Ini Pendorong Lanjutan Bull Run, Menurut Bursa Ternama

Naufal Muhammad

10th August, 2021

Kemarin, Indonesia baru saja menjadi tuan rumah untuk salah satu acara blockchain terbesar di dunia yaitu Indonesia Blockchain Week.

Acara ini masuk ke liputan beberapa media internasional dan bahkan terdaftar di Coinmarketcal yang membuat banyaknya perhatian tertuju kepadanya.

Dalam salah satu sesi acara tersebut terdapat peyampaian materi dari empat perwakilan dari bursa ternama di Indonesia dan dunia.

Perbincangan tersebut membahas mengenai beberapa hal, namun yang menarik perhatian adalah pembahasan mengenai sentimen pendorong lanjutan bull run.

Sentimen Pendorong Lanjutan Bull Run

Terdapat empat pembicara dalam acara tersebut dimana pertama adalah perwakilan dari Coinbase, Pintu, Zipmex, dan Gemini.

Setelah ditanyakan oleh moderator mengenai apa yang bisa mendorong kelanjutan dari bull run ini, pihak pertama yang berbicara adalah Hassan Ahmed, dari Coinbase.

Ia menyatakan bahwa ada beberapa hal yang dapat mendorong kembali terjadinya bull run yaitu pertumbuhan sektor Decentralized Finance (DeFi), Non Fungible Token (NFT), dan adopsi institusi.

Selanjutnya ia juga menambahkan bahwa ke depannya mayoritas crypto akan naik karena memang sudah naluri dari siklus halving bitcoin.

Namun titik utama yang digarisbawahi oleh pembicara adalah mengenai pertumbuhan adopsi yang menurutnya dapat menjadi pendorong apresiasi lebih tinggi.

Pernyataan mengenai adopsi juga disetujui oleh pembicara lain dimana pihak dari Gemini, Jeremy Ng, menyatakan bahwa adopsi institusi menjadi hal yang penting.

Namun ia melengkapi bahwa adopsi institusi tidak akan cukup karena semua baru akan terjadi setelah terdapat regulasi yang jelas terutama di Amerika.

Permasalahan regulasi ini juga disetujui oleh perwakilan dari Pintu, Pendirinya, Jeth Soetoyo yang menyatakan bahwa regulasi dapat memberi ketenangan untuk investor institusional.

Dengan adanya regulasi institusi keuangan akan lebih tenang dan berujung akan investasi dengan dana yang lebih besar terhadap pasar crypto.

Terakhir perwakilan dari Zipmex, yang merupakan CEO dan Pendiri, Marcus Lim, menyatakan bahwa regulasi menjadi hal yang penting namun ada hal lain juga.

Hal lain tersebut adalah kesadaran oleh investor yang dapat mendorong apresiasi harga lebih tinggi dari sisi ritel.

Walau efek akan lebih besar dari institusi, ritel masih memiliki peran. Dengan semakin teredukasinya ritel, menurutnya potensi apresiasi harga crypto akan lebih tinggi.

Edukasi ini menjadi hal yang penting terutama dengan banyaknya influencer yang mencoba menggerakan harga dan menggiring opini

Sehingga menurutnya yang juga disetujui oleh pembicara lain, investor ritel perlu mengedukasi diri sebelum investasi.

Tujuannya adalah agar tidak terjebak oleh manipulasi harga yang dapat membawa stabilitas dalam jangka panjang.

Pandangan Pertumbuhan DeFi

Salah satu topik yang juga dibahas adalah mengenai dominasi Ethereum saat ini yang juga menjadi pendukung pertumbuhan DeFi.

DeFi menurut seluruh pembicara adalah salah satu hal yang penting yang wajib diketahui oleh investor.

Hal ini disebabkan DeFi mencerminkan apa yang sebenarnya crypto ingin berikan, yaitu sistem keuangan terdesentralisasi.

Selanjutnya DeFi juga merupakan sebuah sistem yang menurut mayoritas pembicara telah tahan terhadap guncangan yang dapat membuatnya besar.

Menurut Jeth Soetoyo, DeFi dapat tumbuh akibat jasanya yaitu di sektor peminjaman, serta staking dan farming yang memberi keuntungan.

Keuntungan ini dapat menjadi alternatif untuk sektor perbankan yang saat ini sedang mengalami penurunan dalam suku bunga.

Pernyataan tersebut disetujui oleh Marcus Lim dan Jeremy Ng, dimana DeFi dapat menutupi keuntungan yang rendah dari bank dan dapat bersaing dengan bank.

Zipmex juga saat ini mengabarkan bahwa ia sedang dalam tahap untuk integrasi antara bursanya yang tersentralisasi dengan dunia DeFi.

Tujuannya adalah memberikan keuntungan maksimal untuk investor, yang nampaknya juga merupakan langkah dari Coinbase.

Namun Hassan mengatakan bahwa institusi pemerintah yang meregulasi tetap akan ada dan dibutuhkan, namun DeFi dapat tetap tumbuh.

Saat membahas tentang DeFi terdapat perbincangan mengenai Flippening atau kondisi dimana Ethereum akan mengalahkan kapitalisasi pasar Bitcoin.

Pembahasan Flippening

Ketika berbincang mengenai hal tersebut, terdapat beberapa pandangan berbeda dimana Jeth menyatakan bahwa hal tersebut adalah sebuah kemungkinan namun masih jauh.

Jeth juga menambahkan ada baiknya edukasi perlu dilakukan agar dapat memilih aset yang tepat dan juga agar dapat menganalisis kondisi Flippening dengan baik.

Marcus nampaknya memiliki pandangan berbeda dimana walau menurutnya Ethereum berjaya, akan banyak kompetisi sehingga tidak akan ada satu blockchain paling unggul.

Ia menganggap bahwa saat ini banyak proyek lain yang juga dapat mengalahkan Ethereum seperti salah satunya adalah Solana.

Hal ini disebabkan inovasi dan juga kecepatan transaksi yang dapat meningkatkan ketertarikan akibat adanya efisiensi baru.

Pernyataan tersebut disetujui oleh Hassan yang menyatakan bahwa walau Ethereum dominan terutama di DeFi, persaingan dengan Altcoins lain juga ketat.

Terakhir Jeremy menyatakan bahwa keduanya adalah hal yang bagus dan memiliki tujuan berbeda dimana Bitcoin adalah komoditas dan Ethereum adalah mata uang.

Tapi secara keseluruhan mayoritas pembicara masih percaya apa pun kemungkinan ke depannya dari perubahan peringkat terutama dengan banyaknya inovasi.

Secara keseluruhan pembicara masih yakin bahwa dengan banyaknya inovasi, dalam jangka panjang crypto masih akan terus tumbuh.

Untuk perihal bull run tahun ini, para pembicara juga setuju bahwa pergerakan apresiasi masih belum selesai karena belum mencapai puncaknya.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.