Berita Altcoins · 8 min read

Dolar US Melemah, Market Cap USDC Turun $20%!

Market Cap USDC turun

Dolar US yang digunakan sebagai tolak ukur pergerakan harga USDC telah menunjukkan tanda pelemahan, sehingga berdampak pada total kapitalisasi pasar stablecoin USDC yang menurun hingga 20%.

Walaupun stablecoin tersebut sempat mengalami puncaknya pada Juli ketika nilainya mencapai $55,8 miliar dalam kapitalisasi pasar. 

Menurut data Tradingview, USDC telah kehilangan nilainya dari $53,3 miliar menjadi di $43,9 miliar. Bahkan, pada 26 September 2022, USDC merugi hampir 9,2% dari total kapitalisasinya dan kehilangan nilainya $5 miliar. 

Kapitalisasi pasar USDC, Sumber: Tradingview

Baca Juga: Pria Ini Kehilangan $200 Ribu Dolar Saat Investasi Crypto

Dampak dari Kasus Tornado Cash?

Pada Juli 2022, Circle melakukan pembelian lebih dari 75.000 USDC milik pengguna Tornado Cash yang menyebabkan stablecoin tersebut kehilangan nilainya yang signifikan.

Menanggapi tersebut MakerDAO angkat bicara, karena sebagian besar cadangannya didukung dalam USDC, MakerDao menganggap tindakan yang diambil oleh Circle sebagai pelanggaran hak privasi, dilansir dari CryptoPotato, Rabu (26/10/22).

MakerDAO mulai berbicara tentang pembatalan ketergantungannya pada USDC, dengan alasan bahwa setiap saat ia dapat mengalami nasib yang sama seperti dompet yang terkait dengan Tornado Cash dengan mengingat tingkat sentralisasi ekstrim yang dimiliki oleh USDC.

Namun demikian, tampaknya MakerDao justru membalikkan pernyataannya. Pada 24 Oktober, Coinbase mengumumkan bahwa tata kelola MakerDAO telah melakukan persetujuan proposal untuk menyetor USDC pada platform penyimpanan institusional Coinbase, yang menyimpan $1,6 miliar dari cadangan USDC mereka di Coinbase Prime untuk menghasilkan hadiah 1,5%.

Jadi, meskipun kapitalisasi USDC terus menurun, tetapi tetap ada proyek besar yang terus bertaruh untuk pemulihan USC di masa depan.

USDC vs BUSD

Sementara, penurunan tersebut tampaknya tidak bernasib sama dengan pesaing terbesarnya, yaitu BUSD.

Saat ini, stablecoin asli milik Binance memiliki kapitalisasi pasar sebesar $21,62 miliar dengan pertumbuhan lebih dari 22% sejak kapitalisasinya senilai $17,64 miliar dari 12 Agustus 2022.

Kapitalisasi pasar BUSD, Sumber: TradingView

Meskipun prospek USDC saat ini tidak terlalu baik, tetapi stablecoin tersebut mampu mempertahankan posisinya sebagai 5 cryptocurrency teratas. 

Baca Juga: Binance Pinjamkan $500 Juta untuk Miner Bitcoin!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.