Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Transaksi di DApp Pecah Rekor! Naik Hingga 1.200%

anisa giovanny     Saturday, December 19 2020

Proyek DeFi akan membentuk fondasi ekonomi kripto pada 2021 menurut laporan oleh DappRadar.

Transaksi DApp Capai $270 Miliar

Volume transaksi DApp telah mencapai $270 miliar di 2020, dengan 95% dari angka ini termasuk dalam ekosistem DeFi Ethereum, menurut DappRadar. Ini merupakan peningkatan yang mencengangkan karena berhasil memperoleh peningkatan hingga 1178% dari total tahun lalu sebesar $21 miliar.

Penyedia data blockchain mengungkapkan angka-angka dalam Laporan Industri DApp tahunan. Laporan tersebut mencatat bahwa uang telah mengalir dari BTC ke ETH sepanjang tahun. Hal tersebut mengakibatkan kenaikan harga ETH, dari 0,018 BTC pada 1 Januari 2020 menjadi harga saat ini sebesar 0,028 BTC.

Baca juga: Apa Itu DeFi ? (Pahami DeFi dalam Waktu 3 Menit!)

DappRadar berspekulasi bahwa hasil yang menarik di DeFi adalah “pemicu utama Bitcoin mengalir ke Ethereum. Wrapped Bitcoin (wBTC) dan renBTC RenVM memainkan peran penting dalam memanfaatkan cadangan besar likuiditas Bitcoin untuk DApps.

Laporan tahunan tersebut menyebut 2020 sebagai tahun di mana DApps mencoba tumbuh dengan segala cara.  Laporan itu juga menemukan bahwa hanya 10 DeFi DApps yang menyumbang 87% dari total volume transaksi Ethereum.

3 Teratas Aplikasi DApp

10 DApps tersebut berjumlah lebih dari satu juta pengguna aktif pada bulan November. Posisi tiga teratas diisi oleh DeFi Swap (Crypto.com), Uniswap, dan Compound  mendominasi 930.000 secara total.

Laporan tersebut mencatat bahwa batasan Ethereum menjadi jelas tahun ini karena jaringan secara efektif menemui hambatan dalam hal skalabilitas dengan harga gas rata-rata beberapa kali lebih tinggi daripada tahun lalu.

Kemacetan di jaringan mempercepat munculnya pesaing selama paruh kedua tahun ini. Dengan platform yang ramah DApp seperti Binance Smart Chain, Tron, dan Wax menghitung pangsa yang meningkat pesat dari total nilai transaksi Dapp. Yang juga meningkat adalah keparahan peretasan dan eksploitasi kontrak pintar yang tidak diaudit atau diaudit secara tidak benar yang digunakan oleh proyek DeFi.

DappRadar memperkirakan bahwa lebih dari $ 120 juta telah dicuri di 12 insiden besar pada tahun 2020. DappRadar memperkirakan bahwa “asuransi akan menjadi subkategori ekosistem DeFi penting berikutnya,” sebagai hasilnya. Meskipun mendapatkan banyak perhatian akhir-akhir ini, kategori “Pasar NFT” hanya menunjukkan pertumbuhan yang moderat sepanjang tahun. Kategori “Game” tetap datar dan kategori “gambling” berubah sedikit.

Baca juga: Apa itu DApps (Decentralized Applications)?

Covid-19 Dorong Perkembangan DApp

Laporan DappRadar menyimpulkan bahwa COVID-19 sebenarnya telah berfungsi untuk memperkuat ekosistem DApp dengan mendorong penggunaannya sebagai langkah pemecahan masalah.

“Tampaknya pandemi global meningkatkan perhatian pada solusi yang terdesentralisasi karena percakapan semakin mendalam seputar distribusi pendapatan universal dasar dan sistem manajemen basis data di seluruh dunia, ” tulis laporan itu.

Ke depan, DappRadar memperkirakan bahwa DeFi akan memainkan “peran yang lebih berpengaruh” pada tahun 2021 dan “membentuk fondasi ekonomi crypto” di semua sektor, termasuk NFT, game, logistik, dan kategori DApp lainnya.

Informasi ini bisa kembali didapatkan di sini