Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Dua Pertiga Revenue Yearn Finance Dihasilkan dari yUSD Vault

Wafa Hasnaghina     Thursday, December 10 2020

Laporan triwulanan informal Yearn.finance pertama telah dirilis oleh komunitas dan mengungkapkan pendapatan protokol DeFi didominasi oleh vault yUSD.

Laporan tersebut, dari 20 Agustus hingga 20 Oktober, dibuat oleh anggota komunitas DeFi dan belum diaudit secara resmi oleh kantor akuntan mana pun. Dalam laporan tersebut dinyatakan laba bersih untuk periode tiga bulan adalah $3,79 juta dengan mayoritas berasal dari penawaran produk yVault.

yUSD Vault merupakan menghasilkan bagian terbesar dari pendapatan dengan 68% dari total keseluruhan. Tidak hanya itu, yVAULT diperkenalkan pada bulan September lalu menghasilkan $545.000 untuk periode tersebut. Namun, hal itu belum termasuk penangguhan dalam mengurangi risiko dan kerugian. Meski Vault tersebut masih tertutup untuk deposan dan menghasilkan kurang dari 1%, Yearn Finance tetap akan meluncurkan kembali rilis vault versi 2 di masa mendatang.

Laporan tersebut menyatakan bahwa mayoritas pendapatan dari VAULT ini dihasilkan dari biaya penarikan 0,3% dan menyatakan struktur biaya baru akan segera diterapkan.

“Namun, yVaults akan menerapkan struktur biaya baru – 2% AUM / 20% biaya kinerja – untuk 2.0 yVaults mendatang.”

Pendapatan di platform diharapkan jauh lebih tinggi di bawah struktur biaya baru ini.

Pendapatan tersebut melonjak pada September lalu disebabkan hasil dari farming, tetapi sempat turun pada Oktober lantaran pasar mulai berkontraksi. Dari angka pendapatan bersih, $2,46 juta atau 65% dibayarkan kepada pemegang token tata kelola.

Laba kotor untuk periode tersebut dilaporkan sebesar $4,14 juta. Protokol Yearn Finance juga menghasilkan sedikit dana tambahan hasil dari airdrop UNI Uniswap yang menghasilkan $69.000.

Laporan tersebut menunjukkan sebagian besar biaya operasional platform sebesar $306.000 dihasilkan dari hasil administrasi dan keamanan, dengan rincian masing-masing sekitar 56% dan 27%. Beberapa audit dan bug bounty telah dibayarkan dari pengeluaran selain sejumlah hibah untuk kontributor ekosistem.

Yearn Finance, yang baru-baru ini melakukan merger dengan sejumlah protokol DeFi yang lebih kecil, menyatakan ia menyimpan sejumlah besar ETH, YFI, dan UNI dengan nilai sekitar $581.000 pada 20 Oktober lalu.

Baca juga: Perkuat Industri DeFi, Yearn Finance Gabung dengan SushiSwap!

Tanggapan atas perilisan laporan tersebut sebagian besar positif dan mendukung transparansi.

Pada saat penulisan, token asli Yearn Finance, YFI, diperdagangkan sideways selama 24 jam terakhir pada $25.300. Pada minggu ini YFI telah kehilangan 17% disebabkan pasar crypto dalam tren koreksi dari level tertinggi baru-baru ini.

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini