Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Bull di bawah Kendali, Harga Bitcoin Pulih Kembali

Wafa Hasnaghina     Thursday, December 10 2020

Koreksi tajam Bitcoin (BTC) menjadi $17.650 sudah diprediksi jauh-jauh hari oleh para investor dan banyak yang memperkirakan aset digital akan turun menuju terendahnya di $16.000. Namun menariknya, BTC kembali pulih dan berhasil menenggerkan nilainya di $18.600 dan ini memperkuat kepercayaan terkait dengan “buy the dip” dalam komunitas crypto.

Meski demikian para analis memprediksi kemungkinan adanya penurunan kembali. Hal ini didasarkan pada tiga faktor seperti deposit whale mencapai puncaknya, BTC mengalami pemulihan yang terlampau cepat, dan volume perdagangan meningkat lagi.

Baca juga: Analis Prediksi Bitcoin Akan Terus Alami Koreksi

Deposito Whale Capai Puncaknya 

Menurut CEO CryptoQuant, Ki Young Ju, deposit yang dilakukan whale mencapai puncaknya awal pekan ini. Biasanya, ketika indikator All Exchanges Inflow Mean mencapai puncak, reli biasanya akan mengikuti.

Whale merupakan ancaman terbesar bagi kinerja jangka pendek Bitcoin lantaran mereka dapat memberikan tekanan jual yang sangat besar pada aset dalam waktu singkat. Sebab demikian, ketika whale tidak menjual aset mereka, kondisi pasar akan disebut bullish untuk beberapa faktor lainnya. CEO CryptoQuant itu menulis,

“BTC All Exchanges Inflow Mean (MA 7 hari) mencapai level tertinggi delapan bulan sejak Maret ketika harga mencapai level terendah tahun ini. (Ini menunjukkan pasar akan) Sangat bullish dalam jangka panjang.”

Berdasarkan berbagai faktor, Ki Young Ju mengatakan Bitcoin bisa turun lebih rendah, tetapi membeli BTC pada level saat ini lebih menarik. Dia berkata:

“BTC bisa saja jatuh lebih jauh, tapi saya pikir lebih baik bermain dengan jangka waktu yang lama dalam posisi ini dan menahan terjadinya drawdown. Menanti datangnya $18.280. Saya akan memposting beberapa grafik bullish yang menunjukkan kita dapat saja menuju $20k pada akhir tahun ini. (atau awal tahun depan, saya pikir).”

Harga Bitcoin Pulih dengan Cepat

Setelah lonjakan beberapa saat lalu dalam volume pembelian, Bitcoin membukukan perubahan haluan yang cepat dan rally menuju rata-rata pergerakan 20 harian.

BTC pertama kali mengklaim $18.000 sebagai level support, kemudian menuju $18.260 sebelum kembali turun ke kisaran $18.500. Pemulihan BTC yang berkelanjutan tanpa koreksi besar menunjukkan pasar tetap tangguh dan mendukung kenaikan.

Lantaran kondisi pasar Bitcoin yang sempat turun, hampir seluruh altcoin mengalami pukulan besar terkait harga mereka. Namun, pemulihan BTC telah berhasil membuat pemulihan kembali altcoin seperti Ether dan XRP.

Tren ini menunjukkan investor mencari permainan berisiko tinggi, yang merupakan indikasi dari kepastian yang tumbuh di pasar crypto.

Volume Perdagangan BTC Meningkat

Analis di Santiment, sebuah firma analisis on-chain, menemukan bahwa volume Bitcoin naik tajam setelah penurunan baru-baru ini.

Ketika Bitcoin pulih dengan peningkatan volume yang signifikan, itu menandakan kepercayaan yang tumbuh dari para pedagang terkait harga Bitcoin dalam waktu dekat. Para analis menjelaskan,

“Jika dilihat dari volume perdagangan dibandingkan empat aset #crypto lainnya yang paling banyak dibahas, $BTC melonjak lantaran penurunan harga (baru-baru ini) hingga di bawah $18.000 untuk pertama kalinya dalam 11 hari. Selain itu, $XRP semakin dekat untuk menyalip $ETH lagi terkait antisipasi airdrop.”

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini