Berita Featured

Indonesia Blockchain Hub Resmi Dibuka

Indonesia Blockchain Hub telah resmi dibangun di Jakarta. Project ini diinisiasi oleh HARA, sebuah startup yang bergerak di bidang pertukaran data berbasis blockchain.

Dalam jumpa pers Kamis (16/8), Pendiri dan CEO HARA, Regi Wahyu, membahas tentang urgensi pemahaman blockchain di Indonesia. Teknologi blockchain memang masih asing di telinga masyarakat Indonesia, padahal manfaat yang akan didapatkan banyak. Dari pengalaman HARA, masih ada tantangan untuk menjelaskan dampak sosial dan ekonomis blockchain bagi bisnis, regulator, dan masyarakat pada umumnya.

“Memang perlu ada satu wadah yang bisa mendorong dan membantu meningkatkan kesadaran dan pemahaman dari teknologi ini (blockchain),” ujar Regi.

Kelebihan blockchain yang tidak dapat dimanipulasi dan transparan ini membawa dampak menjanjikan dalam merevolusi banyak industri dan bisnis di dunia. Revolusi blockchain akan mempermudah transaksi antara seluruh lapisan masyarakat sampai UMKM ataupun petani.

Selain HARA, Indonesia Blockchain Hub ini juga merupakan gerakan kolektif dari KADIN, Asosiasi Blockchain Indonesia, dan BEKRAF. Nantinya, Indonesia Blockchain Hub akan menjadi sebuah co-working space, tempat berkumpulnya para penggiat blockchain. Selain itu, juga menjadi tempat berlatih dan edukasi mengenai blockchain. Regi berharap setelah adanya edukasi, akan muncul sertifikasi blockchain.

Saat ini seluruh dunia berada di tahap yang sama terkait dengan perkembangan teknologi ini. Karenanya Indonesia berkesempatan untuk menjadi yang terdepan dalam revolusi blockchain.

Peresmian Indonesia Blockchain Hub tidak hanya mengundang para pemain bisnis, pemerintah, dan masyarakat umum. Turut hadir 14 narasumber serta pemain proyek blockchain ternama di dunia untuk berbagi pengalamannya, seperti Oscar Darmawan – Founder & CEO dari INDODAX (Indonesia), Jonathan Lee – CCO dari Yello Digital Mobile (Korea), Vachara Aemavat – Co-CEO dari SIX Network (Thailand), Constantin Papadimitriou – President dari Pundi X (Indonesia), Darius Rugevicius – Founder & Managing Partner dari Connect Capital (Amerika Serikat), serta Gabriel Yang – COO dari Beyond Blocks (Korea).

Indonesia Blockchain Hub bertempat di bilangan Senopati, Jakarta Selatan. Publik yang berminat berkegiatan di sana bebas datang.

You may also like