Eksklusif Exchange Interview

Wawancara Eksklusif Dengan CEO LATOKEN

single-image

Hai Coinvestors, kali ini Coinvestasi berkesempatan untuk mewawancarai CEO dari LATOKEN, Valentin Preobrazhenskiy, berikut ini wawancaranya:

1) LATOKEN adalah salah satu proyek pertama di dunia crypto. Bagaimana Anda mengatasi tantangan industry setelah hype ICO?

Lansekap pasca ICO ditandai oleh tren baru yang sangat penting. Salah satunya adalah Penawaran Security Token – mungkin bakal menjadi tren untuk 2019. Dan sebagai exchange bersiap untuk ini. Faktanya, LATOKEN adalah salah satu platform perdagangan cryptocurrency pertama yang memungkinkan perusahaan untuk meluncurkan STO (Security Token Offering) untuk investor terakreditasi di luar Amerika Serikat dan beberapa negara lain. Kami telah bermitra dengan pialang berlisensi untuk memungkinkan hal ini. Perdagangan Security Token di pasar sekunder juga tersedia di LATOKEN. Saat ini, ada empat (4) token keamanan yang sudah diperdagangkan di platform kami. Selain itu, kami akan meluncurkan STO penuh pertama sebagai exchange bursa perdagangan Crypto. Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai STO itu di link berikut ini.

2) Ide produk Anda ternyata visioner, semua perhatian sekarang ada pada tokenization (tokenisasi). Dan dari dua contoh yang telah ada di situs web Anda selama beberapa waktu, tokenisasi di bidang real estat dan seni muncul begitu banyak proyek. Apa posisi Anda sekarang sebagai alat platform untuk melakukan tokenisasi?

Memang. Tokenisasi adalah bagian dari DNA LATOKEN dan kami lebih percaya diri dari sebelumnya tentang masa depannya yang menjanjikan. Belum lama ini, sebuah kondominium senilai $ 30 juta di Manhattan dipecah kepemilikannya melalui proses tokenisasi. Sementara real estat dan seni dapat sangat diuntungkan dengan tokenisasi, saya percaya pasar bergerak lebih dekat ke tokenisasi hutang, ekuitas, dan komoditas sehingga kepemilikannya akan diwakili token.

Juga, saya ingin memusatkan perhatian Anda pada tren lain yang sangat menarik: stablecoin. Tokenisasi mata uang fiat dengan menerbitkan stablecoin yang terkait fiat membuka pintu bagi transaksi lintas batas negara. Karena stablecoin didasarkan pada blockchain, mereka menawarkan nilai besar bagi para pedagang maupun konsumen. Dengan mengandalkan stablecoin, transaksi tidak harus melalui bank-bank swasta – ini adalah lapisan tambahan yang biasanya menahan transaksi internasional selama 3-5 hari dan membebankan komisi yang sangat tinggi. Blockchain menjamin transaksi diproses segera dan dengan biaya yang jauh lebih masuk akal.

Ada kasus penggunaan lain yang menarik. Saat ini, orang membutuhkan mata uang fiat untuk membeli makanan dan barang di sebagian besar negara. Jika mereka memiliki crypto, mereka dipaksa untuk menukarnya menjadi mata uang masing-masing, daripada menggunakannya langsung untuk keperluan sehari-hari. Di sinilah stablecoin ikut berperan. Stabilitas nilai mereka menjadikannya alternatif digital yang hebat bagi pengguna biasa, untuk mengirim dan menerima uang. LATOKEN telah mendaftarkan 7 mata uang yang berbeda: Dolar AS (USDL), Euro (EURL), Rupee India (RUPL), Pound Inggris (GBPL) Franc Swiss (CHFL), Peso Argentina (ARSL), Real Brasil (BRLL). Pengguna dapat masuk, menempatkan Poundsterling Inggris, mendapatkan Rupee, atau menukarnya dengan mata uang lainnya di pasar kami, di mana pun mereka berada, dan semuanya dilakukan dalam sekejap mata. Stablecoin sangat nyaman dan berguna untuk transaksi lintas negara.

3) Mengapa seseorang membutuhkan token LA, mengapa tidak menerima semua pasangan langsung?

LA adalah cryptocurrency generasi berikutnya yang akan bekerja di blockchain kami. LA akan digunakan sebagai pembayaran untuk komisi di dalamnya. Banyak token akan dikeluarkan pada blockchain ini, termasuk mata uang fiat tokenized yang akan digunakan untuk transaksi lintas batas. Tujuan LA adalah membuat transaksi lintas negara lebih mudah dan lebih murah daripada sekarang.

4) Apa visi perusahaan Anda terhadap tokenisasi saat ini? Bagaimana Anda melihat pasar dalam 1,3,5 tahun?

Saat ini, tidak semua orang memiliki akses ke berbagai aset untuk diinvestasikan. Tokenisasi pasti akan mengubah itu, memberi investor banyak peluang investasi baru. Sebagai contoh, saham Apple dapat dipatok menjadi token, dan investor Cina atau Negara manapun dapat membelinya, sesuatu yang nyaris mustahil di dunia saat ini di pasar modal saham. Kami berharap bidang aset yang di tokenized akan tumbuh pesat dalam lima tahun ke depan. Alasannya? Kemudahan yang diberikan mereka bagi investor.

5) Apa yang tidak bisa dipatuhi?

Ada sesuatu yang harus kita tanyakan pada diri sendiri sebelum meluncurkan proses tokenisasi. Di mana permintaan pasar untuk tokenisasi aset? Aset mana yang akan memenuhi permintaan pasar yang likuid? Secara teknis, hampir semuanya dapat dipatok dan dipecah kepemilikannya menjadi token, tetapi sampai saat ini, masih ada aset yang tidak ada permintaannya (tidak likuid) karena proses mengubahnya menjadi token dan transaksinya ribet. Misalnya, biaya tokenisasi, biaya untuk audit dan valuasi, untuk barang-barang konsumen bisa lebih tinggi daripada manfaat dari likuiditas tersebut. Jadi, jika Anda memecah kepemilikan mobil anda misalnya menjadi token, Anda juga akan dikenakan biaya untuk analisis kondisi mobil. Mobil nya juga dilihat kondisi nya dulu, apakah masih layak atau tidak . Akhirnya, Anda akan memahami bahwa tidak ada gunanya mentokenisasi mobil Anda sebagai instrumen investasi bila biayanya tidak worth it. Pilihan lainnya adalah Anda dapat berinvestasi pada perusahaan leasing yang dapat menerbitkan token tersebut yang mewakili kepemilikan terhadap 1,000 mobil sekaligus misalnya, daripada hanya berinvestasi pada satu mobil saja

6) Anda pribadi juga unik, karena berbeda dengan pemain Crypto kebanyakan, Anda memiliki pengalaman yang panjang di dunia keuangan tradisional. Apa kesimpulan utama Anda? Ada saran untuk pendatang baru di industry crypto yang merupakan pasar yang masih relatif terbuka?

Terima kasih atas penghargaannya. Pasar selalu terbuka untuk mereka yang mencoba membangun sesuatu yang revolusioner. Segera setelah Anda benar-benar menciptakan sesuatu yang bernilai. Ada beberapa proyek yang sangat keren di luar sana, banyak dari mereka terdaftar di platform exchange kami. Di sini, di LATOKEN kami mendukung masing-masing proyek tersebut untuk memastikan dunia crypto mengenal mereka lebih baik. Meskipun kami berpikir bahwa model STO lebih menarik bagi para investor saat ini, ICO masih aktual dan merupakan alternatif yang sangat baik untuk banyak proyek dan model bisnis yang ada. Pada catatan pribadi, saya percaya dari semua startup blockchain yang ada sekarang, pemimpin pasar sejati akan muncul dalam waktu dekat.

7) Bagaimana cara menarik investor massal ke dunia crypto?

LATOKEN adalah contoh nyata dari ICO yang sangat sukses. Dengan mempertimbangkan pengalaman kami sendiri, kami percaya perusahaan harus fokus pada poin-poin penting ini ketika mencoba menarik investasi massal:

• Ide modern dan menarik;
• Bentuk tim yang kuat dengan pengembang software berbakat;
• Membentuk produk yang dapat menginspirasi orang lain.

Saya pikir masa depan industri crypto adalah tokenisasi aset, dan menciptakan token-token yang bisa dengan mudah dibeli dari seluruh dunia. Peluang untuk mengakses dan memiliki perusahaan yang sukses seperti APPLE dan Amazon dengan crypto akan berpotensi menarik minat investor besar.

You may also like