Altcoin Blockchain

Keunggulan CryptoNote Monero Algoritma CryptoNight

single-image
Koin Monero sampai saat ini menjadi pilihan terbaik bagi beberapa orang yang tidak menginginkan identitasnya. Mengapa kebanyakan orang memilih koin Monero? Monero dibangun dengan protokol CryptoNote menggunakan hashing algoritma CryptoNight. Mengapa protokol dan sistem ini sangat berharga dan banyak digunakan dalam transaksi? Ada beberapa keunggulan cryptonote Monero (XMR), terlebih setelah upgrade hashing cryptonight 7.
Keunggulan CryptoNote Monero
Tidak hanya Monero, beberapa koin cryptonote lain juga banyak ditambang dan digunakan dalam transaksi. Koin-koin yang menggunakan protokol ini dikenal sangat anonim, tidak terdeteksi dan hanya bisa digunakan sekali. Tidak seperti Bitcoin, semua transaksi tercatat dalam buku besar dan bisa digunakan berkali-kali. Itu sebabnya produksi Monero tanpa batas, karena hanya bisa digunakan sekali kemudian dimusnahkan.

Keunggulan CryptoNote Monero

Apa saja keunggulan cryptonote Monero yang bisa diandalkan dan banyak digunakan untuk bertransaksi? Berikut penjelasan singkat tentang protokol anonim yang digunakan Monero dan keluarganya.

1. Pengirim Anonim

CryptoNote dikenal anonim dalam transaksi kepada pengguna diseluruh dunia. CryptoNote mengimplementasikan teknologi ring signature yang memungkinkan untuk menandatangani pesan atas nama grup. Ring signature hanya membuktikan pesan itu dibuat oleh seseorang dari grup, tetapi semua penanda tidak dapat dibedakan satu sama lain.

2. Transaksi Tidak Terlacak

Transaksi tidak dapat dilacak, tidak satupun pengguna yang bisa melihat isi dompet Anda ataupun transaksi yang pernah Anda lakukan. Setelah dana dikirim ke alamat penerima, sangat mustahil untuk menautkan pembayaran ini.

3. Koin Hanya Digunakan Sekali

Tidak seorangpun bisa membelanjakan uang kripto sama untuk yang kedua kali. Bahkan jika semua tanda tangannya anonim, dimana setiap tanda tangan mengandung kunci rahasia yang berlaku satu arah. Kunci ini tidak mungkin dikembalikan agar mencegah pengeluaran koin ganda.

4. Resistensi Analisis Blockchain

Pengiriman berlaku satu kali non-berulang dan kunci campuran dalam ring signature, sistem ini membuat seluruh blockchain resisten terhadap analisis. Setiap transaksi masa depan hanya akan meningkatkan entropi, menciptakan hambatan tambahan bagi seorang analis.

5. Desentralisasi Adaptif Mandiri

Sistem pembayaran terdesentralisasi tidak bergantung pada keputusan satu orang, juga berlaku bagi developer. CryptoNote tidak memiliki konstanta Hard-coded, angka ajaib yang dirancang untuk dihitung ulang berdasarkan keadaan jaringan sebelumnya. Sistem ini akan menciptakan perubahan adaptif dan mandiri, sehingga jaringan berkembang dengan sendirinya.

6. Proof of Work CryptoNight

CryptoNight membawa kesetaraan dengan bukti kerja yang egaliter, memanfaatkan instruksi CPU yang sangat sulit dan terlalu mahal untuk diimplementasikan dalam perangkat khusus. CryptoNight sangat cocok untuk PC biasa, sehingga sekelas Antminer pun baru-baru ini tidak bisa lagi menambang algoritma CryptoNightV7 yang baru diupgrade. Persaingan penambangan Monero dan keluarganya hanya bisa dilakukan melalui CPU dan GPU. Algoritma cryptonight akan terus di upgrade dua kali dalam setahun untuk mencegah penambangan ASIC.
Proyek Monero baru-baru ini mengeluarkan pernyataan resmi tentang perangkat keras ASIC untuk mendukung keunggulan cryptonote.

“Dalam rangka mempertahankan tujuan desentralisasi dan untuk menyediakan penghalang bagi pengembangan ASIC dan untuk melindungi terhadap pengembangan ASIC yang tidak diketahui atau tidak terdeteksi. Tim Monero mengusulkan memodifikasi hasing Cryptonight PoW setiap hardfork terjadwal, dua kali setahun. Modifikasi ringan, dan tidak banyak mengubah kinerja.”

Poin terakhir ini yang sangat dikhawatirkan publik, bagi penambang yang tidak memiliki perangkat kelas atas hanya mengandalkan penambangan CPU dan GPU. Bahkan koin yang dibangun dengan protokol cryptonote sangat memungkinkan ditambang melalui ponsel. Salah satunya yang menyediakan app cryptonote adalah Minergate, menyusul Electronuem (ETN) yang baru-baru ini dirilis.

You may also like