sistem “tit-for-tat”.

Metode ini membantu memecahkan masalah umum dengan metode pengunduhan peer-to-peer lainnya. Dengan mengunduh file banyak bagian pada saat yang sama, kecepatan keseluruhan akan meningkat pesat.

Semakin banyak komputer yang terlibat dalam kumpulan, semakin cepat transfer file terjadi karena ada lebih banyak sumber dari setiap bagian file. Karena alasan ini, BitTorrent sangat berguna untuk file besar dan populer.

Token Bittorrent (BTT)

Selanjutnya kita bahas mengenai token BTT, dari sudut pandang teknologi, token BTT bertujuan untuk menggabungkan kekuatan dari dua solusi utama yang ditemukan pada intinya adalah  Protokol BitTorrent (BT) dan TRON, dengan token BTT yang didasari token TRC-10.

Protokol BT inilah yang mempertemukan berbagai penyedia layanan online. Seperti Situs torrent, yang melacak metadata tentang file bersama dan berfungsi sebagai gerbang ke torrent, pelacak atau tracker  yang digunakan untuk memperkenalkan rekan.

Dalam kumpulan komputer, penyedia layanan yang menerima token BTT dapat berupa seed (pengguna dengan file yang diunduh sepenuhnya yang merupakan bagian dari torrent) atau rekan (pengguna dengan sebagian salinan file yang diinginkan).

Tim BTT sendiri menaruh kepercayaan pada ukuran ekosistem BitTorrent yang saat ini disinyalir memiliki sekitar 1 miliar perangkat yang digunakan.

Token BTT harus dipastikan hanya memiliki sekitar 990 BTT per perangkat secara teori dari pasokan yang direncanakan sebesar 990 miliar token.

Token BTT ini akan dikirimkan sebagai bagian dari airdrop bulanan yang diselenggarakan oleh tim Tron. Mulai Februari 2019 hingga kurang lebih berakhir pada Februari 2025. Kalau kamu gak kebagian Airdrop  kamu bisa beli BTT di berbagai exchange yang ada.

Kalau kamu  ingin menyimpan di wallet terpisah dari exchange kamu juga bisa pakai Tron Wallet yang sudah mendukung TRC-10 dan bisa jadi media untuk penerimaan airdrop BTT.

Melampaui aplikasi langsungnya, token BTT juga harus menjembatani blockchain TRON dan jaringan BitTorrent untuk memberikan fitur yang dijanjikan dari internet “baru” dan lebih terdesentralisasi.

Konsep web terdesentralisasi adalah inti dari Project Atlas yang juga melahirkan token BTT. Pengenalan token kripto ini  dapat menjadi langkah jangka panjang dalam urusan mengirim file-file besar melalui platform online.

Di antaranya untuk Layanan pengiriman konten terdesentralisasi yang akan  memungkinkan pemohon layanan (rekan) untuk mengiklankan tawaran dan menggunakan token BTT untuk membayar bandwidth dan mendapatkan konten yang diinginkan.

Ekosistem token BTT di masa depan juga harus menampilkan layanan penyimpanan terdesentralisasi. Ini akan memungkinkan pemohon layanan untuk menggunakan token mereka untuk membayar penyimpanan data

Terakhir, berbagai layanan yang ditawarkan juga akan mencakup sistem proxy terdesentralisasi yang akan memungkinkan pemohon layanan membayar pengguna tertentu untuk pengambilan konten berbasis URL.

Ini dipandang sebagai opsi yang berpotensi menarik bagi pengguna yang ingin menghindari kontrol jaringan IP, serta untuk pengguna seluler yang mengandalkan Wifi.

]]>
61531
5 Proyek NFT Yang Harus Kamu Ketahui https://coinvestasi.com/belajar/5-proyek-nft-yang-harus-kamu-ketahui/ Sat, 15 May 2021 03:13:00 +0000 https://coinvestasi.com/?p=61526 NFT tahun ini memiliki popularitas yang luar biasa, karena itu mulai banyak yang tertarik dan ingin memiliki NFT yang unik dan langka. Di antara banyaknya NFT di luar sana, ada lima proyek NFT yang perlu kamu ketahui di industri. Selengkapnya…

Baca juga: 3 Alasan Ini Sebabkan Token NFT Semakin Populer

1. Beeple NFT

Kamu mungkin sudah pernah mendengar tentang NFT ini. Seniman digital Mike Winkelmann, lebih dikenal sebagai Beeple, telah menyapu dunia seni dengan menjual NFT seharga  69 juta ETH. Penjualan tersebut difasilitasi oleh rumah lelang Christie’s. Beeple sebelumnya tidak menjual cetakan seharga lebih dari $100 dan dalam semalam menjadi salah satu seniman hidup dengan nilai tertinggi di dunia.

Alasan di balik karyanya begitu dihargai karena Beeple sudah memiliki basis penggemar yang besar berkat serialnya, di mana dia membuat dan mengunggah karya seni setiap hari.

Baca juga: Karya Seni Beeple Pecahkan Rekor Harga Token NFT Termahal di Dunia

Rupanya, dia tidak pernah melewatkan satu hari pun dalam 14 tahun terakhir. Karya itu sendiri berjudul “Everydays – The First 5000 Days”, dan itu adalah kolase dari karya seninya sejak 5000 hari pertama proyek tersebut.

2. NBA Top Shot

Pada Maret 2021, NBA Top Shot adalah salah satu proyek  paling sukses di luar sana. Menurut dasbor data Block, NBA Top Shot memiliki pengguna terbanyak dari semua proyek NFT. Meskipun data ini tidak memperhitungkan proyek NFT yang lebih kecil, itu adalah prestasi yang mengesankan.

NBA Top Shot adalah proyek oleh Dapper Labs di mana pengguna dapat membeli paket karya seni digital unik yang menampilkan momen NBA terkenal sebagai NFT. Merek NBA jelas merupakan faktor yang signifikan dalam membuat NFT ini sukses di pasaran. Aspek lainnya mungkin pengalaman pengguna.

NBA Top Shot sama sekali tidak terasa seperti produk blockchain, yang menurunkan penghalang masuk bagi kebanyakan orang. NBA Top Shot menghindari hal ini dengan melepaskan aspek desentralisasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Kemungkinan banyak pengguna bahkan tidak tahu bahwa mereka sama sekali menggunakan produk berbasis blockchain.

3. Cryptopunks

Cryptopunks adalah salah satu NFT paling awal yang pernah ada di Ethereum. Mereka telah tersedia selama bertahun-tahun dan memiliki minat yang bisa dibilang stagnan hingga akhirnya trend NFT meledak tahun ini, nama Cryptopunks pun terangkat kembali. Cryptopunks adalah proyek oleh Larva Labs. Ini menampilkan 10.000 ‘karakter’ unik tertagih di Ethereum. Semua karakter unik dan hanya dicetak dalam satu edisi.

Saat peluncuran, masing-masing dapat diklaim secara gratis oleh siapa saja yang memiliki dompet Ethereum. Pada tahun 2018, kamu dapat membelinya dengan harga rata-rata 50-100 USD. Namun, pada tahun 2021, harga-harga tersebut telah meledak. Pada Maret 2021, yang paling mahal telah terjual seharga 4.200 ETH.

4. Axie Infinity

Axie Infinity adalah game blockchain di mana pemain dapat membiakkan hewan peliharaan virtual bernama Axies. Kamu menganggapnya sebagai kombinasi Pokémon dan CryptoKitties. Pemain memiliki dan mengontrol hewan peliharaan ini, atau mereka dapat menukarnya dengan pemain lain. Mereka dapat melawan monster bersama dalam mode Petualangan atau saling berhadapan dalam pertempuran PvP (pemain vs pemain).

Adapun latar belakang teknis, Axies mengikuti standar ERC-721 di Ethereum. Permnainan ini juga menampilkan item dan tanah, yang semuanya adalah NFT. Axie Infinity telah menjadi salah satu game NFT paling populer di Ethereum. Dengan peluncuran sidechain Rhonin, biaya gas yang tinggi juga seharusnya tidak terlalu menjadi masalah bagi para pemain.

5. Decentraland

Decentraland adalah game realitas virtual berbasis blockchain. Pemain dapat mengembangkan dan memperdagangkan LAND, tanah virtual yang diwakili oleh token ERC-721. Setiap bagian dari TANAH itu unik, dan pemiliknya dapat memilih konten apa yang ingin mereka isi dengan tanah mereka. Ini bisa berkisar dari adegan sederhana hingga permainan interaktif.

Pemain dapat membeli LAND dengan token asli platform, MANA. Dalam beberapa hal, Decentraland memiliki ekonominya sendiri, di mana pemain dapat berinteraksi satu sama lain dalam berbagai cara dan memonetisasi aktivitas mereka.

Baca juga: 10 NFT Termahal yang Pernah Dijual, Ada yang Berharga Triliunan!

Tidak seperti game realitas virtual serupa lainnya seperti Second Life, bagaimanapun, Decentraland sepenuhnya dikendalikan oleh serangkaian aktor yang terdesentralisasi.


Tidak dapat dipungkiri bahwa barang koleksi digital akan terus ada. Jika ada, pasar NFT hanya akan menjadi lebih populer. Meski begitu, dalam jangka waktu yang cukup lama, kemungkinan sebagian besar NFT akan menjadi nol.

Selain itu, likuiditas untuk NFT bekerja jauh berbeda dari likuiditas yang biasa kamu gunakan di pasar seperti BTC / USD, jadi berhati-hatilah saat mempertimbangkan untuk memilih NFT yang ingin kamu miliki.

]]>
61526
Cara untuk Lindungi Dana dari Scam yang Ada di DeFi https://coinvestasi.com/belajar/cara-untuk-lindungi-dana-dari-scam-yang-ada-di-defi/ Fri, 14 May 2021 10:50:00 +0000 https://coinvestasi.com/?p=61522 Industri DeFi sedang berkembang pesat, namun, ini juga secara substansial meningkatkan jumlah eksploitasi di ruang DeFi sejak saat itu. Pada 2020 DeFi  mengalami peretasan hingga $120 juta yang mengenai 15 proyek DeFi.  Penipuan yang paling umum terjadi di DeFi beberapa di antaranya adalah:

Peretasan dan Eksploitasi

Ini tanpa diragukan lagi adalah sesuatu yang harus diperhatikan. Ruang DeFi adalah tempat bermain bagi para peretas yang mencari setiap celah kecil dalam berbagai protokol untuk dieksploitasi dan menghasilkan uang sebanyak mungkin. Misalnya, salah satu peretasan terbaru adalah DODO pertukaran terdesentralisasi.

Seperti yang dilaporkan CryptoPotato, beberapa kumpulan kerumunan V2 yang termasuk dalam bursa dieksploitasi, dan peretas berhasil mencuri $3,8 juta.

Baca juga: Apa Itu DeFi ? (Pahami DeFi dalam Waktu 3 Menit!)

Exit Scam

Exit Scam juga merupakan sesuatu yang harus diperhatikan. Mereka terjadi ketika tim di belakang proyek tertentu menghilang, membawa uang para investor bersama mereka, tidak menyisakan apa pun untuk dilihat. Penipuan ini paling sering terjadi selama putaran investasi awal.

Misalnya, sebuah proyek mungkin mempromosikan penjualan pribadi di mana investor mendapatkan banyak uang sebelum token mereka memasuki pasar publik.

Sayangnya, dalam kasus tertentu, proyek tidak pernah mencapai tahap itu karena tim melakukan “exit scam” dan mendapatkan uang yang mereka terima dari investor awal.

Baca juga: Cara Menghindari ICO Scam

Rug Pulls

Ini juga bisa dibilang diklasifikasikan sebagai exit scam. Namun, mereka berbeda karena tim tidak mendapatkan uang yang diinvestasikan pengguna dalam putaran presale melainkan mencantumkan token di bursa terdesentralisasi (seperti Uniswap, SushiSwap, PancakeSwap, dll.) Dan kemudian menunggu cukup banyak orang untuk masuk ke sana dan memberikan likuiditas ke pool.

Setelah mereka mengumpulkan cukup banyak orang dan, masing-masing, dana, tim akan “menarik” likuiditas dari DEX, mengumpulkan semua saham di dalamnya.

Sekarang PancakeSwap, DEX terbesar di Binance Smart Chain, juga telah menjadi tempat bermain bagi penipu semacam ini. Contoh terbaru datang dari sebuah proyek bernama TurtleDex, yang menghasilkan $ 2,5 juta di BNB.

Setelah kita mengetahui peretasan yang terjadi di DeFi, sekarang kamu dapat menghindari dan meminimalisir risiko agar tidak menjadi korban. Ada beberapa tips untuk menghindari penipuan atau peretasan di ekosistem DeFi.

Periksa Tim

Sebelum kamu mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam sebuah proyek, salah satu hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah siapa di baliknya. Tentu saja, ada banyak perbedaan dalam hal ini.

Pertama, jika kamu melihat bahwa proyek memiliki halaman “tentang kami” di mana anggota tim inti tidak dapat diandalkan atau telah memberikan profil LinkedIn palsu yang dibuat beberapa minggu yang lalu tanpa koneksi atau riwayat sebelumnya, ini seharusnya menjadi peringatan besar.

Selalu berusaha mencari tahu sebanyak mungkin tentang orang-orang di balik proyek pekerjaan apa yang telah mereka lakukan sebelumnya? Bisakah identitas mereka diverifikasi?

Apakah mereka pernah terlibat dalam proyek sebelumnya? Ada berbagai macam jawaban yang harus Anda dapatkan sebelum terjun dan membuang uang Anda.

Sekarang, ada tren yang berkembang di ruang DeFi di mana pengembang tetap anonim. Ada perdebatan di industri cryptocurrency, apakah ini bagus atau tidak. Namun demikian, meskipun tim tersebut anonim, masih banyak hal yang dapat kamu lakukan dan melakukan penelitian yang tepat.

Misalnya, kamu dapat bergabung dengan saluran komunitas mereka di Telegram dan mulai mengajukan pertanyaan. Jika kamu melihat mereka mulai menjawab dengan jawaban yang umumnya meragukan seperti “informasi ini akan tersedia setelah penjualan token”, atau mereka mulai bertindak agresif,  sebaiknya kamu pertimbangkan kembali untuk mundur berinvestasi.

Penasihat dan Dana yang Dikenal

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah daftar penasehat dan investor di babak awal. Proyek dengan penasihat terkenal umumnya jauh lebih dapat diandalkan, dan hal yang sama berlaku untuk investor mereka.

Jika proyek gagal mengungkapkan daftar investor awal dan tidak memberikan informasi apa pun tentang penasihatnya ini mungkin akan menjadi tanda bahaya. Ini, ditambah dengan tim yang sepenuhnya anonim, pasti akan membunyikan alarm.

Teliti Produk

Berinvestasi dalam proyek DeFi harus dibenarkan dengan manfaat yang sama seperti dalam investasi lainnya. Kamu perlu melihat ke dalam produk dan menentukan apakah kamu  melihat jalur di mana produk ini benar-benar berfungsi.

Kamu juga harus melihat keseluruhan materi yang telah disediakan oleh tim sejauh ini. Jika kamu hanya melihat situs web dasar yang dikodekan di WordPress dalam beberapa jam dengan whitepaper 1 halaman dan tidak ada peta jalan yang jelas, tinggalkan.

Siapa pun yang meminta investasi yang serius harus melalui kesulitan dalam menyiapkan bahan dek profesional, menjelaskan dengan jelas manfaat produk, tantangan pasar, dan bagaimana mereka berencana untuk mengatasinya.

Periksa Smart Contract Public

Setiap proyek berbasis DeFi dilengkapi dengan kontrak pintar atau smart contracts.  Kamu harus melihat apakah tim telah mempublikasikan kontrak pintar mereka. Ini memungkinkan kamu (atau pakar) untuk memverifikasi keasliannya, serta menjelajahi celah potensial dan vektor serangan.

Sekarang, ada poin yang harus dibuat bahwa sebuah tim tidak akan mempublikasikan kontrak pintar mereka karena pertimbangan bercabang di mana orang lain mungkin mengambilnya dan memonetisasinya lebih cepat.

Namun, aturan umum  ada baiknya hanya berinvestasi dalam proyek dengan kontrak pintar pribadi, selama tim di belakangnya sepenuhnya diverifikasi, bereputasi baik, dan dapat diandalkan dengan rekam jejak yang terbukti.

Jika kamu melihat tim tersebut sepenuhnya anonim, produk mereka meragukan, dan kontrak pintar mereka tidak bersifat publik, lebih baik kamu meninggalkannya.

Distribusi Token & Kapitalisasi Pasar Awal

Sebelum berinvestasi dalam proyek DeFi yang baru lahir, pastikan untuk memeriksa bagaimana token didistribusikan. Jika kamu  melihat bahwa tim di belakangnya akan tetap memiliki sebagian besar token yang beredar, ini seharusnya menjadi peringatan.

Selain itu, kamu harus memastikan untuk memeriksa periode vesting. Jika tidak ada dan semua token dibuka kuncinya selama acara pembuatan token,  kamu mungkin harus mempertimbangkan kemungkinan  exit scam karena tidak ada yang menghentikan tim untuk membuang koin mereka ke pasar.

Inilah sebabnya mengapa proyek yang memiliki reputasi baik memiliki jadwal vesting yang berbeda di mana tim, serta  seed investor dan penjualan swasta, membuka kunci token mereka secara berkala dan tidak sekaligus.

Dalam hal kapitalisasi pasar awal, proyek dengan penilaian pasar awal yang lebih kecil memiliki peluang lebih besar untuk memberikan pengembalian yang lebih tinggi. Tentu saja, semakin besar kapitalisasi pasar, semakin kecil potensinya untuk pengembalian yang tidak proporsional.


Itu dia beberapa hal yang harus diperhatikan ketika berinvestasi dalam proyek berbasis DeFi. Hal penting untuk diingat adalah bahwa semua hal di atas harus diperiksa bersamaan.

]]>
61522
Semakin Ramai dan Terkenal, FTX Raih Volume Perdagangan $400 Miliar https://coinvestasi.com/press-releases/ftx-raih-volume-perdagangan-400-miliar/ Fri, 14 May 2021 03:00:00 +0000 https://coinvestasi.com/?p=61518 FTX, platform perdagangan aset digital yang diluncurkan dua tahun lalu oleh Sam Bankman-Fried, melaporkan telah menangani volume yang cukup bulan lalu untuk menjadikannya salah satu bursa crypto terbesar di dunia.

FTX membukukan lebih dari $400 miliar volume perdagangan pada bulan April. Jumlah itu sekitar $14 miliar per hari dan menandai peningkatan 25 kali lipat dari periode yang sama tahun lalu.

“Beberapa tahun yang lalu, kami melihat keadaan pertukaran crypto dunia dan mengidentifikasi celah di pasar untuk platform yang andal dan aman yang cukup kuat untuk memenuhi kebutuhan pedagang institusional dan  pedagang lainnya. Dua tahun kemudian, FTX telah memantapkan dirinya sebagai bursa kripto terkemuka yang menawarkan produk inovatif dan terdepan di industri,” kata Bankman-Fried pendiri FTX.

Baca juga: FTX Dobrak Batasan Pasar Saham dan Aset Kripto

Bankman-Fried, 29, terjun ke crypto setelah menyelesaikan tugas tiga tahun di perusahaan perdagangan kuantitatif Jane Street Capital dan memulai Alameda Research, sebuah perusahaan perdagangan, pada akhir 2017.

FTX saat ini memiliki sekitar satu juta pengguna terdaftar, meskipun untuk saat ini pengguna Amerika belum bisa menggunakan layanan FTX.

FTX Gencar Melakukan Promosi

Bursa ini diketahui semakin gencar untuk melakukan promosi dan mengenalkan layanan yang mereka miliki. Diantaranya adalah bermitra dengan klub basket Miami Heat dan menjadikan stadion mereka menjadi FTX Arena selama beberapa tahun ke depan.

Bursa ini juga merekrut mantan eksekutif penjualan valas dari HSBC, salah satu bank terbesar di Inggris. Ia adalah Jonathan Cheesman, yang menjadi kepala penjualan forex untuk hedge fund dan bank di London.

Trading Bitcoin Daftar di FTX
Cheesman bergabung dengan FTX sebagai perantara keuangan tradisional dan pengguna kripto. Perekrutan ini merupakan langkah dari FTX untuk bersiap melayani lembaga keuangan tradisional.

Baca juga: Bursa Crypto FTX Rekrut Eksekutif HSBC untuk Layanan Lembaga Keuangan Tradisional

Bursa ini juga menjadi salah satu pionir untuk memperdagangkan token saham yang memudahkan para pengguna diberbagai negara yang diizinkan untuk melakukan jual-beli token saham terkemuka di Amerika tanpa harus menjadi warga asli negara tersebut.

Beberapa token saham yang bisa dibeli di FTX adalah dari Tesla, Amazon, Facebook, Apple, Twitter dan lain sebagainya. Ini pun menjadi layanan unggulan FTX karena mampu mendobrak batasan antara perdagangan saham dan crypto.

Semua bisa dilakukan di satu tempat dengan aplikasi atau website resmi FTX. Ke depannya FTX akan terus melakukan inovasi untuk menjadi bursa derivatif terbaik dunia dan melayani lebih banyak pengguna.

FTX sendiri merupakan bursa yang  sejak peluncuran dan  operasinya pada tahun 2019 telah tumbuh sangat signifikan dan merupakan pertukaran spot crypto terbesar keempat berdasarkan volume perdagangan.

]]>
61518