Mau paham Blockchain?

Belajar Sekarang
TINGKATKAN PEMAHAMAN BLOCKCHAIN MU

Rekomendasi webinar dan materi edukasi teknologi blockchain terkini langsung dari para ahli.

Mau paham Blockchain?

Belajar Sekarang

Mengenal Ekosistem Blockchain Solana

Akhir-akhir ini satu blockchain sedang mengalami ketertarikan yang tinggi, terutama karena keunggulannya dalam menyelesaikan beberapa masalah.

Blockchain tersebut adalah Solana (SOL) yang sedang sering menjadi pusat perhatian akibat teknologinya serta efisiensi dalam operasionalnya.

Peningkatan Ketertarikan Blockchain Solana

Solana memiliki teknologi yang membuat solusi terhadap permasalahan yang ada pada blockchain-blockchain saat ini.

Blockchain generasi pertama seperti Blockchain Bitcoin dan generasi kedua seperti Blockchain Ethereum memiliki dua masalah utama yang ingin Solana selesaikan.

Dua masalah utama tersebut adalah masalah skalabilitas, yang berarti kurang efisien dan kurang cepat dalam memproses transaksi, dan masalah interoperabilitas yaitu hambatan operasi antar blockchain.

Sehingga, mayoritas blockchain generasi ketiga, berdiri untuk menyelesaikan masalah tersebut, dan saat ini Solana nampaknya jadi pemimpinnya.

Hal tersebut karena Blockchain Solana yang dapat memproses sekitar 65.000 transaksi per detik dengan sistem Proof of History.

Kemudian, Solana juga dapat digunakan untuk membangun proyek terkait Sektor Decentralized Finance (DeFi), WEB 3.0, dan gaming atau permainan.

Akibat ketertarikan ini, setiap bulan, ekosistem Solana mengalami peningkatan dalam pengguna blockchainnya, yang membuat ekosistemnya semakin luas.

Dari hanya Maret 2021 ke April 2021, terjadi pertumbuhan yang signifikan dalam ekosistemnya, sekarang nampaknya anggotanya terus meningkat.

Jika ingin investasi ke dalam Solana, perlu diketahui bahwa salah satu sentimen positif di sekitarnya adalah pertumbuhan ekosistemnya ini.

Oleh karena itu, lebih baik jika investor mengetahui isi dari ekosistem Solana sebelum investasi kepada blockchain atau crypto tersebut.

Mengenal Ekosistem Solana

Dalam Blockchain Solana, Terdapat Sekitar 134 Proyek Yang Terbagi Menjadi 15 Kategori.

Kategori tersebut adalah AMM, Aplikasi, DeFi, DeX, CeX, Explorer, Pendana, Pendukung infrastruktur, NFT, Oracle, SPL, Stablecoin, Staking, Alat Developer, dan Wallet.

Kategori Proyek Ekosistem Blockchain Solana

  • AMM atau Automated Market Maker adalahproyek yang fokus untuk memberikan likudiitas untuk sebuah bursa terdesentralisasi agar transaksi tereksekusi dengan cepat.

Terdapat delapan proyek yang masuk ke kategori tersebut beberapanya yaitu Hedgehog, 03Labs, dan Posicle Finance.

  • Aplikasi adalah proyek yang fokus untuk membangun aplikasi terdesentralisasi pada Blockchain Solana, dengan tujuan beragam.

Terdapat 16 proyek aplikasi terdesentralisasi pada Blockchain Solana, beberapa contohnya adalah The Media Network, Solanaroll, Maps, dan Civic.

  • DeFi adalah proyek-proyek yang terkait dengan Sektor DeFi yang memanfaatkan teknologi Blockchain Solana

Terdapat 34 proyek DeFi yang dibangun pada Blockchain Solana, dimana beberapa proyek utamanya adalah Serum, Orca, Oxygen, dan Bonfida.

  • DeX atau Decentralized Exchange adalah bursa terdesentralisasi yang dibangun pada Blockchain Solana.

Terdapat enam DeX yang berdiri pada Blockchain Solana, dimana satu DeX utama yang saat ini mengalami ketertarikan adalah Serum.

  • CeX atau Centralized Exchange adalah bursa tersentralisasi yang menggunakan pihak ketiga dalam operasionalnya sebagai bursa di Blockchain Solana.

Terdapat 17 CeX yang resmi berintegrasi dengan Blockchain Solana, dimana beberapa yang utamanya adalah Binance, Blockfolio, Gate, dan Bitfinex.

  • Explorer adalah proyek yang bertujuan untuk membantu penyediaan beberapa alat untuk memberi informasi dan data tentang blockchain dan crypto.

Terdapat 14 proyek yang bergerak di kategori ini, dimana beberapa proyek utamanya adalah Blockfolio, Solana Project, dan DeFiCompare.

  • Pendana adalah proyek yang bergerak untuk menjadi semacam pemberi dana atau venture capital untuk proyek Solana dan crypto lain.

Terdapat 8 proyek yang berperan sebagai pendana, dengan beberapa contoh utamanya yaitu OKEx, Huobi, MXC, dan Gate Labs.

  • Pendukung Infrastruktur adalahproyek yang fokus untuk memberikan dukungan lengkap terhadap infrastruktur teknologi dalam Blockchain Solana.

Terdapat 16 proyek yang terdapat dalam kategori ini dimana beberapanya adalah, The Graph, BSN, PLasmaPay, dan Fantom.

  • NFT atau Non Fungible Token adalah proyek-proyek yang bertujuan untuk mengayomi seluruh hal terkait NFT di Blockchain Solana.

Saat ini hanya terdapat tiga proyek dalam kategori ini yaitu Kreechures, Metamarket, dan Solarians.

  • Oracle adalahproyek yang yang fokus kepada pembentukan jembatan antara data dunia nyata dan data di Blockchain Solana tanpa ada jeda.

Terdapat tiga proyek yang memberika jembatan ini pada Blockchain Solana yaitu, Chainlink, Band Protoccol, dan Gravity.

  • SPL atau Solana Programming Language adalah proyek-proyek yang bergerak dengan kecocokan Solana. Jika Ethereum memiliki ERC20, Solana memiliki SPL.

Terdapat 12 proyek yang bergerak dalam kategori SPL, dimana beberapa contohnya adalah Sollet, SPL Token UI, Solflare dan MXC.

  • Stablecoin adalah proyek yang fokus untuk mengayomi keberadaan stablecoin seperti Dolar Amerika pada Blockchain Solana.

Terdapat empat proyek yang bergerak dalam kategori penyedia stablecoin ini yaitu BRZ, USDC, Terra, dan Tether.

  • Staking adalah proyek yang bergerak untuk mempermudah staking secara terdesentralisasi. Terdapat satu proyek dalam kategori ini yaitu Stakefi.
  • Alat Developer adalah proyek yang bertujuan untuk mempermudah developer pada Blockchain Solana untuk membangun proyek.

Terdapat delapan proyek yang memberikan kemudahan dengan alat tersebut, dimana beberapa contohnya adalah SolGSN, Sombra, Sollpay dan SoproX

  • Wallet atau dompet digital adalah proyek yang fokus untuk menjadi Wallet untuk integrasi dengan Blockchain Solana.

Terdapat 18 Wallet yang tersedia di Blockchain Solana, dengan contoh utamanya saat ini adalah Sollet, Solflare, Phantom dan Swipe.

SOL Terus Naik

Secara keseluruhan, terdapat 134 proyek dimana ada yang hanya memiliki satu fungsi dan ada yang memiliki lebih dari satu fungsi.

Anggota selengkapnya dalam ekosistem Blockchain Solana dapat dilihat di sini.

Dapat dilihat bahwa pertumbuhan ekosistemnya terus terjadi secara signifikan yang juga membuat crypto asli dari Blockchain Solana, SOL, meningkat secara signifikan.

Hanya dalam kurang dari lima bulan, sejak Januari 2021 hingga saat ini, SOL sendiri telah naik lebih dari 3.500%.

Apresiasi tersebut mendorong mayoritas token di dalam ekosistemnya untuk naik dengan angka yang juga signifikan.

Melihat ketertarikan yang terus meningkat dan juga teknologi di balik blockchainnya yang tergolong baik, ekosistem Solana layak menjadi salah satu pertimbangan dalam investasi crypto.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Kosa Kata

Blockchain

4 weeks ago

zk-SNARK

Blockchain

4 weeks ago

Validator

Blockchain

4 weeks ago

Turing Complete