Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Gigit Jari! Orang Ini Kehilangan $1,3 Miliar Gegara Jual Bitcoin Terlalu Cepat

febrian surya     Tuesday, December 22 2020

Martti Malmi adalah salah satu pengembang pertama yang bergabung dengan proyek Bitcoin atau dikenal juga sebagai Sirius. Tentunya pengembang Bitcoin ini kenyang asam garam dengan proyek Bitcoin bahkan memiliki pengalaman dalam kepemilikan BTC dalam jumlah yang besar sejak 2009.

Menurut thread Twitter dari Martti Malmi pada hari jumat lalu. Malmi pernah menambang sekitar 55.000 BTC dalam rentang periode 2009-2010 saat itu harga Bitcoin masih mendekati nol.

Saat itu, ia melikuidasi 5.050 BTC dengan harga $5/BTC pada bulan Oktober 2009, dan kehilangan 30.000 BTC melalui salah satu pertukaran Bitcoin pertama yang ia lakukan ketika tidak ada nilai tukar BTC yang ditetapkan.

“Saya berencana untuk HODL sisa BTC yang dimiliki, tetapi harus menjual sebagian BTC saat harganya buruk ($5) pada tahun 2012 ketika mencari pekerjaan baru membutuhkan waktu lebih lama dari yang diharapkan,” kata Malmi. “Sejak itu saya menyimpan beragam jumlah tabungan dalam BTC. Itu tidak banyak, tapi memperoleh keuntungan gegara adanya kenaikan yang bagus selama bertahun-tahun.

Pada 2011, Malmi menjual 10.000 BTC yang dimilikinya untuk membeli apartemen di Helsinki. “Mungkin apartemen tipe studio termahal di dunia sekarang,” katanya di Twitter.

Dengan reli Bitcoin baru-baru ini menjadi $24.000, kepemilikan Bitcoin oleh Malmi sebesar 55.000 BTC saat ini sudah bernilai $1,3 miliar. Walaupun demikian, tidak ada penyesalan sedikit pun di benak Malmi yang sudah terlanjur menjual Bitcoin miliknya terlalu cepat kala itu.

“Hal ini layaknya saya pernah memiliki $1 miliar dan hilang dalam semalam. Di samping kesuksesan yang telah diraih Bitcoin, saya sangat senang mendapatkan apartemen saya sendiri pada usia 22 tahun,” kata Malmi.

Ia menambahkan:

“Mungkin karena budaya Finlandia, yang memiliki mental idealis dan kurangnya pengalaman hidup, saya tidak pernah berpikir banyak untuk menghasilkan uang. Itu terjadi secara tidak sengaja sebagai produk sampingan dari Satoshi yang meminta saya untuk tetap menjalankan node saya sehingga orang lain terhubung.”

Marrti Malmi bukanlah satu-satunya tokoh crypto yang melepas kepemilikan BTC yang dimiliki karena kebutuhan. Melainkan, pada bulan Oktober CEO Ripple David Schwartz mengungkapkan bahwa ia menjual 40.000 ETH dengan harga $1 sebagai rencana manajemen risiko yang ia buat bersama pasangannya pada 2012.  Jumlah ETH yang dijual pada 2012 silam oleh CEO Ripple saat ini bernilai $26 juta setelah harganya melewati $600/ETH pada minggu lalu.

Sumber