Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Synthetix, Proyek yang Bisa Ubah Saham, Crypto hingga Emas ke ERC20

anisa giovanny     Monday, February 8 2021

Perdagangan saham, mata uang, komoditas, dan aset lainnya masih didominasi oleh perusahaan-perusahaan seperti Wall Street, London, Hong Kong, dan pusat keuangan tradisional lainnya.

Synthetix ingin membawa toolkit itu ke dunia crypto yang terdesentralisasi, global, tanpa izin, dan 24/7.

Selengkapnya soal synthetix…

Apa itu Synthetix?

Synthetix dimulai sebagai proyek stablecoin bernama Havven dan didirikan oleh Kain Warwick, CEO saat ini. Proyek ini sekarang menjadi salah satu proyek terbesar di DeFi.  

Synthetix memungkinkan pengguna untuk bertaruh pada aset kripto, saham, mata uang, logam mulia, dan aset lain dalam bentuk token ERC20.

Aset synthetix atau “Synths” menyalin harga aset di “dunia nyata” dan membawanya ke blockchain Ethereum yang memberikan Synth semua properti token ERC20.

Setiap aset sintetis (atau Synth) adalah token ERC20 yang melacak harga aset eksternal; misalnya, setiap token sUSD melacak harga dolar AS (dan tidak seperti aset sintetis lainnya, ditetapkan pada 1). Berbagai macam Synth ada dalam Synthetix, termasuk mata uang fiat, cryptocurrency, komoditas, dan indeks terbalik.

Pada prinsipnya, sistem dapat mendukung aset apa pun dengan harga yang jelas dan memberikan eksposur on-chain ke berbagai aset dunia nyata yang tidak terbatas. Protokol akan mengaktifkan berbagai fitur perdagangan termasuk opsi biner, futures, dan banyak lagi.

Sistem ini memungkinkan pengguna untuk bertaruh pada harga suatu aset tanpa memegang aset yang sebenarnya.

Keistimewaan Synthetix

Synthetix menggunakan infrastruktur multi-token berdasarkan sistem jaminan, staking, inflasi, dan biaya. Sistem menggunakan dua jenis token  yakni token Jaringan Synthetix (SNX) utama dan aset sintetis atau Synths.

Sistemnya mirip dengan MakerDAO tempat ETH dikunci untuk membuat DAI. Di Synthetix, SNX dikunci untuk membuat sUSD (USD synthetix). SUSD bertindak sebagai hutang sedangkan SNX bertindak sebagai jaminan.

Perbedaan utama antara Synthetix dan MakerDAO adalah SNX dipertaruhkan sebagai jaminan untuk berpotensi membuat aset sintetis apa pun bukan hanya sUSD.

Baca juga: Apa itu MakerDao? Panduan untuk Pemula

Salah satu persyaratan inti dari sistem Synthetix adalah kemampuan untuk mendapatkan informasi yang akurat dari “dunia luar” seperti harga Yen Jepang  hingga harga saham seperti Tesla.

Untuk mendapatkan informasi harga ini, Synthetix  telah bermitra dengan ChainLink dan sistem oracle terdesentralisasi mereka untuk membawa informasi secara andal ke blockchain tanpa perlu mempercayai pihak pusat.

Baca juga: Apa itu ChainLink $LINK ? Panduan untuk Pemula

Sebagian besar kesuksesan Synthetix baru-baru ini dapat dikaitkan dengan model insentif tokennya yang inovatif.

Pemegang SNX mempertaruhkan SNX dengan imbalan biaya dari pertukaran Synthetix dan imbalan dari kebijakan moneter inflasi sistem.

Untuk membuat Synth baru, lebih dari 750% nilai Synth harus dipertaruhkan sebagai SNX.

Semakin banyak SNX yang dipertaruhkan dan dikunci sebagai jaminan, semakin sedikit tersedia di pasar dan semakin berharga token itu.

Token SNX membuat kenaikan dramatis dari $0,03 pada awal tahun menjadi lebih dari $1,30 pada akhir tahun 2019. Saat ini tercatat menurut coinmarketcap harga tertinggi token SNX adalah $22,51 setara dengan Rp316 ribu.

Mendapatkan Token SNX

Jika kamu sudah memiliki dompet Ethereum dan beberapa crypto, KAMU dapat memperdagangkan token SNX di bursa terdesentralisasi seperti Kyber dan Uniswap. Kamu  juga dapat mempertaruhkan SNX untuk membuat Synth baru menggunakan dapp Mintr mereka.

Apa yang Dapat dilakukan dengan Synthetix?

Platform Synthetix terutama dibuat bagi pengguna untuk memperdagangkan Synth. Pemegang Synth bisa bertahan lama pada aset  dan bertaruh harganya akan naik. Atau mereka dapat menjual aset dan bertaruh harganya akan turun.

Dengan mempertaruhkan SNX, pemegang dapat membuat Synth baru, mengumpulkan hadiah, dan melihat kepemilikan mereka tumbuh. Itu bisa menjadi alasan mengapa lebih dari 85% dari total pasokan SNX saat ini dikunci dalam protokol.

Masa Depan

Menurut Decrypt, Synthetix menghabiskan sebagian besar tahun 2019 naik ke puncak bagan dapp DeFi sebelum mengakhiri tahun dengan komitmen untuk transisi ke struktur tata kelola yang terdesentralisasi.

Mereka memulai tahun 2020 dengan mendemonstrasikan properti “money lego” dari DeFi dengan mengintegrasikan stablecoin sUSD mereka dengan platform perdagangan margin bZx.

Tetapi fitur besar yang paling ditunggu-tunggu adalah kemampuan untuk memperdagangkan saham seperti Tesla dan Apple di atas Ethereum.

Jika ini berhasil maka ini adalah terobosan yang sangat besar di mana dapat membuat DeFi dan crypto  bersinar karena menggabungkan crypto  dan saham  dalam sebuah platform terdesentralisasi yang aman dan tanpa  kendali pusat.