Bursa Crypto Kanada Wajib Daftar di FinTRAC

By Aulia Medina     Friday, July 12 2019

Bursa crypto di Kanada secara hukum diharuskan untuk mendaftar di Pusat Transaksi Keuangan dan Analisis Laporan Kanada (FinTRAC) pada 1 Juni 2020, menurut laporan yang diterbitkan pada 10 Juli.

Persyaratan ini akan mulai berlaku bersama dengan amandemen lain untuk undang-undang anti pencucian uang (AML) baru Kanada tahun depan.

Harus patuhi kebijakan “Know Your Customer”

Bursa Crypto juga dilaporkan akan diminta untuk mematuhi kebijakan Know Your Customer dan melaporkan setiap transaksi yang mencurigakan kepada pengawas Kanada. Termasuk menyimpan catatan klien mereka dan mempekerjakan petugas kepatuhan untuk platform mereka.

Sebuah laporan oleh The Globe and Mail mencatat bahwa sampai sekarang, kepatuhan terhadap kebijakan-kebijakan ini bersifat sukarela, tetapi beberapa bursa tetap memilih untuk melakukannya.

Motivasi untuk menerapkan kebijakan baru ini dilaporkan untuk membuat bank Kanada masuk dan bekerja sama dengan bursa cryptocurrency.

Menurut Lori Stein, mitra di firma hukum bisnis Osler, Hoskin & Harcourt, sebuah lembaga keuangan, Kanada secara historis khawatir tentang risiko pencucian uang dan pendanaan teroris melalui bursa crypto. Stein berkata:

Baca juga: WBF 2019 Singapore & World Blockchain Award Asia Sukses Digelar

“Harapannya adalah bahwa sekarang akan ada persyaratan untuk mendaftar dan mematuhi, dan pengawasan oleh FinTRAC, bahwa bank dan entitas keuangan lainnya akan lebih terbuka untuk memberikan layanan dan berurusan dengan bisnis mata uang virtual.”

Namun, Stein menunjukkan bahwa beberapa bursa internasional mungkin tidak bersedia untuk mematuhi aturan Kanada yang baru. Beberapa ahli lain dilaporkan setuju, mereka mengatakan bahwa memiliki persyaratan peraturan wajib dapat mengakibatkan bursa mata uang kripto memilih untuk keluar dari pasar Kanada.

CEO startup blockchain Bitaccess, Moe Adham, mengatakan kepada The Globe and Mail, “Saya berharap untuk melihat sejumlah perusahaan pindah ke luar Kanada, serta perusahaan internasional membatasi akses ke Kanada.”

Menurut beberapa orang, kebijakan regulasi baru juga dapat mendorong pelanggan pertukaran crypto. “Ini memiliki potensi untuk mendorong cryptocurrency turun lagi,” kata petugas crypto  bursa Kanada, AML Coinsquare, Charlene Cieslik. Cieslik mengatakan bahwa pelanggan yang tidak ingin mengungkapkan informasi mereka ke bursa, kemungkinan hanya akan bertransaksi satu sama lain secara langsung.

Seperti yang dilaporkan sebelumnya oleh Cointelegraph, sebuah RUU ditandatangani pada tahun 2014 yang mengharuskan beberapa entitas asing untuk mendaftar dengan FinTRAC untuk pembayaran Bitcoin (BTC).

Sumber