Binance Kebobolan, 7000 BTC Raib!

By Dhila Rizqia     Wednesday, May 8 2019

Pada tanggal 8 Mei 00.15 dini hari WIB ( 7 Mei 2019 pukul 17.15 UTC), sistem keamanan exchange crypto terbesar, keamanan Binance kebobolan yang dilakukan sejumlah hacker. Total 7000 Bitcoin ditarik dalam satu transaksi. Para Hacker mampu mendapatkan kunci API milik user dalam jumlah besar, kode 2FA, dan kemungkinan info lainnya.

Teknik yang digunakan oleh para hacker beragam, mulai dari phishing, virus, dan serangan lainnya. Setelah Binance kebobolan, investigasi lebih lanjut masih dilakukan untuk mencari metode lain yang mungkin digunakan. Masih ada kemungkinan adanya beberapa akun yang terkena dampak yang belum teridentifikasi.

Sejumlah 7000 BTC raib dalam 1 transaksi. Transaksi ini adalah satu-satunya yang terkena dampak. Hanya hot wallet Binance yang terkena dampak dari peretasan ini, yang mana hanya menyimpan sekitar 2% dari total Bitcoin yang dipegang oleh Binance. Seluruh wallet Binance aman dan tidak terkena imbasnya.

Para pelaku nampaknya sangat sabar dalam menyusun rencana yang matang. Pembobolan ini dilakukan melalui serangkaian aksi yang terlihat seperti dilakukan oleh akun-akun independen pada waktu yang sangat tepat. Transaksi ini sangat terstruktur sedemikian rupa sehingga bisa melewati keamanan Binance.

Sangat disayangkan bahwa Binance tidak bisa memblokir transaksi nya sebelum terjadi. Setelah terjadi, penarikan ini memicu beragam alarm dalam sistem mereka. Kemudian seluruh transaksi penarikan saat itu langsung diberhentikan.

Untuk menutup kerugian akibat kejadian ini, Binance menggunakan dana SAFU (Secure Asset Fund for Users) yang telah dibuat oleh exchange ini pada Juli 2018 sebagai bentuk asuransi darurat. 10% dari total biaya trading Binance digunakan untuk mendanai SAFU.

CEO Tron, Justin Sun juga berencana untuk melakukan deposit senilai 7000 BTC dalam USDT untuk mendukung Binance. Hal ini disampaikan melalui cuitannya di Twitter

Demi mendukung Binance, Saya secara pribadi akan melakukan deposit senilai 7000 BTC dalam USDT (40 Juta USDT) ke dalam Binance untuk membeli BNB, BTC, TRX dan BTT bila CZ setuju. Tidak perlu FUD! Karena dananya #SAFU!

Justin Sun, Twitter 7 Mei 2019

Binance akan melakukan review keamanan secara menyeluruh, termasuk seluruh bagian sistem dan data. Diperkirakan akan memakan waktu sekitar satu minggu. Seluruh kegiatan deposit dan withdraw akan dihentikan selama periode ini.

Namun trading tetap bisa dilakukan, sehingga pengguna Binance bisa mengatur posisi sesukanya. Perlu diingat juga bahwa hackers kemunginan masih memiliki kontrol atas beberapa akun dan menggunakannya untuk memengaruhi harga. Situasi ini terus dipantau oleh Binance dan dengan tidak berlakunya transaksi withdraw diyakini tidak ada motivasi bagi hackers untuk memengaruhi pasar.

Sumber