Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Harga Bitcoin Cash Naik Dampak dari IPO Bitmain

Dhila Rizqia     Thursday, September 27 2018

Selama 24 jam terakhir ini, Bitcoin Cash tercatat mengalami kenaikan sebesar 20% dan menjadi best performing cryptocurrency dalam pasar global.

Dalam beberapa jam saja, pada satu titik harga BCH meningkat dari $440 menjadi $540, lebih dari 25%. Para analis mengaitkan kenaikan BCH pada tanggal 27 September dengan kesuksesan pengajuan IPO Bitmain dalam Bursa Saham Hong Kong Limited.

Kenaikan harga BCH dalam satu jam

Kenapa IPO Bitmain menjadi faktor utama

Pada awal bulan agustus, sebuah deck investor Bitmain dibocorkan ke publik oleh orang internal perusahaan. Dokumen tersebut berisi rincian kepimilikan Bitmain dalam berbagai mata uang kripto, seperti Bitcoin, Ethereum, dan Bitcoin Cash.

Dalam deck tersebut dinyatakan bahwa Bitmain memeiliki lebih dari 1 juta Bitcoin Cash sejak akhir Desember, memegang hampir 6% dari keseluruhan BCH yang beredar. Pada saat itu analis cryptocurrency Cobra menyatakan:

“Kepemilikan Bitmain sebesar lebih dari 1 juta BCH merupakan sebuah pernyataan yang sangat kuat bahwa petinggi-petinggi perusahaan menggunakan uang mereka untuk membeli saham perusahaan yang mereka jalani. Hal ini merupakan sebuah langkah yang sangat diperhitungkan dengan baik, dan tidak patut untuk diremehkan”

Baca Juga: Prediksi Harga Bitcoin Cash (BCH) Akan Saingi BTC di 2018

Namun, kepemilikan Bitmain tersebut memicu kontroversi dalam sektor cryptocurrency ketika para investor mulai menghubungkan IPO Bitmain sebagai cara untuk melikuidasi kepimilikan Bitmain dalam BCH, meskipun hal tersebut hanya mewakili sekitar $540 Juta, yang berarti kurang dari 50% dari laba kuartalannya yang bernilai $1,1 Milyar.

Akhirnya, investor Bitcoin Cash mulai berspekulasi terhadap IPO Bitmain dan apakah para konglomerat nantinya akan berhasil melakukan penawaran umum atas ekuitasnya.

Pada tanggal 26 september 2018, Bitmain secara resmi merilis dokumen IPO nya dengan Bursa Saham Hong Kong Limited yang kemudian berdampak pada kenaikan harga BCH.

Kepada Forbes, Mati Greenspan seorang Analis Pasar Senior eToro, menyatakan bahwa:

“kenaikan ini pasti disebabkan oleh pengajuan IPO Bitmain” ditambah dengan waktu pengajuannya yang sempurna.

Dokumen tersebut juga menunjukkan neraca perusahaan yang sehat, di mana terdapat pangsa pasar 74,5% yang mengesankan pada sektor manufaktur peralatan mining cryptocurrency dan pertumbuhan pendapatan tahunan sebesar 328,2% yang mengejutkan sejak tahun 2015.

Dinyatakan dalam dokumen IPO tersebut “Kami telah mengalami pertumbuhan eksponensial selama Periode Track Record. Keuntungan kami meningkat dari $137,3 juta di tahun 2015 hinggal $2.517,7 juta di tahun 2017, mewakili CAGR sebesar 328,2% dan meningkat sebesar 936,6% dari $274,5 juta dalam enam bulan yang berakhir pada 30 Juni 2018”

Baca Juga: Investasi ICO, Initial Coin Offering Akan Gantikan IPO

Peningkatan Keyakinan dari InvestoR

Marouane Garcon, Managing Director Amulet, menambahkan bahwa kepemilikan Bitmain dalam BCH yang besar kemungkinan akan meningkatkan keyakinan investor terhadap BCH.

“Sudah bukan rahasia lagi bahwa Bitmain memiliki BCH dalam jumlah besar, tapi sekarang saat Bitmain sudah mulai menjadi publik, tentu saja harta karun mereka yang sudah banyak isinya itu akan ketambahan lebih banyak uang lagi, dan saya yakin sebagian besar uang tersebut akan digunakan untuk mengembangkan BCH. Benar-benar akan menjadi waktu yang menyenangkan bagi Roger dan Jihan nantinya” ujar Garcon.