15 Finalis Demo Day FINHACKS 2019 #blockchainnovation, Ini Dia Juaranya!

Dhila Rizqia     Sunday, November 24 2019

BCA Finhacks 2019 Demo Day merupakan rangkaian akhir dari FINHACKS 2019 #blockchainnovation yang telah berlangsung sejak Agustus lalu. 15 finalis yang telah lolos tahap pengembangan purwa rupa akan mempresentasikan hasil akhirnya di hadapan pengunjung. Diselenggarakan Sabtu 23 November, Finhacks 2019 Demo Day dibuka oleh Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, di The Hall Senayan City.

presscon finhacks 2019 demo day
presscon finhacks 2019 demo day

Melalui tema tahun ini tentang teknologi blockchain, kami ingin melihat bagaimana blockchain dapat memberikan added value dalam memberikan kemudahan dan kenyamanan solusi perbankan dan finansial kepada masyarakat luas, khususnya dalam hal peningkatan efisiensi, penghematan biaya dan pengurangan risiko

Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA

Selain itu, hadir sebagai narasumber dalam Diskusi Panel dengan topik The Potential of #blockchainnovation for Indonesia, Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Pungky Purnomo Wibowo, Direktur BCA Vera Eve Lim, CEO Blockchain Zoo Roberto Capodieci, dan Supervisory Board of ABI Pandu Sastrowardoyo sebagai moderator.

panel diskusi finhacks 2019 demo day
panel diskusi finhacks 2019 demo day

Turut hadir dalam acara, Wakil Presiden Direktur BCA Suwignyo Budiman, Senior EVP Strategic Information Technology BCA Hermawan Thendean, EVP Digital Innovation Solutions BCA Jayaprawirya Diah, EVP Center of Digital BCA Wani Sabu, dan EVP of Service Operation Strategy & Development BCA Lilik Winarni.

Baca Juga: Kompetisi Blockchain BCA Gandeng Asosiasi Blockchain Indonesia

Siapakah pemenangnya?

Dari ratusan peserta yang mendaftar terpilih 30 tim terbaik untuk maju ke babak Protoype Development. Berdasarkan protoype terbaik terpilih menjadi 15 finalis yang akan bersaing memperebutkan hadiah utama. Tingginya antusiasme masyarakat terhadap kompetisi ini mematahkan kekhawatiran sebagian kalangan bahwa minat masyarakat Indonesia di bidang blockchain masih rendah.

Terdapat 3 kategori yang dilombakan yaitu Interbank Settlements and Payments, Identity Management, dan Financial Inclusion. Dari 15 finalis 3 pemenang dipilih untuk masing-masing kategori.

Interbank Settlements and Payments

Juara 3 Interbank Settlements and Payments dengan hadiah sebesar 30 juta rupiah dimenangkan oleh Weekend Bitcoint, Juara 2 dengan hadiah sebesar 50 juta rupiah diraih oleh Haze, dan juara 1 dengan hadiah 80 juta rupiah dimenangkan oleh NL_Mawib.

pemenang interbank settlements and payments
pemenang interbank settlements and payments

Identity Management

Juara 3 Identity Management dengan hadiah sebesar 30 juta rupiah dimenangkan oleh Koceeeng Oreeen, Juara 2 dengan hadiah sebesar 50 juta rupiah diraih oleh Walkeri, dan juara 1 dengan hadiah 80 juta rupiah dimenangkan oleh Genesix yang juga menjadi pemenang kategori Best Architecture.

pemenang identity management 1
pemenang identity management 1

Financial Inclusion

Juara 3 Financial Inclusion dengan hadiah sebesar 30 juta rupiah dimenangkan oleh Sobat Gurun, Juara 2 dengan hadiah sebesar 50 juta rupiah diraih oleh Team Wingarten, dan juara 1 dengan hadiah 80 juta rupiah dimenangkan oleh Dkletz.

pemenang financial inclusion
pemenang financial inclusion

FINHACKS 2019 #blockchainnovation

BCA Finhacks 2019 #blockchainnovation merupakan sebuah kompetisi bagi para developer TI, blockchain enthusiasts, startup, pelajar dan professional untuk berkumpul, berkolaborasi, dan berinovasi dalam menciptakan solusi inovatif di bidang finansial. Pada kompetisi tersebut, BCA mempersiapkan total hadiah senilai Rp520 juta bagi para pemenang. Ini menjadikan BCA Finhacks 2019 #blockchainnovation sebagai kompetisi teknologi berbasis blockchain terbesar di Indonesia.

Rangkaian kegiatan BCA Finhacks 2019 #blockchainnovation telah dimulai sejak Agustus 2019. Setiap peserta individu atau anggota dari peserta tim yang terdaftar wajib mengunggah ide inovasinya sesuai dengan kategori yang dipilih. Kemudian, peserta yang lolos akan maju ke babak Prototype Development. Di tahap ini, peserta mendapat bimbingan dari mentor blockchain melalui sesi one-on-one mentoring via webinar atau video conference yang nantinya menghasilkan prototype aplikasi blockchain.