Altcoin Berita Featured

USD Coin, Stablecoin Pertama dari Circle

single-image

Setelah selama empat bulan membahas tentang USD stablecoin, perusahaan teknologi dan pembayaran peer-to-peer asal Boston, Circle, akhirnya mengumumkan perilisannya.

Dikembangkan dengan bantuan dari konsorsium afiliasi perusahaan CENTRE, token digital yang didukung USD bernama USD Coin (USDC) secara resmi dirilis pada tanggal 26 September 2018. Memiliki nilai 1:1 dengan mata uang fiat, USDC sekarang sudah bisa digunakan untuk dibeli, jual, dan dikirim pada Circle Trade dan exchange Poliniex, yang diakuisisi oleh Circle awal tahun ini.

Menurut Sean Neville dan Jeremy Allaire, Co-Founder Circle, stablecoin ini akan digunakan sebagai sarana untuk merubah Dollar AS menjadi token agar memudahkan perpindahan nilai pada blockchain publik. USDC memungkinkan pengguna individu dan institusi untuk menyetorkan Dollar AS dari rekening bank dan merubahnya menjadi token yang dapat digunakan pada jaringan internet.

Baca Juga: Tren Stablecoin dalam Ekonomi Cryptocurrency

Seperti yang dikatakan Jeremy Allaire dalam sebuah interview:

Infrastruktur pasar seperti stablecoin akan menjadi dasar yang mendukung setiap aplikasi keuangan. Dasar tersebut harus sah, dapat dipercaya dan dibangun berdasarkan standar yang terbuka. Kami memecahkan berbagai masalah mendasar yang ada. Hal itu merupakan perbedaan yang sangat besar dari Tether, dan kami merasa pasar akan dengan cepat condong terhadap hal itu.

USDC sebagai stablecoin pertama yang dikembangkan oleh Circle, token ini tidak mudah berubah-ubah dibandingkan dengan cryptocurrency tradisional. USDC memecahkan banyak masalah, contohnya pengguna dapat menukar Bitcoin atau Ethereum mereka menjadi USDC daripada menariknya kembali menjadi mata uang fiat, sehingga akan memudahkan pengguna untuk membeli cryptocurrency lagi di kemudian hari.

Stablecoin juga merupakan solusi yang baik untuk menghindari institusi keuangan tradisional, karena Stablecoin memberikan penggunanya untuk mentransfer USDC ke pengguna lain tanpa perlu pihak ketiga seperti Bank.

Selain Poloniex, token ini juga akan tersedia pada exchange lainnya termasuk Huobi, OKEx, DigiFinex, CoinEx, KuCoin, Coinplig, dan XDAEX. Ditambah lagi, Circle telah bekerja sama dengan Kyber Network, IDEX, Radar Relay, dan Tokenlon pada level protokol, sementara dengan Dharma, Origin, BlockFi, MoneyToken, Melonport dan Centrifuge kerja sama dilakukan untuk peminjaman, investasi, dan pembayaran.

You may also like