Berita

Electroneum Hardfork, Reward Naik Dan Resisten ASIC

single-image
Electroneum hardfork hari ini telah memperbaharui jaringannya menjadi lebih baik tanpa ASIC. Komunitas telah menegaskan sebelumnya, bahwa 30 Mei 2018 akan terjadi hardfork network v2.0 pada blok 307,500. Upgrade ini mengubah algoritma yang hanya berjalan pada penambangan GPU dan mobile. Sekali lagi, ETN telah berpartisipasi dalam mendukung penambang tradisional.
Electroneum Hardfork
Seluruh core kini harus update, termasuk wallet exchange dan penyedia pool. Semua transaksi yang dibuat dengan wallet RPC dan CLI terbaru akan langsung diterima setelah upgrade. Tetapi, jika transaksi yang dihasilkan dengan CLI atau RPC versi lama, maka akan mengalami kegagalan dan dikembalikan ke pengirim. Upgrade ETN kali ini dianggap sangat penting, diantaranya menerapkan resistensi ASIC, kenaikan biaya transfer dan pengurangan privasi.

Selain itu, rilis utama update ETN bertujuan untuk meningkatkan kecepatan transaksi dan meminimalkan ukuran transaksi. Seperti yang terjadi sebelumnya, tranbsaksi sering mengalami pending hingga berjam-jam. Sehingga update ini merupakan persiapan untuk meningkatkan eksponensial dalam volume transaksional global.

Electroneum Hardfork

Komunitas electroneum menyambut positif adanya anti-ASIC. Selama ini, penambang GPU merasa terusik dengan kehadiran penambang ASIC yang memiliki kemampuan menambang lebih besar. Penerapan resistensi ASIC akan membuat tingkat kesulitan menjadi lebih rendah, dan ini merupakan kesempatan baik bagi penambang GPU.
Electroneum telah menegaskan, bahwa akan ada kenaikan biaya transfer setelah upgrade jaringan. Sebelumnya, biaya transaksi dikenakan biaya dasar 0,01 ETN dan kini menjadi 0,1 ETN. Selain itu, reward penambangan ETN juga meningkat dua kali lipat. Dan memberikan waktu 3 hari untuk menyelesaikan transaksi ketika traffic jaringan dalam keadaan tinggi.
Electroneum telah menonaktifkan fitur privasi RingCT & Mixin. Dengan kata lain, koin ini bisa menyesuaikan lebih banyak transaksi di setiap blok. Ini jauh lebih baik dibandingkan dengan mengaktifkan kedua fitur tersebut. Menonaktifkan fitur ini juga menyebabkan waktu menunggu dalam transaksi jadi lebih sedikit, dan ukuran blockchain lebih ramping.
Sementara wallet masih bersifat pribadi karena akan menggunakan alamat dompet ‘siluman’ baru untuk setiap transaksi. Sehingga masih berada dalam lingkup privasi lebih tinggi dibandingkan dengan Bitcoin atau Ethereum. Privasi ini dianggap lebih sedikit, atau porsinya dikurangi sehingga tidak sama seperti Monero.

You may also like