Final Akuisisi, Blockfolio Kini Berubah Nama Menjadi FTX

Anisa Giovanny

29th July, 2021

FTX kembali menorehkan catatan mengesankan setelah mendapatkan pendanaan terbesar di industri crypto kini, pertukaran yang dipimpin oleh Sam Bankman-Fried ini melakukan perubahan nama kepada Blockfolio.

Perubahan nama ini masih menjadi bagian dari akuisisi FTX kepada platform tersebut yang sudah berlangsung cukup lama. Kini nama Blockfolio telah berubah menjadi FTX, sedangkan aplikasi FTX sebelumnya berubah namanya menjadi  FTX Pro. FTX menggelontorkan dana hingga $150 juta dalam kesepakatan ini. 

Sebelum berubah nama menjadi FTX, Blockfolio  sendiri menempati urutan pertama berdasarkan likuiditas buku pesanan dan ketujuh berdasarkan volume 24 jam, menurut CryptoWatch. Didirikan pada tahun 2014, Blockfolio mendapatkan lebih dari 6 juta unduhah.

Kesepakatan ini merupakan permainan strategis untuk FTX, yang kliennya sebagian besar terdiri dari quants dan trader profesional, untuk menarik lebih banyak pelanggan ritel.

“Blockfolio menjadi FTX  ini merupakan batas akhir pada akuisisi yang kami lakukan pada Blockfolio. Hasil ini membuat kami semakin berkomitmen untuk menjadi platform perdagangan crypto nomor satu bagi pengguna ritel dan institusional,” kata Sam Bankman-Fried dalam siaran pers.

Berkat sumber daya dan keahlian yang berasal dari FTX, kesepakatan itu telah berhasil memposisikan kedua tim untuk “membuka pintu bagi lebih banyak audiens seluler arus utama” di industri cryptocurrency, kata Paul Veradittakit, anggota dewan Blockfolio dan petugas investasi bersama di Pantera Capital. Perusahaannya adalah co-lead pada putaran Seri A Blockfolio.

Daftar Sekarang

Ambisi Besar FTX Mulai Terwujud

Sembilan bulan yang lalu, perusahaan mulai mendiskusikan rencana untuk membangun produk cryptocurrency yang berfokus pada ritel bersama-sama. Diskusi tersebut akhirnya berubah menjadi pembicaraan merger. 

Akhir akuisisi ini membuat langkah FTX untuk  menyaingi Coinbase semakin dekat dan kuat. Langkah itu dilakukan setelah FTX menghabiskan banyak uang untuk sponsor olahraga, bekerja sama dengan tokoh terkemuka dan lain sebagainya.

“FTX memenuhi semua hal yang kami cari di mitra, mereka memahami visi tentang apa yang ingin kami bangun,” kata Moncada  CEO Blockfolio kepada CoinDesk

Akuisisi ini  dinegosiasikan oleh Moncada dan Bankman-Fried, yang juga menjalankan perusahaan perdagangan quant Alameda Research. Sebagai salah satu bursa terbaru, FTX telah berkembang pesat sejak didirikan tahun lalu.

Kesepakatan itu menjadi akuisisi terbesar keenam dalam sejarah sektor kripto, selain FTX sebelumnya ada akuisisi dengan dana besar seperti  BitTorrent oleh Tron Foundation ($ 125 juta) dan di belakang merger Lightyear.io dengan Chain, kesepakatan yang membentuk Interstellar ($ 350 juta).

Binance dilaporkan membayar $400 juta untuk CoinMarketCap, yang, jika benar, akan menempatkannya di posisi pertama dengan pengambil pengalihan Poloniex oleh Circle pada 2018 dan pembelian 80% saham di Bitstamp oleh NHMX.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency