Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Bitcoin Tembus Di Atas $19,300! Altcoins Ini Ikut Naik

Naufal Muhammad     Tuesday, December 15 2020

Hari ini Bitcoin berhasil menembus ke atas $19,300 akibat banyaknya dorongan beli yang datang dari investor institusional dan ritel. Apresiasi ini terjadi setelah adanya pembelian baru oleh MassMutual senilai $100 Juta yang menjadi awal pergerakan saat ini.

Sentimen ini juga datang dari pernyataan JP Morgan yang nampaknya mendukung bahwa permintaan oleh investor institusional akan naik mencapai senilai $600 Miliar. Akibatnya saat ini Bitcoin masih terus terdorong sentimen positif ini.

Hasilnya, seluruh pasar kripto mengalami dorongan yang positif terhadap pergerakan harganya secara menyeluruh. Mayoritas Altcoins naik dan saat ini sedang merasakan bagaimana apresiasi Bitcoin mendorong mereka. Namun terdapat sentimen lain di luar Bitcoin yaitu kabar dari Coinbase yang telah mengadopsi beberapa Altcoins baru yang menyebabkan Altcoins naik.

Altcoins Ini Naik Setelah Masuk ke Coinbase Pro

Seperti bursa perdagangan lainnya, Coinbase sedang memberikan perhatian utamanya kepada sektor DeFi (Decentralized Finance) yang merupakan bagian dari Altcoins sejak beberapa bulan terakhir. Apresiasi dari bursa perdagangan terdesentralisasi seperti Uniswap telah mulai masuk menjadi salah satu pemimpin pangsa pasar.

Baca juga: Apa Itu DeFi ? (Pahami DeFi dalam Waktu 3 Menit!)

Walau Coinbase telah memiliki banyak koin DeFi yang tersedia di bursa, banyak pihak yang berharap bahwa mereka akan mengadopsi koin-koin seperti AAVE dan SNX. Hari ini, pada pukul 04.04 WIB, hal tersebut resmi terjadi dari pernyataan Coinbase di Twitter.

Melalui Twitter, mereka menyatakah bahwa:

“Mulai hari ini, transaksi koin DeFi seperti AAVE, BNT, dan SNX telah tersedia dalam wadah kami pada daerah yang mendukung penggunaan Coinbase. Namun Investor belum bisa melakukan pembelian saat ini dan akan dibuka pada 15 Desember 2020 pukul 12.00 WIB, jika likuiditas tersedia.”

Baca juga: Aave Naik 76% Seminggu, Adopsi Institusional Bertambah

Akibat kabar ini, mayoritas koin DeFi mengalami apresiasi yang cukup signifikan. Beberapa contohnya adalah AAVE yang naik dari $86 ke $92 dan SNX yang naik sekitar 10% dalam waktu yang singkat.

Dalam waktu yang sangat singkat, AAVE dan SNX menjadi dua koin dengan performa terbaik dalam 40 besar mata uang kripto dalam kapitalisasi pasar. BNT juga mengalami apresiasi sekitar 24% dalam 24 Jam terakhir dan hampir membawanya ke dalam daftar 100 mata uang kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar.

Apresiasi Datang dari Bitcoin

Walau sentimen Coinbase besar, nampaknya apresiasi ini lebih kuat akibat sentimen dari Bitcoin. Bitcoin saat ini sedang terus terdorong melewati $19,300 dan bahkan sudah mencapai lebih dari $19,500 pada 10.00 WIB.

Hal ini membuat pergerakannya masih sangat kuat, mengingat pada akhir pekan kemarin baru saja menyentuh kembali $19,000. Mayoritas analis di pasar memprediksi bahwa Bitcoin akan terus naik menuju $20,000 jika batas atas di sekitar $19,700 berhasil di lewati.

Baca juga: 5 Alasan Harga Bitcoin Diprediksi akan Terus Naik di 2021

Saat ini terbentuk pola ascending triangle pada pergerakan teknikal Bitcoin yang jika berhasil melewati $20,000 dapat membawanya ke sekitar $22,808. Akibat apresiasi ini, mayoritas pasar kripto mengalami apresiasi, yang terutama dirasakan oleh Altcoins.

Di luar altcoins naik seperti AAVE, BNT, dan SNX, koin seperti YFI dan EGLD juga terlihat mengalami apresiasi. Dari pandangan secara garis besar, kemungkinan apresiasi ini akan terjadi secara jangka panjang.

DeFi Tidak Akan Hilang Akibat Regulasi

Walaupun terjadi apresiasi, hingga saat ini masih banyak kekhawatiran bahwa sektor DeFi akan hilang akibat dibatasi oleh regulasi. CEO dari Coinbase menyatakan bahwa pekan lalu beliau mendengar rumor bahwa Menteri Keuangan Amerika ingin membentuk regulasi baru terkait mata uang kripto yang dapat menghambat pergerakan kripto.

Beliau merasa bahwa ini adalah kekhawatiran akibat regulasi baru dapat memberikan efek samping yang akan merugikan perkembangan sektor DeFi. Namun, ternyata kekhawatiran ini belum tentu menjadi kenyataan.

Hal ini disebabkan oleh Hester Peirce, Komisioner dari SEC (Securities and Exchange Commities) yang menyatakan bahwa inovasi akan dilindungi. Hal ini disebabkan beliau sadar bahwa seluruh inovasi ini telah masuk ke dalam sistem keuangan saat ini.

Oleh karena itu, beliau sadar bahwa kebebasan berinovasi masih perlu di jaga namun regulasi tetap harus dipatuhi. Pernyataan ini datang dari pernyataan beliau yang merasa bahwa regulasi tetap perlu agar tetap terjadi stabilitas dalam sistem keuangan tradisional.

Tetapi, beliau tetap sadar bahwa inovasi ini tetap perlu didukung akibat dapat memberikan solusi terhadap kemajuan sektor keuangan. Namun, banyak pihak yang khawatir bahwa regulasi yang berlebihan tetap akan membatasi perkembangan yang terjadi melalui kripto.

Artikel selengkapnya dapat dibaca di sini