Google Akhirnya Menghapus Larangan Iklan Bitcoin, Kenapa Ya?

Aulia Medina     Friday, September 28 2018

Raksasa mesin pencari Google akhirnya menghapus larangan untuk iklan yang berhubungan dengan bitcoin dan cryptocurrency, seperti dilaporkan CNBC.

Sebelumnya pada Maret 2018, Google melarang semua iklan yang berhubungan dengan cryptocurrency dalam platform-nya. Pelarangan ini untuk mengurangi jumlah scam yang dipromosi melalui platform pencarian, sekaligus melarang iklan dari bisnis cryptocurrency.

Baca juga: Alasan Google Menghapus Semua Aplikasi Mining Bitcoin di Play Store

Google, bersama dengan jaringan sosial Facebook, menghentikan larangan akan iklan cryptocurrency mulai Oktober. Hal ini terkait turunnya izin regulasi bursa cryptocurrency untuk membeli iklan di AS dan Jepang.

Keputusan penghapusan larangan iklan terkait bitcoin dalam mesin pencarian terbesar di dunia ini muncul setelah adanya bullish prediction untuk harga bitcoin minggu lalu.

Pelarangan sebenarnya merupakan cara Google untuk menangani bitcoin scam kelas kakap yang tidak terhitung lagi jumlahnya yang kemungkinan akan mempengaruhi value secara tiba-tiba. Google meyakini bahwa pihak otoritas di seluruh dunia (termasuk Amerika Serikat dan Jepang) akan membuat kemajuan nyata melawan kriminal crypto.

Ketika Google melarang layanan iklan terkait bitcoin, harga bitcoin turun hingga 10%. Selain itu, harga cryptocurrency besar lainnya pun cenderung rendah pada awal tahun ini.

Sumber: Forbes