MoonXBT Platform Trading Derivatif Sederhana Bagi Pemula

Anisa Giovanny

4th July, 2021

Pasar crypto kini tengah lesu akibat harga berbagai aset dominan mengalami penurunan dan belum ada tanda mengalami kenaikan berarti. Bagi investor aset crypto di pasar spot tentu hal ini bisa jadi merugikan, terutama bagi mereka yang beli aset ketika harganya termasuk tinggi.

Bagi yang masuk di pasar spot hal yang bisa dilakukan adalah menunggu agar market pulih dan kuat kembali seperti awal tahun ini. Namun meraih keuntungan tentu tidak bisa dilakukan dengan menunggu, ada opsi lain yang bisa jadi alternatif jika ingin tetap memanfaatkan pergerakan harga crypto yang volatil.

Caranya adalah melakukan perdagangan derivatif dengan kontrak berjangka yang sudah banyak tersedia. Dengan perdagangan jenis ini pengguna memperdagangkan kontrak dari aset dengan menggunakan margin (dana pinjaman) dan leverage (tingkatan untuk memperkuat posisi).

Trading derivatif bisa sangat menguntungkan jika pengguna mengetahui cara kerjanya, trading jenis ini pun banyak ditemukan diberbagai platform.

Salah satu platform yang menyediakan perdagangan kontrak berjangka adalah MoonXBT, platform ini masih terbilang baru dan diluncurkan pada tahun 2021. Platform ini memberikan model perdagangan yang sederhana dengan  harga wajar serta  leverage tinggi hingga 150 kali. Selain itu, moonXBT juga memberikan reward spesial setara $35 khusus untuk user yang baru mendaftar.

Trading Mudah di MoonXBT

Trading pun bisa dilakukan mulai dari 1 dolar, dan likuditas yang cukup besar. Platform ini memiliki ketersediaan global dan situs web  yang cukup baik dengan memiliki kantor pusat di Kepulauan Cayman dan memiliki kantor di Singapura, Malaysia, Vietnam, Hong Kong, Korea Selatan, dan Jepang.

Saat menggunakan platform perdagangan MoonXBT, pengguna  akan menemukan bahwa struktur biaya sangat transparan dan terstruktur dengan baik. Platform ini menawarkan tampilan perdagangan multi-layar, pengaturan take profit dan stop loss dengan memberikan tampilan yang mudah dipahami.

Keunikan dari MoonXBT

Platform ini memiliki keunikan dengan menyediakan layanan light contract trading atau perdagangan kontrak yang ringan. Tidak seperti produk perdagangan kontrak lainnya, perdagangan kontrak MoonXBT Light dapat diakses, dimengerti, dan cepat. MoonXBT telah meluncurkan produk ini dengan tujuan agar “semua orang dapat memahami, semua orang dapat menggunakannya.”

MoonXBT, saat ini, mendukung 17 pasangan perdagangan, termasuk cryptocurrency seperti BTC, BCH, ETH, LTC, EOS, XRP, TRX, ETC, DOGE, ADA, BSV, LINK, SXP, UNI, AAVE, FIL, dan DOT. Platform ini tersedia di sekitar 200 negara di dunia.

Keuntungan Menggunakan Light Contract Trading MoonXBT

Layanan ini menyediakan 150 kali leverage untuk memaksimalkan keuntungan pengguna. Leverage adalah kelipatan dari penguatan modal yang digunakan oleh trader. Dengan menggunakan leverage, trader dapat menggunakan lebih sedikit dana dan memaksimalkan volume transaksi.

Misalnya, harga spot naik 1%, dan keuntungan meningkat 100% jika  kamu menggunakan 100 kali leverage. Namun, jika harga turun 1%, kamu akan menderita kerugian 100% pada leverage 100x. Karena itu perdagangan jenis ini harus dilakukan dengan cermat dan manajemen riisko yang baik. Untuk mempermudahnya MoonXBT pun menyediakan tampilan perdagangan yang mudah dilakukan.

Biaya MoonXBT

Biaya komisi serendah 0,05% di platform perdagangan MoonXBT. Pengguna  juga bisa mendapatkan diskon dengan menggunakan MoonPay. Minimal deposit di MoonXBT adalah 20 USDT dengan biaya deposit nol. Pengguna bisa mendapatkan potongan harga dan melakukan simulasi transaksi secara gratis.

MoonXBT membebankan dua jenis biaya perdagangan yakni saat membuka dan menutup posisi.  Pengguna perlu membayar biaya transaksi 0,05% saat akan membuka posisi dan tidak perlu membayar biaya lain saat menutupnya. Pengguna pun dapat menggunakan MoonPay untuk mengurangi 30% dari biaya prosedur.

Namun jika pengguna menutup posisi sebelum hari perdagangan baru yakni sebelum (00.00 UTC) dimulai, MoonXBT tidak akan membebankan biaya apa pun kepada pengguna. Jadi biaya hanya dibebankan jika pengguna membuka posisi lebih dari semalam.

Bagusnya lagi dalam perdagangan light contract, tidak ada biaya pengiriman atau modal yang ada hanya membayar biaya spread yakni ,perbedaan antara harga beli dan harga jual pasangan perdagangan. Saat melakukan perdagangan kontrak, seseorang harus membayar biaya spread agar mereka dapat mengeksekusi posisi mereka.

Selain itu biaya penarikan untuk MoonXBT teerbagi menjadi tiga tergantung dengan jaringan blockchain yang digunakan. Dalam jaringan OMNI adalah 28 USDT, ERC 20 adalah 20 USDT dan TRC20 adalah 1 USDT. Pengguna bisa memilih jaringan blockchain yang mereka inginkan.

Keamanan MoonXBT

MoonXBT menangani dana pengguna dengan menyimpannya di cold storage. Untuk lebih memperkuat keamanan, mereka menggunakan teknologi multi-signature dan 2FA. Pengguna juga diharuskan untuk menyelesaikan verifikasi KYC sebelum menarik dana.

Jika kamu membuat kesalahan dengan berinvestasi terlalu banyak dan mengambil risiko yang lebih tinggi, sistem kontrol risiko MoonXBT akan membantu kamu meminimalkan risiko berlebih dan bahkan penalti. Mereka akan segera mengganti kerugian ini dengan menggunakan dana asuransi platform.

Tertarik menggunakan MoonXBT?  Kamu bisa menemukan platform ini  via website atau menggunakan aplikasi yang diunduh di PlayStore atau App Store.

Kamu juga bisa mendapatkan informasi MoonXBT di telegram atau twitter resmi mereka.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency