Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Salah Satu Koin Ethereum DeFi Jatuh dari Kapitalisasi $1,5 Juta ke $15 Ribu

Naufal Muhammad     Wednesday, December 16 2020

Jaringan Ethereum DeFi adalah salah satu inovasi yang sedang terus berlanjut beberapa bulan terakhir. Jaringan ini telah menjadi wadah untuk beberapa koin crypto yang salah satunya adalah DistX yang sayangnya diduga menjalani kasus penipuan.

Pendiri DistX Kabur! Diduga Melakukan Penipuan

Penipuan dan hilangnya beberapa platform pada sektor DeFi telah meningkat dengan sangat drastis dalam beberapa bulan terakhir. Hal ini membuat media dan regulator kesulitan untuk terus mengikuti kasusnya, yang sering kali juga diikuti oleh jaminan kata-kata bahwa yang dilakukan bukanlah penipuan.

DistX menjadi salah satu proyek yang diduga melakukan hal yang sama akibat salah satu pihak yang tidak bertanggung jawab. Diduga bahwa salah satu pendiri terus mendorong kapitalisasi pasar untuk naik ke suatu titik dan kemudian kabur dengan menjual kepemilikannya di harga yang lebih tinggi.

Baca juga: Ini Cara DeFi Diadopsi Semakin Luas Lagi!

Hal ini membuat investor tertinggal dengan kepemilikannya yang sudah lebih rendah dari harga awalnya akibat penjualan pendiri. Koin ini jatuh dari kapitalisasi sebesar $1,5 Juta menjadi hanya $15, Ribu dalam satu hari.

DistX, berbeda dengan district0x, menyatakan dirinya sebagai platform token sale atau pengumpulan dana dengan kompensasi koin. Pemegang koin DistX tidak hanya dijanjikan koinnya saat resmi terbit, namun juga dijanjikan 2% dari penjualan jika memiliki kepemilikan yang besar.

Pertumbuhan Harga Setelah Resmi

Setelah resmi tersedia di Bulan Agustus koin ini berhasil menyentuh harga tertinggi pada $0.25 sebelum turun ke $0.06 hingga $0.08 bulan lalu. Kemudian, pada akhir pekan kemarin, harganya turun hingga mencapai $0 .

Kapitalisasi pasar yang terlihat pada 14 Desember 2020 adalah $1,5 Juta yang kemudian turun ke $8.670. Saat ini kapitalisasi pasarnya telah berubah menjadi $15 Ribu dan masih bergerak di sekitar angka tersebut.

Harga DistX diambil dari CoinGecko

Seperti yang sebelumnya dilaporkan CryptoSlate, pendiri dari DistX, Adrian Daluz mengumumkan bahwa pada 13 Desember 2020 mereka akan tutup. Penutupan project ini didasari dari gagalnya penjualan keempatnya.

Namun, Daluz menyatakan bahwa perusahaan tidak akan meninggalkan investor dan akan membantu mendorong harga. Tujuannya adalah agar investor bisa keluar dengan harga yang lebih tinggi sehingga investasinya tetap layak.

Janji Palsu

Tetapi, pernyataan tersebut dipatahkan oleh beberapa transaksi dari 192 Ethereum senilai $112 Ribu yang tujuan awalnya adalah sebagai dana pendorong harga. Sehingga menurut WARONRUGS, kelompok anti penipuan, hal tersebut adalah salah satu pertanda untuk berhati-hati akibat potensi penipuan.

CEO dari TrustSwap, yang tidak terikat dengan DistX, menyatakan bahwa beliau sedang bekerja sama dengan DistX. Kerja sama ini bertujuan untuk mencari solusi agar tetap bisa menjaga nilai investasi dari pemegang koin.

Saat ini perusahaan masih belum memberikan komentar apa pun dan media sosialnya telah resmi dihapus. Komentar-komentar pada grup Telegram juga sudah dimatikan, yang menjadi pertanda buruk untuk investor DistX ke depannya.

Kejadian seperti ini sangat banyak terjadi di dunia crypto dan sayangnya masih banyak investor yang kurang teredukasi dan tertipu. Tetapi terlihat bahwa investor DistX masih belum terlalu peduli dengan kejadian ini, akibat tuntutan mereka yang tidak besar terhadap investasinya.

Artikel selengkapnya dapat dibaca di sini