Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

3 Alasan Ini Sebabkan Token NFT Semakin Populer

anisa giovanny     Thursday, March 11 2021

NFT atau non fungible token kini tengah booming di jagat crypto, nft pun kini menjadi perhatian.

Sebab satu NFT dihargai begitu mahal, padahal  NFT tersebut seringkali berupa lukisan, meme dan lain sebagainya.  

Contohnya ada lukisan karya Bepple yang memperoleh harga fantastis hingga $6,6 juta dollar.

Kenapa NFT bisa populer, harganya bisa begitu mahal dan ada saja orang yang rela menghabiskan uangnya untuk membeli sebuah token?

Simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu NFT?

NFT mudahnya adalah versi digitalisasi dari sebuah aset nyata, ia dapat mewakili aset yang tidak dapat dipertukarkan seperti barang koleksi, karya seni, atau real estat, barang-barang di dunia yang unik dan langka.

Inilah yang membuat mereka istimewa dan menarik. Mata uang, baik mata uang fiat tradisional atau cryptocurrency seperti Bitcoin atau stablecoin, dapat dipertukarkan  dengan sangat mudah. Karena nilai satu Bitcoin milik mu akan sama dengan nilai satu Bitcoin milik temanmu. 

Tapi NFT itu berbeda, karena nilai satu NFT milikmu berbeda dengan nilai NFT milik teman mu.

Contohnya hanya akan ada satu token NFT untuk lukisan monalisa dan hanya akan ada satu token NFT untuk lukisan starry night.  

Baca juga: Yuk! Mengenal Token NFT

Alasan NFT Populer

Berikut ini ada tiga alasan kenapa token NFT semakin populer.

1. Keaslian

Standarisasi NFT dan atribut terperinci dari  smar contract membuat masing-masing token  dapat diidentifikasi dan otentik secara unik.

Pengguna tahu bahwa hanya ada satu dari setiap NFT yang ada, jadi mereka tidak dapat digandakan atau disalin dan tidak ada kemungkinan untuk penipuan.

Transparansi teknologi blockchain juga memungkinkan untuk memverifikasi dan membuktikan keaslian.

Pemalsuan dan penipuan  seprerti yang kita tahu adalah masalah besar bagi banyak industri seni atau barang-barang mewah.  Nah dengan Blockchain yang memberdayakan NFT hal ini dapat dicegah.

Coindesk melaporkan bahwa konglomerat merek mewah LVMH, pemilik label ikon Louis Vuitton, sedang  menjajaki NFT dan bersiap meluncurkan blockchain agar pengguna dapat membuktikan keaslian barang mewah mereka yang diberikan NFT.

2. Eksklusif

Bagi para kolektor kelangakaan dan eksklusifitas sebuah barang menjadi hal yang perlu diperhatikan.

Karena dengan memiliki barang langka akan memberikan rasa puas dan membuat barang yang mereka koleksi makin bernilai.

NFT mampu memenuhi keinginan para kolektor yang loyal untuk membeli suatu karya jika mereka suka dan merasa karya tersebut memang layak dan sangat eksklusif untuk bisa dimiliki.

Alasan ini yang mungkin membuat ada saja orang yang bersedia membayar aset dengan token NFT hingga jutaan dolar.

3. Faktor Selebritas di NFT

Selebritas nampaknya mulai melek dengan NFT, hingga turut meramaikan lelang karya dengan NFT.  Contohnya ada Lindsay Lohan, Mike Shinoda hingga kekasih Elon Musk, Grimes.

Kemudian yang  adalah terbaru bergabungnya NBA dengan platform NBA Top Shot, sebuah situs yang diluncurkan Oktober lalu untuk kartu perdagangan bola basket virtual berbasis video.

Di Top Shot telah terjadi penjualan hingga $200 juta. Pada hari Senin, rekor baru dibuat ketika Jesse Schwarz yang berusia 31 tahun dari Los Angeles membeli Momen Lebron yang berisi sebuah klip dalam pertandingan final di Western Conference pada 2019.


NFT mengasyikkan dan menarik karena lebih dari sekadar uang. Mereka memanfaatkan kebiasaan manusia dalam mengumpulkan barang-barang yang memicu  kepuasaan batin dan sebagai  hiburan.

tToken ini dapat mewakili barang-barang khusus dan langka, tetapi lebih berarti karena pemiliknya tahu barang itu asli, benar-benar milik mereka, dan mudah dipindahtangankan.

NFT telah membuka berbagai kemungkinan untuk aset dunia nyata dan virtual, dan telah membuka peluang bagi kreator untuk membuka ladang  pendapatan baru dalam game, seni, olahraga, dan teknologi.

Bagi kamu yang ingin melihat NFT kamu dapat mengunjungi situs OpenSea atau Rarible.com.