Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

5 Cryptocurrency Paling Populer Tahun 2019!

anisa giovanny     Tuesday, December 31 2019

Dunia Cryptocurrency semakin menarik untuk dikenal lebih dalam. Apalagi ini merupakan kelanjutan dari kemajuan teknologi yang bisa berdampak baik bagi masyarakat dunia. Di artikel ini ada 5 cryptocurrency paling populer di tahun 2019 berikut dengan kelebihannya.

1. Bitcoin (BTC)

Bitcoin diciptkan tahun 2008 oleh Satoshi Nakamato, BTC termasuk aset kripto yang pertama kali dikenalkan ke publik. Mata uang digital ini didasarkan pada teknologi buku besar terdistribusi bernama blockchain. Bitcoin juga menguntungkan bagi para penggunnanya karena bisa digunakan setiap saat tanpa melalu perantara. Aset kripto ini menempati posisi pertama karena beberapa alasan.

Pertama ia adalah cryptocurrency tertua dan memilki komunitas pengembang serta investor yang cukup besar sehingga pertumbuhannya pun berkelanjutan.

Kedua, Bitcoin mudah dibeli bahkan untuk pemula karena sudah banyak bursa yang menyediakannya. Ketiga, Bitcoin mulai banyak diadopsi dalam arus utama perekonomian.

Contohnya di perusahaan terkemuka dunia seperti Bloomberg, Microsoft, Overstock.com, Expedia dan lain sebagainya, yang menerima BTC sebagai alat pembayaran.

Baca juga : Panduan Bitcoin untuk Pemula

2. Ethereum

Ethereum adalah cryptocurrency kedua yang paling terkenal setelah Bitcoin. Ia dibuat tahun 2015 oleh Vitalik Buterin. Sebetulnya, Ethereum lebih dari sekadar mata uang digital ia adalah platform berbasis blockchain untun mengembangkan apliksi yang terdesentralisasi dan smart contract.

Nama mata uang yang digunakan di Ethereum adalah Ether.Ini beberapa kelebihan dari Ethereum yang membuatnya banyak diminati. Pertama, Ethereum adalah platform paling populer untuk membuat smart contract yang merupakan suatu hal besar bagi perkembangan cryptocurrency.

Kedua, Ethereum menyediakan platform hebat untuk meluncurkan Initial Coin Offerings (ICOs) untuk proyek-proyek blockchain lainnya.

Mayoritas ICO senilai $ 5,6 miliar pada tahun 2017 diluncurkan di Ethereum. Ketiga, Ethereum memiliki kecepatan transaksi beberapa detik lebih cepat dari Bitcoin.

Baca juga : 5 Cara Bermain Ethereum dengan Mudah

3. Ripple (XRP)

Ripple adalah cryptocurrency yang sangat unik karena berfokus pada penyelesaian masalah yang terkait dengan hanya satu industri yakni transfer pembayaran internasional.

Didirikan pada tahun 2012 dengan tujuan untuk membuat transaksi internasional cepat dan murah. Kelebihan Ripple yang membuatnya populer adalah ia bisa melakukan transfer internasional dalam hitungan detik, dan biaya yang dibebankan juga lebih rendah dibandingka dengan lembaga keuangan dan mata uang digital lainnya.

Selanjutnya, Ripple memiliki kegunaan yang sangat jelas dan fokus, ia mampu memberikan solusi terbaik bagi industri tertentu. XRP saat ini juga menjadi salah satu platform cryptocurrency yang sedang diuji coba di dunia nyata.

Ripple juga memiliki ikatan strategis dengan banyak lembaga keuangan besar yang terlibat contohnya adalah  American Express dan Santander.

Baca juga : Mengenal Ripple Lebih Dekat

4. Bitcoin Cash (BCH)

Sesuai namanya Bitcoin Cash adalah cabang dari Bitcoin. Ia dikenalkan pada 2016 saat komunitas pengembang Bitcoin tidak sepakat mengenai perubahan kode yang diperlukan di BTC.  

Selain itu, BCH diciptakan untuk memecahkan beberapa masalah Bitcoin yang ada, terutama mengenai skalabilitas dan biaya transaksi. Kelebihan Bitcoin Cash hingga membuatnya layak menjadi cryptocurrency paling populer nomor empa.

Pertama transaksi Bitcoin lebih cepat daripada transaksi Bitcoin karena peningkatan ukuran blok menjadi 8MB dibandingkan dengan 1MB Bitcoin. Kedua, rata-rata biaya transaksi Bitcoin saat ini sekitar $1,8 yang turun menjadi $0,067 untuk kas Bitcoin.

5. EOS

Token EOS diluncrukan melalui ICO pada Juni 2017. Platform EOS yang diluncurkan pada Juni 2018 juga diharapkan bisa menjad pesaing langsung bagi Ethereum dan NEO.

EOS dibuat oleh Dan Larimer yang merupakan pendiri dari exchange cryptocurrenccy Bitshares dan situs blogging berbasis blockchain, Steemit. EOS membangun platform bagi pengembang untuk membangun aplikasi yang terdesentralisasi dan smart contract, tetapi dengan peningkatan teknologi yang lebih luas.

Baca juga : Pasar Crypto Kembali Stabil EOS Memimpin Pasar

Itu dia 5 cryptocurrency paling populer di tahun 2019 yang bisa kamu jadikan pilihan jika ingin memulai berinvestasi di dunia cryptocurrency tahun 2020.

Sumber