Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Bitcoin vs Emas: Bitcoin Bukanlah Emas 

Wafa Hasnaghina     Wednesday, April 1 2020

Debat mengenai Bitcoin dan emas makin memanas seiring dengan pandemi Covid-19 baru-baru ini. Namun, ada satu hal yang pasti, Bitcoin bukanlah emas, mari kita lihat mengapa demikian.

Dari awal terjadinya pandemi dan masalah global lainnya seperti perang harga minyak. Kinerja Bitcoin dan mata uang digital lainnya meningkat dibandingkan dengan emas dan terus mengarah pada ekspektasi kinerja yang lebih baik. Namun, di sisi lain hal ini membuat interpretasi negatif dari mata uang digital yang menghilangkan nilai jangka pendeknya.

Bitcoin vs Emas: Apakah Keduanya Sama?

Perbandingan Bitcoin vs emas biasanya cenderung salah dan bias karena beberapa alasan. Pertama, Bitcoin belum ada selama beberapa dekade dan belum memiliki kredibilitas penggunaan komersial selama 100 tahun. Kedua, nilainya sangat tergantung pada masa depan transaksi online yang dilakukan melalui jaringannya.

Apa yang menjadikan eksperimen tentang Bitcoin sangat menarik adalah hal ini membuktikan klaim bahwa orang yang bekerja sama dalam pengetahuan tentang penerapan teknologi dapat menciptakan nilai tanpa otoritas.

Bitcoin adalah bukti pembayaran tanpa keterlibatan pesanan dari otoritas, tidak seperti emas, yang telah dilihat sepanjang sejarah membutuhkan dukungan otoritatif. 

Keuntungan historis dimiliki emas, sedangkan jika dibandingkan dengan Bitcoin memiliki ikatan kelembagaan yang relatif lebih sedikit. Hal ini memengaruhi nilai volatilitas dan bagaimana pemerintah melihatnya. Sehingga, argumen mengenai Bitcoin vs emas itu sia-sia.

Baca Juga: Ini 9 Mitos Bitcoin yang Keliru, Pemula Wajib Baca!

Yang lebih penting, Bitcoin telah menjadi media pertukaran yang lebih lancar sejak awal jika dibandingkan dengan emas, yang lebih merupakan penyimpanan nilai yang tidak mengalir. Bitcoin memberi Anda kebebasan untuk mengakses berbagai mata uang digital yang memiliki lebih sedikit fiat On-Ramp.

Meskipun bank-bank mentransfer sejumlah besar emas antara satu sama lain. Mata uang digital telah menunjukkan cara pertukaran nilai yang lebih menguntungkan, dan ini kemungkinan akan tumbuh lebih jauh ketika perdagangan bergerak online.

Kesimpulannya, emas ditambang melalui model keuangan yang cukup standar. Berbeda dari moderasi dan inovasi dalam mata uang kripto yang didukung oleh kelompok orang yang sangat percaya pada sistem mata uang kripto.

Sumber