MetaMask Blokir Transaksi Ethereum di Beberapa Yurisdiksi

Rossetti Syarief

5th March, 2022

MetaMask telah memblokir pengguna dari yurisdiksi tertentu untuk mengakses layanannya dan berinteraksi dengan Ethereum.

Sejauh ini, pengguna dari Venezuela dan Iran telah diblokir, dengan ratusan pengguna di negara tersebut mengatakan tidak ada transaksi mereka yang terkirim maupun dikirim melalui MetaMask direalisasikan.

Contoh larangan pertama terlihat di OpenSea, yang dilaporkan mengunci dan menonaktifkan pengguna dari beberapa pengguna Iran. 

Sementara pengguna dari Venezuela mulai melaporkan masalah dengan tidak bisa mengakses MetaMask wallet mereka sendiri. Alhasil, ribuan pengguna mengeluhkan masalah ini dilamar media sosial mereka.

MetaMask Blokir Transaksi Ethereum, Kenapa?

MetaMask secara singkat membahas masalah ini di support page miliknya, dengan mengatakan MetaMask dan Infura tidak akan tersedia di yurisdiksi tertentu karena kepatuhan hukum. 

Saat mencoba menggunakan MetaMask di salah satu wilayah tersebut, pengguna akan menerima pesan yang menyatakan bahwa ‘MetaMask tidak dapat terhubung ke host blockchain‘.

Meski begitu, pengguna tetap bisa melihat saldo serta riwayat transaksi mereka, namun segala upaya untuk berinteraksi dengan jaringan Ethereum akan diblokir. 

Dengan begitu, bisa disimpulkan jika larangan tersebut berasal dari Infura, infrastruktur API Ethereum yang dikembangkan oleh ConsenSys.

Meskin terkedala karena kepatuhan hukum yang berlaku, larangan transaksi MetaMask pada ETH seperti ini telah menyebabkan kemarahan di komunitas crypto.

Banyak pengguna yang mengaku kecewa, bahkan tokoh terkenal sekalipun ikut angkat bicara. Mereka menganggap fenomena ini sebagai bentuk dari kurangnya desentralisasi dan penggunaan sensor yang liberal.

Insiden yang sedang berlangsung juga telah memicu perdebatan di seluruh industri tentang pentingnya menggunakan VPN yang aman saat berinteraksi dengan mata uang crypto dan perlunya alternatif yang layak untuk MetaMask.

Baca Juga: Akitivitas Metamask Swap Meroket Karena Rumor

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.