3 Kelebihan dan Semua Tentang MoonXBT yang Perlu Diketahui

Anisa Giovanny

5th August, 2021

MoonXBT baru saja melakukan sesi tanya jawab atau Ask Me Anything (AMA) bersama komunitas Indonesia Paham Bitcoin yang berlangsung pada 3 Agustus 2021. Dalam acara ini MoonXBT diwakili oleh Skyline.

Dalam acara ini MoonXBT pun memberikan berbagai penjelasan komprehensif termasuk kelebihan MoonXBT agar mudah digunakan oleh para anggota komunitas. Berikut ini adalah beberapa poin dari AMA MoonXBT bersama dengan komunitas Indonesia Paham Bitcoin.

MoonXbt adalah exchange derivatif ( perdagangan 2 arah ) yang baru diluncurkan pada Juni 2021. Masih terbilang baru namun bursa ini bertekad untuk menyediakan layanan perdagangan derivatif yang mudah, utamanya untuk pemula.

Selain itu masih terdapat ragam promo menarik, salah satunya adalah hadiah $35 bagi para pengguna baru.  Bursa yang beroperasi di Cayman Island ini memiliki berbagai kelebihan.

“ Untuk kelebihan MoonXBT sendiri, setidaknya saya akan mention 3 terbaik, di antaranya adalah fiar price, index price dan low fee,” jelas Skyline.

MoonXBT menggunakan harga berupa Index Price. index price di MoonXBT sendiri merupakan kalkulasi dari dari harga spot market di beberapa exchange besar seperti Binance, OKEx, Huobi, dan Coinbase.

Dengan Index price ini, maka harga akan sangat susah atau hampir mustahil untuk dimanipulasi karena harga di MoonXBT secara real time berdasarkan dari keempat exchange diatas tadi dengan demikian, diharapkan kejadian wick wick tidak akan terjadi di MoonXBT, hal ini juga yang membuat fair price tercipta di bursa. Selanjutnya adalah biaya yang murah, di bursa fee 0% untuk maker dan 0,05% untuk taker.

“ Kami juga memiliki Moon Poin yang memiliki banyak fungsi, salah satunya bisa untuk diskon fee trading atau jika dikumpulkan nantinya bisa ditukar menjadi real usd yang bisa di withdraw,” kata Skyline.

Platform ini juga memiliki kelebihan lain yang sebentar lagi akan dirilis yakni copy trading, dengan layanan ini maka para trader, utamanya yang pemula bisa mengikuti para trader ahli ketika membuka posisi dan mampu menerapkan strategi yang sama.

Demo Trading dan Likuiditas MoonXBT

Agar lebih memudahkan para trader sebelum masuk ke pasar crypto yang sesungguhnya, bursa ini pu telah menyediakan  fitur demo trading dengan modal $10.000, dengan fitur ini para trader bisa  mengenal dan memahami bagaimana platform MoonXBT bekerja lebih lanjut, sehingga ketika memasuki pasar yang sesungguhnya tidak memiliki kesulitan yang berarti.

“Untuk para pemula sudah bisa trading real di MoonXBT dengan open posisi senilai $1,” kata Skyline.

Kemudian soal likuiditas dan orderbook di MoonXBT, Skyline juga memberikan penjelasannya.  Ketika membicarakan likuiditas maka tidak bisa dilepaskan dari alur order.

Trading Mudah di MoonXBT

Skyline menjelaskan, “ Ketika pasang order, order secara otomatis akan dikirimkan ke exchange pendukung yang juga sudah saya sebutkan diatas tadi semakin besar order yang dipasang, maka order tersebut akan dikirimkan ke beberapa exchange pendukung dari MoonXBT itu sendiri jadi dengan kata lain, liquidity di MoonXBT sendiri terbilang aman untuk eksekusi order. Walau begitu perlu bahwa terkadang slippage itu bisa terjadi walaupun hanya 0,0x%.”

Trading Pair dan Skema Funding MoonXBT

Saat ini bursa memiliki 17 pasangan perdagangan, diantaranya ada  BTC, ETH, LTC, XRP, EOS, TRX, ADA, BCH, ETC, BSV, LINK, SXP, UNI, AAVE, DOGE, FIL, DOT. Untuk saat ini pasangan crypto tersebut adalah USDT, bursa ini pun tidak menutup kemungkinan untuk menambah trading pair di masa depan.

Selanjutnya adalah mengenai funding fee platform yang perlu diketahui para pengguna,  MoonXBT sendiri untuk Funding Fee tidak dibayar setiap 8 jam seperti kebanyakan exchange derivatif lainnya.

“ Sebagai gantinya, kami menerapkan sistem Overnight Fee atau kalau bisa di forex disebutnya duit parkir. Overnight Fee ini, hanya dibayarkan setiap pukul 00:00 UTC atau 07:00 WIB dengan kalkulasi overnight fee = Margin * leverage * 0,05%, “ kata Skyline.

Dengan aturan ini artinya jika pengguna yang tidak ingin dikenakan overnight fee maka pengguna bisa menutup posisi ordernya sebelum jam 07.00 WIB atau menonaktifkan opsi overnight fee, hal tersebut penting sebab menonaktifkan opsi overnight fee, maka order akan secara otomatis di close oleh sistem ketika pukul 07.00 WIB.

Kamu bisa melakukan perdagangan real di MoonXBT dengan melakukan deposit, selengkapnya dapat ditemukan di sini. Kamu juga bisa mendapatkan informasi terbaru dari MoonXBT di sini

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency