Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Exchange di Indonesia

anisa giovanny     Thursday, June 11 2020

Exchange cryptocurrency adalah fasilitas yang keberadannya sangat penting terutama bagi pengguna cryptocurrency. Soalnya untuk melakukan jual beli aset diperlukan exchange yang menyediakan operasionalnya. Bagi para trader memilih exchange yang tepat dan sesuai kebutuhan adalah hal yang sebaiknya dilakukan agar proses trading bisa berjalan dengan lancar.

Namun dalam memilih exchange dibutuhkan kehati-hatian agar tidak terjebak pada kerugian. Berikut ini adalah hal yang harus diperhatikan dalam memilih exchange di Indonesia.

Terdaftar di Bappebti

BAPPEBTI adalah singkatan dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi. Sesuai namanya, tugas utama BAPPEBTI berada dalam ranah pengawasan dan pengaturan kegiatan perdagangan komoditi berjangka di Indonesia, termasuk trading forex, kripto, dan emas berjangka.  Bursa kripto di Indonesia yang sejauh ini sudah mengantongin izin dari lembaga tersebut adalah Pintu, Indodax, Luno, Rekeningku.com, Triv, UpBit, Zipmex, Tokocrypto.

Baca juga: Daftar Platform Legal di Indonesia

Dengan Anda memilik trading di antara platform tersebut, maka Anda memiliki keamanan yang lebih terjamin karena ada aturan yang membawahi jika ada hal-hal tidak terduga terjadi.

Kemudian, exchange tersebut telah lolos verifikasi sesuai aturan yang berlaku dan ini memastikan jika exchange sudah layak ada di Indonesia, baik dari segi keamanan, latar belakang perusahaan, modal dan lain sebagainya. Trading di bursa yang terdaftar di Bappebti bisa memberikan Anda rasa aman dan nyaman, terutama bagi para pemula.

Periksa Biaya

Dalam memilih exchange jangan lupa untuk memeriksa biaya yang dibutuhkan, baik untuk deposit, transaksi hingga withdrawal ke mata uang fiat. Ini penting karena biaya ini juga harus Anda sesuaikan dengan modal yang dimiliki. Biaya tersebut bisa berbeda antar exchange, namun dengan bursa yang sudah terdaftar di Bappebti biaya dikalkulasikan dengna Rupiah sehingga Anda tidak perlu untuk menkonversikannya sendiri. 

Di  exchange cryptocurrency Pintu, tidak dikenakan biaya untuk deposit alias gratis. Anda bisa melakukan deposit minimal Rp50.000. Untuk biaya trading yakni maker fee dan taker fee belum ada biaya yang dikenakan. Biaya withdrawal sebesar 0,5% dengan tambahan biaya bank Rp4.500, dan untuk deposit atau withdrawal bisa instan dalam 24/7.

Mulai trading Bitcoin di Pintu sekarang 💰

Deposit dan Withdrawal

Tahapan deposit penting dilakukan untuk memulai trading, Anda bisa melakukan deposit melalui bank transfer atau menggunakan cryptocurrency sesuai dengan layanan yang ada di exchange. Untuk deposit ini ada waktu yang dibutuhkan bagi exchange untuk memverifikasinya.

Oleh karena itu jika Anda ingin segera memulai trading, maka pilihlah exchange yang memproses deposit dengan waktu yang cepat dan tidak perlu memakan proses berhari-hari.

Selain itu dalam proses withdrawal atau mencairkan crypto ke mata uang fiat, Anda juga bisa memilih exchange yang mencairkan keuntungan dengan cepat ke akun bank Anda. Ini bisa Anda rasakan jika menggunakan exchange Pintu karena di sini Anda bisa melakukan withdrawal kapanpun.

Mobile platform

Kehadiran platform trading mobile bagi exchange adalah hal yang bisa dibilang wajib. Karena akan memudahkan pengguna yang ingin trading di mana saja dan kapan saja. Untuk memilih mobile platform exchange inui sebaiknya Anda memiluih exchange dengan tampilan yang ramah terhadap pengguna dan mudah dioperasikan serta tidak memakan kapasitas yang besar.

Salah satu exchange yang aplikasi mobilenya bisa Anda pertimbangkan adalah PINTU karena exchange ini memiliki tampilan yang mudah dipahami bahkan untuk pemula dan mengedepankan trading menggunakan smartphone yang membuat Anda leluas untuk melakukan jual beli. Selain PINTU, mayoritas exchange yang sudah terdaftar di Bappebti memiliki aplikasi mobile yang dapat Anda unduh di Play Store atau App Store.

Cek Traffic Exchange

Traffic visitor bisa menjadi cara Anda untuk mengetahui seberapa banyak orang yang mengunjunigi website exchange tersebut. Ini bisa menjadi tolak ukur Anda apaklah exchange ini sudah cukup terkenal atau beluM. Traffic visitor itu adalah salah satu faktor yang paling tidak bisa dipalsukan bahkan oleh layanan market maker.

Cara paling mudah mengamati traffic exchange tersebut dengan melihat ranking melalui alexa.com, similarweb.com atau google play store, statistik yang tercatat disini tidak bisa dipalsukan karena jumlah user yang online dan traffic tidak mudah untuk dipalsukan.


Itu dia hal yang harus diperhatikan jika Anda ingin memulia trading dengan memilih exchange. Pilihlah exchange sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda serta pastikan memahami segala syarat dan ketentuan yang ada.

Jika Anda ingin melakukan komparasi antar exchange, Anda bisa melihatnya di sini