Crypto Mana Yang Akan Unggul Sebulan Kemudian?

By Aulia Medina     Tuesday, December 18 2018

Tepat satu bulan setelah secara resmi diresmikannya bitcoin cash blockchain, yang  pada 15 November lalu mengalami ‘hardfork’, dan pada akhirnya menghasilkan dua jaringan yang berbeda. Mereka sekarang sering disebut sebagai Bitcoin Cash ABC dan Bitcoin SV. Namun dalam minggu-minggu setelah fraktur pertengahan November, masih belum ada yang difavoritkan dalam soal harga secara keseluruhan. Bitcoin cash dirancang sedemikian rupa sehingga, setiap enam bulan, penggunanya harus upgrade block mereka atau yang sering disebut dengan ‘fork’ teknologi blockchainnya dan mengupgrade software dengan ketentuan perubahan yang sudah ditentukan oleh pengembang perangkat lunak.

Jika pengembang dan miners mencapai kesepakatan tentang peningkatan apa yang harus dilakukan, rantai utama akan tetap utuh dan hanya mengadopsi peningkatan perangkat lunak yang dikenal sebagai ‘soft fork’. Semua bitcoin cash forks telah jatuh dibawah kategori ‘soft’, namun keadaanya berbeda dengan fork terakhir kali. Kali ini, sistem upgrade tidak dapat disepakati begitu saja dengan saat ini sedang adanya ketegangan antara para developers, sehingga rantai utama mengalami ‘hard fork’-dengan kata lain, itu terbagi menjadi dua rantai dengan cryptocurrency masing-masing. Baik BCHABC dan BSV telah melakukan perdagangan pada pertukaran cryptocurrency publik seperti pada Binance dan Coinbase, tetapi setelah 30 hari terjadi perubahan drastis.

Baca Juga: Yuk Pahami Perbedaan Hard Fork dan Soft Fork!

Selisih Harga

Harga tunai Bitcoin sekarang mencapai puncaknya yaitu, $621 pada bulan November tetapi setelahnya jatuh 32 persen menjadi $ 421 pada 14 November, sehari sebelum jadwal fork menurut data harga CoinDesk. Setelah split, dua cryptocurrency baru bitcoin cash ABC dan Bitcoin SV.

Untuk bulan November, BCHABC memimpin dengan harga tertinggi, bahkan kadang-kadang diharagai 10x kali lipat dibanding harga rekannya, BSV. Perbedaan antara keduanya menyempit seiring beberapa bulan kemudian, Bitcoin SV pada akhirnya mampu memimpin harga pada 6 Desember walaupun hanya sebentar. Pada saat crypto market, secara signifikan telah sell-off lebih dari $80 miliar. Tercatat bahwa BCHABC (saat ini berdagang di bawah BCH ticker di banyak bursa) dihargai hanya $80, sementara BSV $70, menurut CoinMarketCap.

Sedang mencari

Sementara keberhasilan jangka panjang BCHABC dan BSV kemungkinan akan ditentukan oleh penggunaan dan kekuatan hash, analisis teknis dapat diterapkan pada grafik harga mereka sehingga arah yang lebih cepat dari harga aset dapat diantisipasi. Seperti dapat dilihat pada grafik BSV / USDT di atas, harga mulai membentuk pola konsolidasi bearish yang dikenal sebagai segitiga descending pada 26 November, yang terhenti pada 16 Desember.