Berita Altcoins · 6 min read

Sisi Teknologi dan Finansial The Merge Menurut Consensys

Sisi Teknologi dan Finansial The Merge

The Merge sudah di depan mata, tim developer inti Ethereum telah menetapkan tanggal 15 September akan jadi hari di mana Ethereum resmi berpindah dari mekanisme proof of work ke proof of stake.

Momen ini begitu dinantikan karena membutuhkan waktu tujuh tahun untuk disiapkan. Marouen Zelleg Strategis Sales Director Consensys mengungkapkan jika The Merge ini bisa dilihat dari dua sisi, yakni teknologi dan finansial. 

Consensys adalah perusahaan perangkat lunak Ethereum yang memungkinkan pengembang, perusahaan, dan orang-orang di seluruh dunia untuk membangun aplikasi generasi berikutnya, meluncurkan infrastruktur keuangan modern, dan mengakses web yang terdesentralisasi. Perusahaan ini didirikan oleh Joseph Lubin yang merupakan Co Founder Ethereum. 

“ Dari sisi teknologi tentu The Merge menjadi lebih penting karena menjadi bagian besar dari rencana skalabilitas Ethereum untuk menjadi versi Ethereum yang lebih baik. Jadi, tentu saja kami berharap langkah ini dijalankan dengan sempurna,” katanya saat ditemui di Coinfest Asia 2022. 

Skalabilitas di Ethereum yang sudah beralih konsensus itu diprediksi akan menjadi kunci untuk terciptanya inovasi dan adopsi yang lebih luas di blockchain Ethereum.

Karena Ethereum akan memperbarui pendekatan jaringan terhadap partisi data, menggunakan proses yang dikenal sebagai sharding. 

Kemudian akan ada inovasi baru yang digunakan bernama “rollup” yang akan memproses transaksi off-chain, namun proses ini masih memiliki risiko terhadap keamanan Ethereum.

Perihal hal ini, pihak Ethereum berjanji untuk mengatasi hal tersebut dan menawarkan  pengembang throughput yang diharapkan dari database atau layanan cloud.

Untuk keamanan menurut Consensys, proof of stake akan memberikan  jaminan keamanan yang lebih kuat bagi pengguna dan pengembang Ethereum.

Saat diluncurkan, Ethereum akan memiliki area permukaan yang luas, dengan validator sepuluh kali lebih banyak dari gabungan semua blockchain PoS lainnya.

Selain itu, ETH yang dipertaruhkan untuk mengamankan jaringan menyiratkan biaya serangan akan lima kali lebih besar daripada biaya untuk memasang serangan serupa pada jaringan Bitcoin.

Karena semakin banyak validator yang bergabung dan semakin banyak ETH yang dipertaruhkan, keamanan jaringan terus meningkat.

Consensys juga menjelaskan jika kebutuhan energi jaringan blockchain Ethereum akan berkurang dalam jumlah signifikan hingga 99,95%.

Dengan penurunan konsumsi energi ini, Ethereum bisa berkelanjutan untuk mendukung dunia aplikasi yang berkembang yang dibangun oleh pembuat dan pengembang Web3 generasi berikutnya. 

“ Saya pikir dari sudut pandang Consensys, kami memiliki banyak anggota tim yang terlibat dan pada dasarnya memandu proses merge, testnet dan sebagainya. Jadi kami sangat memperhatikan itu dan kami akan memastikan bahwa itu sukses,” katanya. 

Baca juga: 7 Kesalahpahaman The Merge Ethereum

Optimis Harga Ethereum Naik

Sementara itu dari sisi harga Zelleg menjelaskan jika pada akhirnya inovasi dan kegunaan yang dibawa Ethereum nanti bisa menjadi pendorong untuk kenaikan harga. 

“ Banyak diskusi seputar The Merge yang bisa memengaruhi harga atau tidak, dan mayoritas setuju kalau akan ada pengaruhnya, tetapi yang perlu kita lihat lebih luas adalah bagaimana The Merge ini bisa memberikan peluang untuk bisnis baru dan kegunaan yang lebih beragam, dari manfaat ini nantinya bisa mendorong harga untuk naik” imbuhnya.

Baca juga: Prediksi Harga Ethereum Setelah The Merge 

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.