Berita Blockchain

Pundi X Umumkan Kerjasama Resmi dengan HARA Token

single-image

Pundi X Umumkan Kerjasama Resmi dengan HARA Token. Pagi ini dilansir dari blog Pundi X, Pundi X dengan bangga mengumumkan kerja sama resmi dengan HARA Token, sebuah project blockchain Indonesia yang bertujuan merevolusi dunia agrikultur dengan data. Pundi X akan menyebarkan mesin XPOS kepada para petani untuk membantu memfasilitasi pengumpulan data dan inklusi finansial di negara-negara berkembang.

HARA, yang berbasis di Indonesia, mengumpulkan data agrikultur dan rantai suplai makanan secara real-time di pasar untuk meningkatkan produktivitas, keuntungan, dan taraf hidup para petani dan pekerja. Para petani, yayasan non-profit, dan mitra lainnya akan diberikan insentif untuk memberikan data-data ekologikal, panen, dan kondisi pasar dengan token HART, di mana token ini dapat dimonetisasi.

Dalam kerja sama ini, mesin XPOS Pundi X akan digunakan para petani untuk mendistribusikan insentif token ini. Mesin XPOS akan disebarkan ke seluruh desa di Indonesia, di mana sebagai permulaan 1 mesin dapat diakses oleh 200 petani di setiap area.

HARA sudah memiliki jaringan kemitraan yang kuat di seluruh Indonesia. Pada tahun lalu, HARA sudah mengumpulkan data pertanian dari kurang lebih 10.000 petani dengan dukungan pemerintah dan Bupati lokal.

Baca Juga: Mantan Menteri Keuangan RI Dukung Proyek Blockchain HARA

Data yang terkumpul tidak akan hanya digunakan untuk ditukar dengan insentif token, tetapi juga digunakan untuk meningkatkan pengelolaan sumber daya pertanian agar lebih efisien. Adanya mekanisme ini akan meningkatkan taraf hidup para petani, sesuai dengan pernyataan Bank Dunia bahwa penginkatan produktivitas pertanian sebanyak 1% akan mengurangi jumlah masyarakat yang hidup dalam kemiskinan.

HARA akan mentargetkan 7 pasar pertanian lainnya di Asia Tenggara, Asia Selatan, Amerika Latin, dan Afrika Timur. Perkiraan pengguna di seluruh wilayah ini mencapai 2 juta pengguna.

Kerja sama antara HARA dan Pundi X ini juga akan membantu proses inklusi finansial bagi para petani yang dapat menggunakan mesin POS berbasis blockchain tanpa memerlukan peran institusi finansial. Lebih dari 50% konsumen di Indonesia masih termasuk dalam kategori “unbanked” – atau yang berarti tidak terjangkau oleh institusi keuangan – walaupun jumlah institusi perbankan sudah mencapai lebih dari 200 di seluruh Indonesia.

“Tujuan utama didirikannya Pundi X adalah untuk memberikan manfaat penggunaan teknologi Blockchain dan pembayaran digital kepada masyarakat ‘unbanked’ sehingga inklusi finansial dapat tercapai” kata Constantin, presiden Pundi X. “Kami bangga mesin POS Pundi X akan segera disebarluaskan dalam jaringan ratusan juta petani HARA untuk membantu meningkatkan kehidupan mereka lebih baik lagi”

Pundi X, HARA

Regi Wahyu, co-Founder dan CEO HARA, berkata: “HARA telah mendedikasikan diri untuk menyambungkan bagian yang hilang dalan dunia pertanian global sehingga dapat bermanfaat bagi banyak orang di bagian rantai suplai. Data yang sudah dikumpulkan dari para petani akan dapat bermanfaat di bidang transportasi, bagi para konsumen, atau bahkan bagi sektor pemerintah dan bisnis.”

“Masuknya mesin POS Pundi X ke dalam ekosistem HARA membantu kami untuk menyelsaikan masalah lainnya, yaitu mmeproses pembayaran secara digital di dalam jaringan populasi yang belum tersentuh oleh institusi keuangan”, tegas Regi.

Untuk mengumpulkan dana, HARA sedang melakukan Initial Token Sale melalui platform Liquid dan Tokenomy. Periode pre-sale akan berakhir pada Selasa, 13 November 2018 pukul 09.00 WIB, yang kemudian akan dilanjutkan dengan periode public sale dari 13 November 09.00 sampai 30 November pk 09.00 WIB.

Sumber: Blog Pundi X

You may also like