Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

7 Tempat Staking Aset Crypto

anisa giovanny     Friday, September 25 2020

Staking Cryptocurrency tengah populer sebagai cara untuk mendapatkan passive income dari pengguna. Pendapatan dari staking ini adalah “bunga” yang didapatkan dari sejumlah koin yang dikunci untuk memvalidasi blok dalam protokol konsensus proof of stake.

Staking juga merupakan cara yang lebih mudah digunakan oleh pengguna yang ingin mendapatkan keuntungan dari memiliki crypto jika belum mahir melakukan trading.

Selengkapnya soal Staking dapat kamu temukan di sini

Pengguna bisa melakukan staking dengan menggunakan layanan staking yang sudah banyak tersedia. Layanan staking bisa diperoleh dari platform staking pool atau di exchange. Platform staking memungkinkan investor crypto mengunci  aset  crypto mereka yang akan dikelola oleh pihak ketiga yang menangani aspek teknis dalam proses staking.

Ingin coba staking dengan menggunakan layanan staking? Berikut ini daftar platform tempat staking yang bisa kamu gunakan.

Staking Pools

Staked

Tempat stakimg pertama adaah Staked. Ia didirikan pada 2019 dan berbasis di New York, ini adalah layanan yang akan membantu investor untuk mempertaruhkan aset crypto yang dimiliki dengan mudah. Ini merupakan layanan yang memiliki reputasi baik dengan jumlah pengguna 1135 menurut staking rewards. 

Di platform ini ada lebih dari 30 aset crypto yang bisa di staking, beberapa contohnya adalah Livepeer (LPT), Decred (DCR), Cosmos (ATOM), Celo(cGLD), Kava, Terra, V Systems, ICON, IRISnet (IRIS), Tron(TRX), Algorand (ALGO), Tezos (XTZ), Polkadot(DOT) dan lain sebagainya. 

Di sini biaya staking yang dibebankan berkisar antara 5-10% dari koin yang distake. website Staked.us pun sudah tertera berapa keutungan yang didapatkan oleh masing-masing aset yang dipertaruhkan, sehingga akan memudahkan pengguna untuk mengetahui jumlah bunga yang diperoleh.

 Everstake

Everstake adalah tempat staking yang dikembangkan oleh berbagai ahli dalam dunia keuangan dan blockchain. Layanan ini didirikan oleh Attic Lab, produsen EOS dari Ukraina. 

Everstake mengklaim jika ia menjalankan node yang sangat aman dan andal untuk proses staking dengan menggunakan perangkat keras berkualitas. 

Keuntungan yang dihasilkan dari berbagai aset yang dapat di stake di layanan ini beragam, berada dikisaran 5%-20% dengan biaya staking sebesar 0-100% tergantung dari jenis aset yang kamu pertaruhkan.

Everstake menyediakan layanan staking bagi berbagai mata uang kripto. Seperti Cosmos, IRISnet, Decred, Dash, Qtum, IOST, IoTeX, Terra, Ark, Nebulas, Aion, Cardano, dan Tezos.

Stake.Fish

Ini adalah layanan yang berbasis di Korea Selatan dan dirikan oleh Chun Wang, salah satu pendiri F2Pool, mining pool yang telah berhasil menambang Bitcoin paling banyak di dunia dan Ethereum pool terbesar kedua. 

Stake.fish adalah operator validator dan node untuk proyek-proyek blockchain yang menggunakan Proof of Stake atau staking dalam mekanismenya.   

Jumlah pengguna Stake.Fish adalah 3.945 menurut staking rewards. Pengguna yang memutuskan menggunakan layanan staking ini akan dikenakan biaya tambahan 0-16%. Tergantung dari jenis aset crypto yang dipertaruhkan. 

Di Stake. Fish Anda bisa staking Cosmos, Tezos, IRISnet, Algorand, Chainlink, Aion, Chainlink, Celo, Kusama, Polkadot, Band Protocol, Kava, dan  Cardano.

Figment Networks

Layanan staking asal  Kanada ini menawarkan “infrastruktur kelas institusional, perangkat lunak & alat untuk pemegang token dan blockchain berbasis saham.”

 Figment Networks didirikan pada 2019 dengan aset crypto yang bisa dikunci yakni Tezos (XTZ), Livepeer (LPT), Horizen (ZEN), Cosmos (ATOM), IRISnet (IRIS), ICON (ICX), Algorand (ALGO), Aion (AION), dan Kava (KAVA). 

Biaya staking di Figment adalah 0-15%, dengan jumlah pengguna sebanyak 4.178. Layanan ini dirikan oleh Matt Harrop, Lorien Gabel, dan Andrew Cronk yang memiliki lebih dari 25 perusahaan infrastruktur internet. 

InfStones

InfStones adalah perusahaan teknologi dari Silicon Valley dan memiliki spesialisasi dalam infrastruktur cloud dan staking. 

Tim inti dari InfStones terdiri dari insinyur senior dan pemimpin bisnis dari perusahaan mapan di industri teknologi tinggi seperti Google, Oracle, Apple, Intel, dan LinkedIn.

Di InfStones ini kamu bisa melakukan staking berbagai aset crypto dengan biaya berkisar antara 0-50%. Layanan ini juga merupakan mitra strategis untuk bursa Poloniex..

Staking di Exchange

Binance

Staking sudah bisa dilakukan di bursa atau exchange, salah satu yang menyediakannya adalah Binance, salah satu bursa dengan volume perdagangan terpadat. 

Di Binance staking tidak dikenakan biaya tambahan alias gratis. Di sini pengguna bisa staking berbagai aset crypto misalnya Algorand (ALGO), NEO (GAS), Ontology (ONG), VeChain (VTHO), Tron (BTT), Kava (KAVA), Komodo (KMD), Stratis (STRAT), Qtum (QTUM), dan Stellar (XLM). 

Baca juga: Cara Staking Mudah Melalui Exchange Crypto

Di Binance proses staking cukup mudah, kamu cukup mendepositokan aset sesuai dengan ketentuan kemudian proses staking akan berjalan otomatis dan akan keuntungan akan diberikan pada periode waktu yang telah ditentukan. 

Kraken

Exchange berikutnya adalah Kraken, bursa yang beroperasi di San Fransisco ini adalah salah satu bursa yang terkemuka di dunia dan telah menjadi pilihan banyak trader. Di Kraken sudah bisa melakukan staking, di sini  aset crypto yang digunakan untuk staking dibedakan menjadi dua yakni on chain dan off chain. On chain memungkinkan pengguna untuk staking aset dengan Proof of Stake blockchain, contoh aset yang bisa digunakan adalah Tezos (XTZ). 

Kedua adalah off chain memungkinkan pengguna untuk staking dengan kraken margin pools, jenis off chain ini hanya tersedia dibeberapa negara saja. Hampir mirip dengan Binance proses staking di Kraken ini hanya tinggal deposit saja dan tunggu dalam beberapa waktu untuk mendapatkan hasilnya. Di Kraken juga tidak dikenakan biaya tambahan dalam staking.  

OKEx 

OKEx adalah pertukaran mata uang kripto yang berbasis di Malta yang menyediakan platform untuk perdagangan berbagai mata uang kripto. Beberapa fitur inti bursa termasuk perdagangan spot dan derivatif. Didirikan pada 2017 bursa ini juga turut menyediakan layanan staking. 

Di sini staking yang disediakan adalah fleksibel staking, dimana aset yang kita pertaruhkan masih bisa digunakan untuk trading tetapi return yang diberikan lebih kecil dibandingkan jenis locked staking yang mengunci koin sepenuhnya dalam periode waktu tertentu. Aset  yang bisa dipertaruhkan di bursa ini adalah ATOM, TEZOS, ONT dan lain sebagainya.  


Itu dia 7 pilihan tempat staking baik staking pools atau exchange yang dapat dijadikan pilihan untuk staking lebih mudah.  Keuntungan menggunakan layanan atau tempat staking antara lain membuat proses staking menjadi lebih mudah dan  tidak perlu memikirkan aspek teknis dari proses ini.

Kamu cukup menunggu untuk menerima bunga dari  aset yang kamu kunci di ayanan. Melakukan staking menggunakan layanan staking pool atau exchange membuatmu  memiliki keuntungan yang lebih konsisten namun perlu diperhatikan pula biaya tambahan yang dikenakan.