Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Survey Bitcoin di Indonesia 2020: Ketertarikan tentang Bitcoin Meningkat

anisa giovanny     Wednesday, December 30 2020

Kabar Bitcoin di 2020

Covid 19 membuat gelombang mata uang digital semakin berkembang,  pandemi ini membuat Bitcoin menunjukan keperkasaannya dibandingkan aset lain karena mengalami pemulihan harga yang luar biasa. Dari maret yang bernilai $4.000-an, di akhir tahun 2020 Bitcoin berhasil meraih harga tertingginya yakni $28.000. 

Adopsi Bitcoin semakin meningkat dengan terlibatnya institusi besar seperti Microstrategy dan Square yang memborong Bitcoin. PayPal dan bank Asia Tenggara terbesar yakni DBS juga semakin terbuka dengan aset crypto. 

Bagaimana Kabar Bitcoin di Indonesia? 

Di Indonesia Bitcoin sudah menjadi aset legal untuk diperdagangkan sebagai komoditas sejak September 2018. Bursa cryptocurrency per 2020 yang sudah terdaftar di Indonesia melalui Bappebti berjumlah tiga belas bursa. Di sana para trader atau pedagang aset kripto bisa melakukan jual beli dengan aman dan nyaman, karena bursa-bursa tersebut sudah melewati serangkaian seleksi ketat dari Bappebti. Apabila pelanggan melakukan perdagangan di bursa tersebut, mereka memiliki perlindungan hukum sesuai dengan aturan yang berlaku. 

Menurut data dari Indodax, jumlah trader di Indonesia tercatat sebanyak 1,5 juta orang dengan total transaksi mencapai Rp22,6 triliun dalam bentuk aset crypto.  

Baca juga: Survey Bitcoin di Indonesia Membuktikan !

Berdasarkan survei yang  dilakukan Coinvestasi pada November 2020 kepada 1.000 pengguna ponsel Indonesia, pria dan wanita, berusia 16- 45, dengan kisaran pengeluaran bulanan <$ 100 -> $ 750 dari semua kelas SES dalam populasi umum. Ditemukan jika 81% responden ingin pelajari lebih lanjut tentang Bitcoin. 79% responden pernah mendengar tentang Bitcoin, 70% responden mengaku mengerti bahwa Bitcoin bisa digunakan untuk investasi dan 57% responden menjawab  mereka akan membeli Bitcoin di 12 bulan mendatang

“Saya pertama kali mendengar tentang Bitcoin  di 2019. Saat itulah saya membaca berita tentang Pak Jokowi yang  mengajak generasi muda  untuk mempelajari tentang Bitcoin dengan berbagai acara,” kata Rifky Pambudi, 31, Wirausaha.

Ketertarikan Masyarakat dengan Bitcoin

Berdasarkan survey yang dilakukan Coinvestasi, orang Indonesia mengungkapkan berbagai alasan minat mereka, dan perspektif investasi keuangan menjadi yang dominan. Mereka juga memiliki keyakinan jika mata uang crypto memiliki potensi transformatif dan keamanan yang baik karena sistemnya yang terdesentralisasi.  47,52% Orang Indonesia yang disurvei mengungkapkan motivasi mereka tertarik dengan Bitcoin adalah karena harga, sedangkan 31,68% tertarik dengan teknologi di belakang Bitcoin.

Baca juga: Industri Cryptocurrency dan Blockchain di Indonesia Alami Pertumbuhan Besar-besaran

Masa depan Bitcoin di Indonesia

Tahun ini Bitcoin mengalami bull run yang sangat mengesankan, ini membuat nama Bitcoin jadi pembicaraan di mana-mana.  Hal tersebut akhirnya membuat masyarakat yang tadinya awam menjadi penasaran dengan Bitcoin.  Dengan masifnya pemberitaan dan naiknya harga Bitcoin, survey Coinvestasi menemukan jika 81,19 persen orang Indonesia menyatakan minat untuk belajar lebih banyak tentang Bitcoin. Angka ini lebih tinggi dibandingkan tahun 2019 yang sebesar 66%.

Dengan pasar potensial lebih dari 260.000.000 penduduk di 14.000 pulau yang berbeda, nampaknya Bitcoin bisa berkembang pesat di dalam negeri. Apalagi dengan teknologi dan kemudahan yang ia bawa. Adanya Bitcoin ini juga dapat membantu banyaknya masyarkat yang masih belum memiliki akses ke bank tradisional. Dengan Bitcoin proses transfer bisa menjadi opsi karena ia mudah, tanpa pihak ketiga, murah dan aman karena terdesentralisasi.

Ingin jadi bagian dari perkembangan Bitcoin di Indonesia? Kamu bisa mulai membeli Bitcoin kurang dari Rp.100.000 saja.

Mulai trading Bitcoin di Pintu sekarang 💰