Coinbase Sedang Fokus Mengatasi Rating Crypto

adam rizky     Tuesday, October 8 2019

Brian Brooks, Kepala Penasihat Hukum di perusahaan ewallet dan bursa utama Amerika Serikat Coinbase, telah menanggapi kekhawatiran bahwa konflik kepentingan dapat membahayakan Dewan Pemeringkatan Crypto yang baru dibuat perusahaan.

Dalam sebuah wawancara dengan outlet media crypto The Block pada 3 Oktober, ia berbicara kepada para kritikus yang mengklaim bimbingan kepatuhan dewan mungkin dipengaruhi oleh taruhan pribadi mereka yang terlibat.

“Bukan nasihat hukum”

Coinbase sebelumnya telah mengklarifikasi bahwa evaluasi yang dihasilkan oleh dewan dirancang untuk berfungsi sebagai “sistem peringkat berbasis poin yang dapat diskalakan,” mengacu pada pertanyaan ya atau tidak yang dirumuskan berdasarkan pedoman US Securities and Exchange Commission (SEC) untuk klasifikasi

“Ini pada dasarnya adalah alat kepatuhan otomatis, yang ada banyak di dunia jasa keuangan. Pikirkan Hummingbird untuk kepatuhan AML, atau Fair Lending Wiz untuk kepatuhan peminjaman yang adil. Tidak ada yang berpikir alat-alat itu mewakili praktik hukum. Dan ini tentu saja bukan saran investasi – kami tidak menilai kualitas atau nilai aset, hanya statusnya sebagai keamanan atau bukan. “

Brooks, Kepala Penasihat Hukum Coinbase

Penilaian yang berpotensi dikompromikan

Meskipun demikian, kekhawatiran telah dikemukakan oleh para peserta industri seperti Tyler Gellasch, direktur eksekutif di Pasar Sehat dan mantan penasihat untuk Komisaris SEC Kara M. Stein. Dia mengatakan anggota dewan mungkin memiliki saham dalam aset yang mereka evaluasi, berpotensi membahayakan penilaian mereka.

“Sekelompok perusahaan swasta bersama-sama menyatakan bagaimana mereka berpikir hal-hal yang secara langsung berdampak pada bottom line mereka harus diregulasi tidak mungkin terlalu persuasif kepada regulator atau investor.”

“Intinya adalah untuk mendapatkan kejelasan”

Mengingat status dewan sebagai badan independen yang tidak didukung oleh SEC, Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas atau lembaga lainnya, Gellasch menunjuk pada apa yang dianggapnya “utilitas sangat terbatas” dari ketentuan tersebut.

Baca juga: Dukung Pengembang DeFi, Coinbase Luncurkan USDC

Dia juga berpendapat bahwa situasi sulit dapat berkembang jika investor mengambil petunjuk dari peringkat dan kemudian menemukan bahwa SEC telah menyimpang dari pendapat dewan.

Brooks dengan kuat membantah tuduhan bahwa kepentingan pihak swasta dapat membahayakan peringkat, mencatat bahwa banyak aset telah diberi peringkat 5 – yang berarti mereka sangat mungkin digolongkan sebagai sekuritas.

Pada saat peluncuran, dewan penasihat umum Kraken Mary Beth Buchanan menyatakan harapan bahwa SEC akan melihat inisiatif ini sebagai langkah positif bagi industri.

Sebelumnya Coinbase bersama dengan sesama bursa utama Kraken membentuk Dewan Pemeringkatan Crypto pada akhir September yang bertujuan untuk memberikan investor evaluasi yang seolah-olah independen, apakah aset crypto tertentu cenderung dianggap sebagai token keamanan atau tidak.

Anggota dewan dilaporkan mencakup Circle Internet Financial, Bittrex, Genesis Global Trading, Grayscale Investments, Anchor Labs, dan unit Cumberland DRW Holdings ‘.

Sumber