Berapa Jumlah Beli Bitcoin? Gak Perlu Beli Satu BTC Langsung!

By Felita Setiawan     Monday, July 8 2019

Kesalahpahaman yang umum terjadi untuk mereka yang baru mengenal Bitcoin adalah mereka mengira jumlah yang harus di beli adalah satu (1) Bitcoin utuh, sekaligus. Setelah melihat harga 1 Bitcoin yang sedemikian tinggi (saat penulisan artikel ini, harga 1 Bitcoin = Rp165.507.000), banyak yang langsung membatalkan keinginan beli Bitcoin karena kesalahpahaman tersebut. Bitcoin bersifat digital dan tiap Bitcoin dapat dipecah-pecah tanpa batasan. Oleh karena itu, Anda dapat membeli, menjual, mengirim dan menerima ‘pecahan’ Bitcoin; yang berarti Anda tidak harus bertransaksi dengan “satu” Bitcoin langsung. 

Sama seperti semua mata uang fiat (mata uang yang diterbitkan oleh negara) yang dapat dipecah menjadi sen, 1 BTC dapat dipecah menjadi unit yang lebih kecil sampai delapan desimal: 0.00000001 BTC. Pecahan terkecil dari Bitcoin ini dikenal dengan sebutan ‘satoshi‘, yang dinamai berdasarkan orang atau kelompok orang yang menciptakan Bitcoin. Ada 100.000.000 (seratus juta) satoshis di Bitcoin. 

Bursa Bitcoin memungkinkan Anda untuk menentukan jumlah mata uang lokal yang ingin Anda belanjakan dan kemudian memberi Anda jumlah Bitcoin yang setara dengan nilai mata uang lokal yang Anda mau belanjakan tersebut. Misalnya, jika 1 BTC berharga Rp10.000.000 dan Anda hanya memiliki Rp5.000.000 USD untuk dibelanjakan, Anda akan menerima 0.50 BTC. 

Di sisi lain, beberapa bursa Bitcoin juga memungkinkan Anda menentukan jumlah beli Bitcoin yang ingin Anda beli, dan kemudian memberitahukan Anda jumlah mata uang lokal yang harus Anda bayar. Misalnya, jika Anda ingin membeli 0,25 BTC, dan nilai tukar pada saat itu adalah Rp10.000.000 per BTC, Anda perlu membayar sebesar Rp2.500.000. Perlu dipahami bahwa contoh-contoh yang kami berikan belum menambahkan biaya transaksi. 

Panduan Terkait: Dapatkan Jumlah Bonus 100% Beli Bitcoin pertama kamu!

Bitcoin Berguna untuk Transaksi Sehari-hari 

Harga Bitcoin telah meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Agar dapat digunakan dalam transaksi sehari-hari, orang mulai melakukan perhitungan di unit (desimal) yang lebih kecil. 

Dengan memecahkannya ke unit yang lebih kecil membuat Bitcoin dapat digunakan dan terjangkau untuk semua. Jadi, jika harga Bitcoin terus meningkat hingga jutaan bahkan ratusan Rupiah, hal ini memungkinkan orang untuk membeli pecahan kecil Bitcoin. 

Unit pengukuran Bitcoin 

Unit pengukuran Bitcoin mengikuti International System of Units, sebuah standar pengukuran global yang telah digunakan selama berabad-abad. Unit yang paling umum digunakan adalah “bitcoin”, yang kadang ditulis dalam bit, satoshis dan cara lainnya: 

Unit Nilai (BTC) 

  • BTC (atau Bitcoin) 1 
  • cBTC atau bitcent 0.01 
  • mBTC atau millibit 0.001 
  • μBTC atau bit 0.000001 
  • finney 0.0000001 
  • satoshi 0.00000001 

Saat ini sebagian besar platform Bitcoin – termasuk Luno – masih hanya menggunakan Bitcoin sebagai unit pengukuran: mis. 1 BTC, 0.0023 BTC dan seterusnya, namun pecahan unit yang disebutkan di atas mungkin akan digunakan dalam beberapa waktu mendatang.

Artikel Terkait: LUNO, Cara Termudah Beli Bitcoin dan Ethereum