FTX Dobrak Batasan Pasar Saham dan Aset Kripto

Felita Setiawan

21st April, 2021

FTX kini menjadi salah satu bursa derivatif yang diperhitungkan di dunia, didirikan oleh Sam Bankman Fried yang belum genap berusia 30 tahun dan sudah dinobatkan menjadi orang terkaya kedua di dunia cryptocurrency menurut Hurun Institute.

SBF biasa ia disapa mendirikan FTX karena merasa tidak puas dengan kualitas pertukaran crypto yang lebih dulu hadir. FTX  berdiri sejak 2019 telah berhasil memproses $10,7 miliar dalam sehari perdagangan.  

Baru-baru ini, FTX membukukan kesepakatan 19 tahun senilai $135 juta untuk membeli hak penamaan markas NBA Miami Heat. Kesepakatan yang telah disetujui oleh National Basketball Association pekan lalu berarti stadion yang sekarang disebut American Airlines Arena itu akan menjadi FTX Arena yang dimulai dengan musim NBA 2021-22.

Baca juga: FTX US Resmi Bermitra dengan Klub Basket Miami Heat

FTX mengatakan kesepakatan itu bertujuan untuk mempromosikan bursa FTX di AS yang lebih kecil, yang menawarkan rangkaian produk yang lebih sedikit daripada layanan FTX yang beroperasi di luar negeri.

Baca juga: Token Saham Ada di FTX dan Binance, Siapa Lebih Unggul?

Sam Bankman Fried yang diketahui melakukan donasi untuk mendukung kampanye Biden dan sebelumnya bekerja di perdagangan kuantitatif Jane Street Capital LLC telah memenangkan pujian karena menjalankan pertukaran kripto yang lebih andal daripada banyak pesaingnya dan untuk kebijakan FTX dalam menyumbangkan 1% dari pendapatannya untuk amal .

FTX Berinovasi dengan Tokenisasi Saham

FTX juga menggebrak batasan baru dengan menghadirkan penjualan saham yang ditokenisasi. Kamu ingin memperdagangkan sama Tesla, Google, Facebook  24 jam sehari?

Bagaimana dengan bertaruh pada harga saham Robinhood Markets Inc dalam penawaran umum perdana? Atau apakah Donald Trump akan merebut kembali kursi kepresidenan pada tahun 2024? Semua itu bisa dilakukan di satu tempat yakni FTX.

Ini merupakan salah satu pendekatan agresif dari FTX untuk menghadirkan perdagangan yang variatif dan melewati batas regulasi Amerika Serikat.

Meskipun saham tokenisasi FTX adalah pasar yang relatif kecil dengan volume sekitar $1,3 miliar diperdagangkan sepanjang tahun ini, sebagian kecil dari volume satu hari di Tesla pendukung crypto melihatnya sebagai cara untuk membebaskan saham dari batasan yang tidak perlu.

Tidak seperti saham normal, saham tokenisasi  diperdagangkan sepanjang waktu, terlepas dari apakah bursa AS buka atau tidak, dan dapat diakses oleh investor di seluruh dunia.

Foto: Sam Bankman Fried

 “Tidak ada yang beroperasi 9:30 pagi sampai 4 sore, lima hari seminggu, dan sebenarnya ada banyak ruang untuk berinovasi di bursa saham,” kata Sam Bankman Fried.

SBF mengatakan tokenisasi saham tidak rumit, token saham yang dihadirkan pun didukung  perusahaan saham konvensional di Jerman yang teregulasi yakni CM-Equity AG, yang membantu menjaga harga token sejalan dengan saham sebenarnya. Sedangkan untuk  kontrak pre-IPO akan diubah menjadi saham tokenisasi ketika IPO sudah selesai diadakan sebuah perusahaan.

FTX memiliki reputasi untuk menciptakan pasar baru dengan perkembangan yang sangat pesat.

“Mereka sudah pasti mendorong produk dan kecepatan mereka dalam meluncurkan produk,” kata Rich Rosenblum, presiden GSR, sebuah perusahaan perdagangan kripto.

Tentang FTX  

FTX diluncurkan pada 2019 oleh veteran perdagangan kripto Sam Bankman-Fried (CEO) dan Gary Wang (CTO). Bursa ini memiliki motto  “oleh trader untuk trader”.

FTX bertujuan menawarkan jangkauan perdagangan yang lebih luas daripada pertukaran mata uang kripto lainnya. Bagi kamu yang ingin coba trading di bursa milik orang terkaya kedua di dunia cryptocurrency, kamu  dapat mengunduh aplikasi FTX di Play store atau App store. 

Felita Setiawan

Mengenal industri Blockchain dan Crytpo sejak tahun 2017, Felita berfokus dalam mengedukasi masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal dan mendapatkan manfaat dari aset digital.

Mengenal industri Blockchain dan Crytpo sejak tahun 2017, Felita berfokus dalam mengedukasi masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal dan mendapatkan manfaat dari aset digital.