Berita Bitcoin · 8 min read

Isu Genesis Bangkrut, Bitcoin Sentuh Harga Terendah dalam Dua Tahun!

Bitcoin harga terendah

Berita tentang Genesis berpotensi bangkrut, membawa sentimen negatif ke harga Bitcoin (BTC) hingga mencapai ke level terendah di sekitar level $15.000 setelah dua tahun lamanya. 

Sejak kebangkrutan FTX, harga BTC terus terjun ke level terendah, pada 22/11/2022 harga Bitcoin jatuh ke level terendah baru di $15.480, ini merupakan harga terendah dalam dua tahun.

Penurunan ini disebabkan para trader kripto berspekulasi tentang potensi kebangkrutan Genesis Global Trading, yang terkena imbas kejatuhan bursa FTX yang didirikan oleh Sam Bankman-Fried (SBF).

Sekilas informasi, Genesis Global Trading merupakan sebuah perusahaan perdagangan dan pinjaman kripto. Namun karena terkena dampak kebangkrutan FTX, saat ini perusahaannya sedang menghadapi ujian yang bertubi-tubi.

Genesis juga sedang mencari dana sebesar $1 miliar (Rp15,7 miliar) untuk menutupi kerugian dari FTX, dan meminta keringan kepada kreditor. Selain itu, beberapa hari lalu Genesis juga menghentikan layanan penarikan sementara. 

Risiko Penurunan Bitcoin Terus Terjadi

Situasi Bitcoin seperti ini, merupakan level terlemah sejak November 2020 di sekitar $16.250, menurut data dari Cointelegraph Markets Pro dan TradingView.

Meskipun demikian, target kenaikan jangka pendek termasuk pengembalian ke celah berjangka Bitcoin di sekitar $16.500, dilansir dari Cointelegraph.

Grafik Bitcoin mingguan. Sumber: TradingView

Sementara, pada saat penulisan Bitcoin kembali diperdagangkan di level $15.764 pukul 13.25 WIB, dan mengalami penurunan 2,61 persen selama 24 jam terakhir, berdasarkan data CoinMarketCap, Selasa (22/11/2022).

Sedangkan, Ethereum (ETH) sebagai aset kedua terbesar setelah BTC ikut merosot ke $1.095 pukul 13.29 WIB, dan mengalami penurunan 3,25 persen selama 24 jam terakhir. 

Baca Juga: Bos Binance Sebut Mantan CEO FTX Pembohong dan Kritik Perilakunya

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.