CEO FTX Sumbangkan $450.000 ke Organisasi Nirlaba Pengembang Bitcoin

Anisa Giovanny

19th August, 2021

Miliarder cryptocurrency dan founder dan CEO FTX yakni Sam Bankman Fried telah mendonasikan setengah juta dollar untuk donasi di sebuah organisasi nirlaba yang bergerak mendukung pengembangan Bitcoin, sejalan dengan filosofi “earning-to-give.” 

FTX sendiri melalui SBF pun telah berkomitmen $150.000 per tahun komitmen tiga tahun untuk mendukung Brink Technology, sebuah organisasi yang mendukung komunitas bitcoin. Nilai tersebut akan mensponsori pengembang bitcoin yang menjalani program fellowship mereka.

Sumbangan CEO FTX, Bankman-Fried adalah komitmen multi-tahun pertama Brink dari pertukaran cryptocurrency. Brink, didirikan oleh kontributor inti bitcoin dan veteran pendidikan, bertujuan untuk menciptakan saluran bakat teknik baru dalam upaya untuk menjaga perangkat lunak sumber terbuka aset memperkuat protokol dan jaringan aset. FTX percaya pada pentingnya program pendidikan seperti Brink untuk lebih memperluas ruang yang berkembang pesat.

“Kami senang bahwa FTX adalah donor pertama yang berkomitmen untuk pendanaan beberapa tahun, memberi kami stabilitas keuangan untuk melakukan investasi jangka panjang di komunitas pengembang sumber terbuka bitcoin,” kata salah satu pendiri Brink John Newbery dalam sebuah pernyataan.

Bankman-Fried, yang terkenal rendah hati telah lama mengumumkan bahwa dia berniat untuk memberikan sebagian besar uang yang dia hasilkan untuk tujuan yang dia yakini.

Di antaranya adalah kampanye kepresidenan Presiden Joe Biden. Bankman-Fried adalah salah satu donor terbesar Biden, berkontribusi sebanyak CEO besar seperti Eric Schmidt dari Google dan Reed Hastings dari Netflix. 

FTX Terus Raih Kesuksesan

FTX sendiri kini semakin gencar untuk mempromosikan platform dan perkembangan crypto, bursa ini pun telah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak.

Pada bulan Maret, FTX mendapat kesepakatan hak penamaan 19 tahun ke arena kandang tim NBA Miami Heat seharga $ 135 juta pertama kalinya pertukaran cryptocurrency mensponsori tempat olahraga profesional di AS Bulan lalu. 

Perusahaan telah mengamankan kemitraan merek multi-tahun dengan organisasi esports TSM dan Major League Baseball (MLB) dan menunjuk quarterback National Football League Tom Brady sebagai duta besarnya.

Istri supermodel Brady, Gisele Bundchen, mengambil peran sebagai penasihat inisiatif lingkungan dan sosial di FTX. Baik Brady dan Bundchen telah mengambil saham ekuitas di perusahaan tersebut.

Sebagai hasil dari investasi tersebut, Bankman-Fried, yang kekayaannya diperkirakan Forbes bernilai $8,3 miliar pada bulan lalu kini telah mengalami peningkatan kurang lebih  $7,9 miliar menjadi $16,2 miliar, sehingga memperkuat gelarnya sebagai miliarder crypto terkaya yang diketahui, ia pun memiliki 58% saham perusahaan.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency