Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

3 Penyebab Harga Bitcoin Turun Lagi, Setelah Gagal Lewati $19.500

anisa giovanny     Tuesday, December 15 2020

Harga Bitcoin (BTC)  sempat melonjak di atas $19.500 secara singkat pada 15 Desember, mencapai setinggi $19.570 di Binance. Namun, Bitcoin turun lagi menjadi $19.050 dalam tiga jam, mencatat kemunduran 2,5% tiba-tiba. Saat ini harga Bitcoin terpantau berada di kisaran $19.100.

Bitcoin melonjak menjadi sekitar $19.600 karena momentum reli bantuannya dan tingkat pendanaan pasar berjangka negatif. Tapi, itu menolak level yang sama dengan yang jatuh sejak November karena tekanan jual dari para whale.

Grafik harga Bitcoin 1 jam (Coinbase). Sumber: TradingView.com

Berikut adalah penyebab Harga Bitcoin Turun Lagi

Reli bantuan untuk Bitcoin diharapkan

Seperti yang dilaporkan Cointelegraph pada 12 Desember, indikator teknis menunjukkan BTC oversold setelah Bitcoin turun lagi di bawah $ 17.600. Grafik candle 4 jam melihat divergensi bullish dan indikator beli TD9, menandakan bahwa tekanan jual telah habis.

Baca juga: Sell-off Tajam, Harga Bitcoin Turun Rp43Juta dalam Sekejap!

Harga Bitcoin dengan cepat pulih di atas $ 18.000 dan terus melewati $18.300. BTC kemudian menembus level resistensi kunci cluster whale di $ 18.800 lebih jauh meningkatkan momentumnya. Didukung oleh reli bantuan, Bitcoin terus melonjak, akhirnya melonjak hingga $ 19.570 di seluruh bursa utama.

Tingkat pendanaan berjangka negatif memicu BTC

Tingkat pendanaan berjangka di Binance Futures dan platform utama lainnya berubah menjadi negatif karena Bitcoin mulai pulih di atas $ 18.000. Pendanaan kontrak berjangka Bitcoin berubah negatif ketika ada lebih banyak penjual pendek daripada pembeli.

Ini berarti kemungkinan terjadinya short squeeze meningkat, yang dapat menyebabkan permintaan pembeli tiba-tiba melonjak. Meskipun tingkat pendanaan negatif untuk waktu yang singkat karena tingkat pendanaan Bitcoin jarang berubah menjadi negatif, itu menunjukkan penjualan yang agresif.

Bitcoin berjangka aktivitas singkat. Sumber: Hyblock Capital

Seorang pedagang dengan nama samaran yang dikenal sebagai “Jenderal Bizantium” menunjukkan bahwa  pemain shorts sangat agresif selama reli bantuan. Sebuah langkah di atas $ 19.300 akan menekan banyak posisi.

Baca juga: Bitcoin Tembus Di Atas $19,300! Altcoins Ini Ikut Naik

Segera setelah Bitcoin melampaui $ 19.300, dengan cepat mencapai $ 19.570, menunjukkan bahwa terjadi tekanan short yang besar.

Bursa melihat Whale Bitcoin kembali

Meskipun pemulihan yang kuat Bitcoin sempat terjadi, dan akhirnya mengalami aksi jual besar-besaran di atas $19.500 karena whale mengambil untung.

“Keuntungan terealisasi pada $ 19,250 dan beralih dari panjang generasi (10x) ke panjang normal (1x). Melihat All Exchange Inflow Mean (MA 144-blok), paus $ BTC menyetor ke bursa. Saya pikir whale membutuhkan lebih banyak waktu untuk mendapat untung di sini, ” kata Ki Young Ju, CEO CryptoQuant

Dalam waktu dekat, kunci Bitcoin adalah tetap di atas level dukungan $ 18.800. Seerti yang dilaporkan Cointelegraph, penahanan level ini akan menjadi tanda bullish yang dapat mendorong BTC untuk kembali ke level tertinggi baru sepanjang masa.

Sumber