FTX Raih Pendanaan Hingga $18 Miliar, Terbesar Dalam Sejarah!

Anisa Giovanny

22nd July, 2021

Pertukaran derivatif Crypto, FTX, baru saja mendapatkan pendanaan dari investor. Hasil yang didapatkan merupakan salah satu yang terbesar di industri crypto, sebab hasilnya dua kali lipat dari pendanaan yang diperoleh FTX di masa lalu. FTX Trading Ltd., pemilik dan operator bursa, mengumumkan penggalangan dana Seri B senilai $900 juta dengan penilaian $18 miliar.

Hasil ini menjadi tonggak sejarah bagi FTX, sebab tahun lalu bursa ini hanya mendapatkan pendanaan  bernilai $1,2 miliar. Hasil ini kemungkinan akan meningkatkan kekayaan bersih pendiri dan CEO Sam Bankman-Fried, hampir $8 miliar.

Secara total, lebih dari 60 investor berpartisipasi dalam penggalangan dana termasuk Paradigm, Sequoia Capital, Ribbit Capital, Third Point, Lightspeed Venture Partners, Coinbase Ventures, Softbank, Sino Global Capital, Multicoin Capital, keluarga Paul Tudor Jones, VanEck, Circle dan hedge funders Izzy Englander dan Alan Howard.

Alih-alih mengandalkan bankir investasi untuk mengatur putaran, tim FTX bekerja langsung dengan investor Paradigm, Ribbit, dan BTIG untuk melakukan

FTX, diluncurkan pada Mei 2019 dengan menawarkan fungsionalitas lanjutan dan produk investasi canggih kepada pedagang yang tidak berpengalaman, termasuk opsi, berjangka, produk volatilitas, dan token leverage.

Volume perdagangan harian FTX rata-rata menyentuh angka lebih dari $10 miliar, dan pendapatan tersebut telah meningkat hingga 10 kali lipat dan 75 kali lipat sejak putaran pendanaan Seri A, ditutup pada pertengahan 2020.

“Tujuan utama dari kenaikan ini adalah untuk menemukan rekan strategis yang dapat membantu FTX menumbuhkan mereknya, tetapi modal itu sendiri akan digunakan terutama untuk akuisisi,” kata Sam Bankman-Fried, pendiri dan CEO berusia 29 tahun.

FTX saat ini memiliki lebih dari satu juta pengguna terdaftar, mulai dari investor ritel hingga pedagang harian yang canggih, kantor keluarga, dan pedagang institusional berpengalaman. Popularitas yang berkembang pesat seperti itu juga dapat dikaitkan dengan beberapa sponsor olahraga terkenal yang telah bermitra dengan FTX tahun ini.

FTX Telah Raih Beragam Kesepakatan Luar Biasa

Pada bulan Maret, FTX mendapat kesepakatan hak penamaan 19 tahun ke arena kandang tim NBA Miami Heat seharga $ 135 juta pertama kalinya pertukaran cryptocurrency mensponsori tempat olahraga profesional di AS Bulan lalu.

Perusahaan telah mengamankan kemitraan merek multi-tahun dengan organisasi esports TSM dan Major League Baseball (MLB) dan menunjuk quarterback National Football League Tom Brady sebagai duta besarnya.

Istri supermodel Brady, Gisele Bundchen, mengambil peran sebagai penasihat inisiatif lingkungan dan sosial di FTX. Baik Brady dan Bundchen telah mengambil saham ekuitas di perusahaan tersebut.

Sebagai hasil dari investasi tersebut, Bankman-Fried, yang kekayaannya diperkirakan Forbes bernilai $8,3 miliar pada bulan lalu kini telah mengalami peningkatan kurang lebih  $7,9 miliar menjadi $16,2 miliar, sehingga memperkuat gelarnya sebagai miliarder crypto terkaya yang diketahui, ia pun memiliki 58% saham perusahaan.

Informasi dan diskusi seputar FTX dapat kamu temukan di sini

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency