Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Keuntungan Menggunakan Exchange Crypto Terdaftar Bappebti

anisa giovanny     Wednesday, June 3 2020

Aset crypto sudah mendapatkan pengakuan yang jelas melalui Bappebti yang dibawahi Kementrian Perdagangan sebagai intangible commodity yang layak dijadikan sebagai subjek perdagangan di bursa berjangka. Bitcoin dan aset crypto di Indonesia pun masuk ke dalam kategori khusus yakni digital asset: crypto asset.

Bagi Anda yang investasi dengan menggunakan aset digital karena sudah memiliki status yang jelas Anda dapat memilih exchange yang sudah terdaftar di Bappebti agar bisa trading dengan nyaman dan aman.

Hadirnya exchange legal yang sudah terdaftar di Bappebti juga memberikan berbagai keuntungan bagi pengguna yang memilihnya. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa didapatkan pengguna crypto jika memilih exchange legal.

Keuntungan Bagi Pengguna

Memiliki Perlindungan Nasabah yang Kuat

Pernah mendengar kasus peretasan exchange? Jika pernah maka Anda akan mengetahui bahwa banyak nasabah yang tidak bisa berbuat apa-apa dengan aset mereka yang hilang.

Hal ini tidak akan Anda alami jika menggunakan exchange terdaftar dan legal. Dengan terdaftar di bursa yang sudah diakui Bappebti jika sewaktu-waktu ada hal buruk yang terjadi pada exchange seperti peretasan atau hilangnya aset dengan mencurigakan.

Anda sebagai pengguna berhak melakukan langkah hukum yang dapat ditempuh. Seperti Bappebti membawa exchange ke pengadilan dan menuntuT ganti rugi dan mengembalikan dana nasabah yang hilang

Memiliki Gateway Rupiah

Jika Anda terdaftar di exchange luar negeri yang belum legal di Indonesia. Anda harus melakukan konversi sendiri untuk mengetahui berapa harga aset crypto yang ingin dibeli. Hal ini dikarenakan ascet crypto seringkali menggunakan USD sebagai harganya.

Tapi jika Anda terdaftar di excahnge legal, Anda bisa langsung mengetahui harga aset yang ingin dibeli dengan Rupiah. Biaya yang dikenakan untuk trading pun akan menggunakan rupiah. Sehingga pengguna mudah untuk mengkalkulasikannya. Selain itu, dengan menggunakan excahnge legal Anda bisa melakukan withdrawal aset ke rupiah dengan mudah dan cepat

Exchange Memiliki Keamanan

Bagi exchange terdaftar di Bappebti harus melalui serangkaian proses verifikasi untuk membuktikan bahwa keberadaan mereka layak dan bisa diakui oleh pemerintah.

Kemudian untuk mendapatkan status terdaftar, setiap exchange pun harus lulus berbagai tahap verifikasi seperti keamanan platform exchange itu sendiri, ada pula pemeriksaan latar belakang tim manajemen & legalitas perusahaan, dan sebagainya.

Sehingga sudah dipastikan exchange tersebut memberikan produk dan layanan yang terbaik untuk pelanggannya. Bursa yang terdaftar juga harus memiliki  ISO 27001 atau ISO Sistem Manajemen Keamanan Informasi, dimana berarti exchange telah memiliki sistem untuk mengamankan data user.

Oleh karena itu dengan Anda terdaftar di exchange legal, maka Anda memiliki tempat trading yang layak dan latar belakang perusahaan yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan.

Baca juga:   Daftar Platform Trading Bitcoin di Indonesia  

Keuntungan Bagi Exchange Terdaftar 

Kredibilitas dan Legitimasi

Terdaftarnya exchange di Bappabeti akan membuat bursa memiliki kredibilitas yang baik karena sudah berhasil melalui tahapan yang berlaku. Kemudian memiliki legitimasi untuk melakukan operasional perusahaan di Indonesia.

Bursa yang sudah terlegitimiasi ini antara lain adalah Pintu sebuah exchange yang menyediakan jual beli aset crypto dengan mudah menggunakan Aplikasi Pintu yang berfokus pada kemudahan dan kenyamanan pengguna dalam bertransaksi jual/beli aset crypto melalui smartphone.

Baca juga: Cara Mudah Daftar di Pintu

Selain Pintu, bursa yang sudah memiliki kredibilitas lainnya adalah Indodax, Luno, Rekeningku.com, Triv, UpBit, Tokocrypto, Zipmex.

Bursa memiliki legitimasi dan kredibilitas yang jelas tentu memiliki kepercayaan diri untuk mengembangkan usaha dan mengenalkan produknya pada masyarakat.

Kenaikan User dan Volume Perdagangan

Memiliki legalitas bisa membuat pengguna nyaman dan merasa aman untuk melakukan trading di exchange. Dengan begitu, akan terjadi peningkatan user dan volume perdagangan di bursa yang tentunya bisa mendatangkan keuntungan bagi perusahaan.

Leluasa Melakukan Edukasi

Di Indonesia keberadaa aset crypto masih terbilang baru dan tentunya dibutuhkan edukasi agar lebih banyak masyarakat yang mengenal keberadaanya.

Bagi exchange yang terdaftar tentu bisa melakukan edukasi dengan leluasa untuk mengenalkan aset crypto untuk meningkatkan adopsi yang lebih baik, karena mereka sudah memahami aturan yang berlaku. Ini juga sejalan dengan tujuan pemerintah untuk meningkatkan literasi keuangan digital khususnya dalam bidang investasi.


Dalam investasi aset crypto setiap pengguna tentu harus sadar dan berhati-hati dalam memilih exchange yang menjadi fasilitator untuk jalannya proses perdagangan aset. Oleh karena itu memilih exchange yang latar belakanganya jelas dan telah diakui oleh pemerintah bisa menjadi opsi yang baik karena memiliki beberapa keuntungan yang belum didapatkan oleh exchange yang belum terdaftar dan diakui.

Aturan mengenai aset digital atau komoditas berjangka dapat Anda dapatkan di sini

Artikel Terkait

 Lihat Lebih