Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Platform DeFi Warp Finance Diserang, Stablecoins $7,7 Miliar Hilang!

Naufal Muhammad     Friday, December 18 2020

Platform Decetralized Finance (DeFi) berbasis lending protocol, Warp Finance, dikabarkan telah mengalami serangan flash loan. Akibatnya Warp Finance kehilangan sekitar $7,7 Miliar dalam bentuk stablecoins

Platform DeFi Warp Finance Diserang

Warp Finance menyatakan bahwa serangan ini membuat pengguna dapat meminjam uang lebih dari nilai jaminannya. Akibat dari hal tersebut, terjadi kerugian bagi para pengguna yang berperan sebagai pemberi pinjaman.

Flash loans sendiri adalah sebuah sistem yang memberikan pinjaman tanpa perlu adanya jaminan. Namun dalam sistem ini terdapat syarat bahwa dana yang dipinjam dapat harus dikembalikan dala msatu transaksi blockchain.

Baca juga: Proyek DeFi Akropolis Diretas, Rp28 Miliar DAI Lenyap

Hingga saat ini Warp Finance masih belum menjelaskan bagaimana penyerangan ini terjadi atau stablecoin mana yang hilang. Namun Nick Chong dari Hex Capital menyatakan bahwa transaksi flash loan yang baru saja terjadi terlihat besar pada dua koin.

Dua koin yang kemungkinan menjadi tempat kerugian Warp Finance adalah DAI stablecoin dan USD Coin. Secara spesifik, tercatat bahwa terdapat 3,85 Juta DAI dan 3,92 Juta USD Coin dalam kontrak Warp Finance.

Sehingga kemungkinan jika kehilangan berasal dari kedua koin tersebut, kehilangan ini akan bertotal sekitar $7,7 Juta. Hal ini disebabkan oleh nilai stablecoin yang umumnya mencerminkan pergerakan Dolar Amerika dimana 1 stablecoins = 1 Dolar Amerika.

Tanggapan Mengenai Penyerangan

Warp Finance menyatakan bahwa mereka akan berusaha memulihkan sekitar $5,5 Juta yang masih berada di tempat penyimpanan. Setelah pemulihan dana berhasil dilakukan, langkah pertama yang akan dilakukan adalah pengembalian dana kepada pihak yang kehilangan.

Dinyatakan bahwa Warp akan memberikan penjelasan lebih rinci dalam beberapa hari ke depan. Sehingga sampai saat ini belum ada kabar yang jelas secara rinci mengenai penyerangan yang terjadi dan rincian penanggulangannya.

Baca juga: Fitur Flash Loan Dieksploitasi, Compound Rugi Rp1,4 Triliun!

Tetapi kejadian ini mencerminkan bahwa ke depannya Warp perlu meningkatkan keamanan dalam jaringan berbasis lendingnya. Hal ini disebabkan akan lebih banyak pihak lagi yang melakukan pencurian secara implisit melalui flash loan.

Mengingat serangan yang menyebabkan kehilangan sebesar $7,7 Juta ini terjadi hanya dalam satu jam, peningkatan kualitas sangat perlu dilakukan. Sehingga ke depannya sistem flash loan akan terus bergerak sesuai fungsi nyatanya yaitu memberikan jasa keuangan kepada pihak yang tersingkir oleh bank (unbankable).

Artikel selengkapnya dapat dibaca di sini