Aset Crypto yang Memiliki Hubungan dengan CEO FTX Naik Pesat!

Felita Setiawan

30th April, 2021

Dalam seminggu terakhir, Solana atau SOL telah melonjak sekitar 40%, menjadikannya sebagai aset crypto berkinerja terbaik menurut Coinmarketcap.

Selain itu kapitalisasi pasar crypto yang berhubungan dengan CEO FTX, Sam Bankman Fried ini berhasil meraih angka $11,6 miliar. Saat ini Sol berada di posisi 14 berdasarkan kapitalisasi pasar menurut Coinmarketcap. 

“Reli SOL sebagian merupakan reaksi tertunda  dari pekerjaan yang  sudah ada di ekosistem selama setahun terakhir. Ini adalah kebutuhan untuk menemukan solusi yang dapat diskalakan untuk DeFi seiring pertumbuhan ekosistemnya,” kata Bankman-Fried.

Baca juga: Apa itu Solana? Panduan Lengkap untuk Pemula

Serum, token yang digunakan pada bursa derivatif terdesentralisasi baru yang didukung oleh Alameda pun diketahui telah mengalami lonjakan nilai pasar menjadi $494 juta dari $51 juta tahun ini.

Kemudian grafik harga untuk koin FTT yang digunakan pada FTX juga terlihat seperti tongkat hoki, dengan nilainya melonjak menjadi $5 miliar dari $539 juta sejak Desember.

Aset-aset ini memiliki hubungan dengan Sam Bankman Fried, CEO FTX. Solana sendiri didukung oleh Alameda Research yang notabene adalah bursa perdagangan kuantitatif yang didirikan oleh SBF.

Token SOL pun  digunakan di blockchain Solana, yang dipromosikan sebagai jaringan terbaru untuk menghadapi Ethereum dalam perlombaan untuk  teknologi terdepan dalam keuangan terdesentralisasi. 

Lebih dari 150 aplikasi berbeda telah dibangun untuk Solana Proyek ini pun  melakukan 10 kali lebih banyak dalam transaksi harian daripada Ethereum.

“Solana adalah pesaing yang menjanjikan di ruang yang ramai,ni meningkat karena ini adalah blockchain yang bagus yang tampaknya mulai berkembang baru-baru ini,” kata investor crypto Aaron Brown, yang menulis untuk Bloomberg Opinion.

Sedagkan Serum sendiri merupakan  pertukaran cryptocurrency terdesentralisasi  (DEX) yang dibangun di atas blockchain Solana.

Tidak seperti DEX lainnya, Serum menampilkan perdagangan berbasis buku pesanan seperti pertukaran mata uang kripto terpusat. Ini dapat menangani antara 50-65.000 transaksi per detik.

“Saya selalu senang ketika orang lebih fokus pada produk, tetapi saya juga merasa terhormat dengan banyak dukungan yang saya dan tim kami dapatkan baru-baru ini,” kata Sam Bankman Fried.

Kemampuan CEO FTX Diakui Investor Terkemuka

Kemampuan Bankman-Fried untuk berperan penting di industri ini mendapatkan perhatian besar, ia bahkan berhasil meraih peringkat sebagai orang terkaya kedua di industri crypto menurut Hurun Institute.

Baca juga: Sam Bankman Fried, Miliarder Crypto yang Dermawan

“Sam adalah wirausahawan yang sangat berbakat dan telah sukses luar biasa dengan FTX, jadi tidak mengejutkan saya bahwa orang-orang secara tidak langsung mendukungnya dengan bertaruh pada tokennya yang terkait,” kata Nic Carter, salah satu pendiri peneliti Coin Metrics.

Bahkan investor kripto miliarder Mike Novogratz bertaruh pada token yang didukung Bankman-Fried.

FTX sebagai salah satu platform perdagangan derivatif terbesar di dunia baru-baru ini menghasilkan $14,7 miliar dalam volume harian menurut Skew. Sementara itu, volume perdagangan Serum telah melampaui $2 miliar hingga saat ini.

Felita Setiawan

Mengenal industri Blockchain dan Crytpo sejak tahun 2017, Felita berfokus dalam mengedukasi masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal dan mendapatkan manfaat dari aset digital.

Mengenal industri Blockchain dan Crytpo sejak tahun 2017, Felita berfokus dalam mengedukasi masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal dan mendapatkan manfaat dari aset digital.