5 Game Berbasis Blockchain Terbaik!

By Dhila Rizqia     Tuesday, November 5 2019

Game berbasis teknologi blockchain mulai dari Pertarungan kartu yang bisa dikoleksi, perselisihan kucing kartun, dan perburuan pahlawan sejarah — game yang beragam ini semuanya menggunakan blockchain untuk menciptakan pengalaman unik.

Blockchain dan crypto semakin lama semakin memiliki daya tarik besar di industry gaming bukan hanya sekadar penggunaan Bitcoin untuk pembelian barang atau taruhan kompetisi esports. Para blockchain developer mulai menggunakan blockchain untuk membangun ekonomi unik dalam game di mana barang-barang langka memiliki nilai berharga dan pemain dapat memiliki aset digital yang bisa diperjualbelikan sesuka hati mereka.

Saat ini rasanya developer game baru memanfaatkan permukaan dari apa yang bisa ditawarkan oleh teknologi blockchain, namun sekarang ini sudah ada beberapa game yang layak untuk dimainkan. Berikut adalah 5 game berbasis blockchain yang harus Anda coba sekarang!!

Gods Unchained

Gods Unchained banyak menjadi buah bibir baru-baru ini ketika pencipta Immutable yang telah mengalahkan penerbit game kelas berat Blizzard Entertainment yang melakukan suspend terhadap pemain pro Hearthstone karena telah mengadvokasi pembebasan Hong Kong dari Cina.

Hal itu adalah langkah pemasaran yang cerdik bagi Immutable sebagai perusahaan startup yang sedang naik daun — dan itu masuk akal, karena Gods Unchained pada dasarnya adalah Hearthstone yang dikaitkan dengan crypto oleh Immutable.

Permainan card battler untuk PC-Mac  ini sangat mirip dengan Hearthstone dan permainan lainnya yang terinspirasi dari Magic: The Gathering. Karena Anda akan membangun geladak dan bermain kartu untuk melawan dan akhirnya mengalahkan musuh Anda.

Tetapi Gods Unchained memiliki sentuhan blockchain, yaitu tentu saja dengan tiap pemain memiliki kartu individual secara permanen dan dapat memperjualbelikannya sesuka hati. Seperti permainan kartu perdagangan fisik, beberapa kartu sangat langka; salah satu kartu Mythic Titans milik Gods Unchained hanya terjual seharga hampir 146,3 ETH (sekitar $26.000 USD).

Gods Unchained sekarang tersedia dalam versi beta dan sudah bermain sangat baik sebelum rilis penuh, yang akan datang dengan dorongan esports Kejuaraan Dunia yang besar.

Beyond the Void

Beyond the Void buatan B2Expand menghadirkan campuran Multiplayer online battle arena (MOBA) dengan real-time strategy (RTS). Namun, tidak seperti MOBA populer seperti League of Legends dan Dota 2, Beyond the Void akan membawa Anda ke ruang angkasa dan bintang-bintang — serta menggunakan permainan 1 lawan 1.

Anda akan memilih pesawat ruang angkasa dan skill untuk karakter Anda sebelum berangkat melawan musuh Anda, di ujung lain peta galaksi. Sepanjang jalan, Anda akan berdagang tembakan dan manuver strategis sambil merebut sumber daya dan menaklukkan planet, semua ini dilakukandengan harapan mengalahkan musuh Anda. Beyond the Void sebagai game berbasis blockchain, memberikan pemain kepemilikan nyata atas item, belum lagi kemampuan untuk menggunakan item yang dimiliki di beberapa game pada platform Nexarium.

Namun, Beyond the Void tampaknya sudah lama tidak selama satu tahun ini karena B2Expand sedang bekerja pada permainan berbasis blockchain berikutnya yaitu Light Trail Rush.

CryptoKitties

CryptoKitties adalah salah satu game pertama yang menarik perhatian besar terhadap potensi game blockchain, dan itu masih berlangsung hingga hari ini. Anda menggunakan ether untuk membeli kucing kartun lucu dengan berbagai atribut dan tingkat kelangkaan — dan kemudian Anda bisa membiakkannya untuk meneruskan sifat genetik ke generasi mendatang, sehingga menciptakan jenis kucing baru. Seperti halnya game blockchain lainnya, Anda memiliki kucing dan dapat dengan bebas menjualnya sesuka Anda.

CryptoKitties sangat sederhana, tentu saja, tetapi ada daya pikat adiktif untuk membiakkan kucing dan melihat apakah Anda akan berakhir dengan kucing khusus. Meskipun demikian, membeli dan membiakkan keduanya sama-sama membutuhkan ether — jadi jangan lupa seberapa dalam Anda merogoh kocek.

Baca Juga: Game Peliharaan Kucing CryptoKitties Hasilkan Jutaan Rupiah

My Crypto Heroes

Apa persamaan Jack the Ripper, Marie Antoinette, dan Santa Claus? Mereka semua adalah pahlawan yang dapat dikoleksi dalam My Crypto Heroes, yang mengambil beragam tokoh sejarah dan karakter legendaris dan melemparkan mereka ke dalam permainan peran.

Anda akan membangun tim pahlawan Anda dan mengirim mereka pergi dalam pencarian atau ke arena pertempuran, secara bertahap meningkatkan keterampilan mereka dari waktu ke waktu. Tentu saja, aspek kolektibilitas adalah kunci dalam game berbasis blockchain ini. dan Anda dapat membeli dan memperdagangkan pahlawan dan karya seni menggunakan mata uang GUM (yang dapat Anda beli dengan eter). Desain permainan ini memang tidak berlebihan, tetapi gaya seni pixelnya bagus dan perpaduan unik para pahlawan membuat pasangan yang menyenangkan dan tak terduga.

Spells of Genesis

Spells of Genesis adalah permainan bergaya mobile yang mirip dengan Orbital yang hebat, hanya saja bertema permainan peran fantasi. Pemain melemparkan serangan yang memantul di sekitar panggung dan mengenai semua musuh di sepanjang jalan; tantangannya terletak pada membersihkan musuh Anda sebelum mereka memiliki kesempatan untuk menyerang.

Game berbasis blockchain ini, memungkinkan Anda memiliki kartu-kartu itu, dan dapat berdagang dan menjualnya sesuai keinginan. Elemen itu ada di sana jika Anda ingin menjelajahinya, tetapi untungnya Spells of Genesis sangat menyenangkan bahkan jika Anda tidak menggali lebih dalam.

Sumber: Decrypt.co